Home / Bank / Apa Itu BI Checking Bank : Tujuan dan Manfaatnya

Apa Itu BI Checking Bank : Tujuan dan Manfaatnya

/

Apa Itu BI Checking – Buat anda yang ingin berhutang ke Bank ataupun kredit kendaraan. Maka anda harus mengetahui istilah BI Checking. Dimana BI Checking ini akan menentukan apakah pinjaman anda akan keluar atau tidak. Sehingga sangat penting sekali untuk mengetahui apa itu BI Checking.

Disaat anda mengajukan sebuah pinjaman ke Bank. Maka pihak Bank akan melakukan BI Checking terlebih dahulu atas nama anda. Jika nantinya anda lolos BI Checking Bank maka pinjaman dana yang anda inginkan dari Bank akan segera keluar. Tapi kalau tidak lolos maka pinjaman tersebut tidak bisa keluar.

Memang istilah BI Checking ini menjadi momok yang menakutkan bagi para peminjam uang di Bank ataupun leasing. Pasalnya mereka harus melakukan pemutihan BI Checking terlebih dahulu. Jika tidak lolos BI Checking. Untuk sekarang, masyarakat bisa melakukan cek BI Checking online sendiri menggunakan Hp Android ataupun iPhone.

Karena informasi apa itu BI Checking Bank sangat penting. Maka kami harap untuk anda benar-benar pahami artikel yang kami sampaikan disini. Agar nantinya setelah anda membaca, maka anda sudah mengetahui secara jelas istilah BI Checking, tujuan dan manfaatnya.

Apa Itu BI Checking Bank Beserta Tujuan dan Manfaatnya

Apa Itu BI Checking Bank Beserta Tujuan dan Manfaatnya

BI Checking merupakan informasi debitur individul atau IDI Historis. Dimana laporan keuangan tersebut dikeluarkan secara langsung oleh Bank Indonesia. Pada laporan BI Checking akan terlihat identitas debitur, agunan, pemilik dan pengurus, penjamin, kolektibilitas dan penyediaan dana yang diterima.

IDI Historis ini meliputi informasi penyediaan dana yang kondisinya lancar dan bermasalah mulai dari Rp 1 ke atas. Biasanya IDI Historis juga menyimpan informasi historis pembayaran yang sudah dilakukan oleh debitur selama 24 bulan terakhir.

Tujuan BI Checking

Tujuan BI Checking

BI Checking bertujuan untuk memudahkan Bank dan pemberi kredit kepada seseorang ataupun perusahaan dalam memberikan pinjaman dana. Dengan adanya BI Checking maka mereka bisa mengetahui status dan histori peminjam tersebut. Nantinya pihak Bank dan pemberi kredit bisa menilai apakah orang tersebut layak untuk diberi pinjaman ataukah tidak.

Manfaat BI Checking

Manfaat BI Checking

BI Checking tentunya memiliki manfaat tidak hanya untuk Bank saja, namun juga masyarakat. Dimana mereka harus berhati-hati dalam meminjam sejumlah uang atau melakukan kredit kendaraan. Agar nantinya mereka tidak mendapatkan status blacklist dari BI Checking. Untuk Bank sendiri BI Checking memiliki manfaat untuk penilaian terhadap peminjam.

Apakah Kartu Kredit Mempengaruhi BI Checking ?

Apakah Kartu Kredit Mempengaruhi BI Checking ?

Tentunya penggunaan kartu kredit yang tidak biasa ataupun kartu kredit mancet. Maka hal tersebut akan membuat status BI Checking anda akan terpengaruh. Oleh sebab itu selalu bayar penuh tagihan kartu kredit anda setiap bulannya. Lalu jangan sampai melewati masa jatuh tempo dalam pembayaran kartu kredit anda.

Tingkatan Skor BI Checking

Tingkatan Skor BI Checking

  • Skala 1 = Kredit lancar atau baik
  • Skala 2 = Kredit dalam perhatian khusus atau DPK selama 1 sampai 2 bulan
  • Skala 3 = Kredit tidak lancar selama 3 sampai 6 bulan
  • Skala 4 = Kredit diragukan karena tidak lancar dan sudah jatuh tempo tapi belum melunasinya
  • Skala 5 = Kredit macet ataupun usaha pengaktifan kembali gagal

Dari informasi diatas, anda sudah mengetahui apa itu BI Checking Bank. Selain itu anda juga tahu tingkatan skor BI Checking. Semoga dengan informasi yang kami sampaikan diatas, anda bisa berhati-hati lagi dalam meminjam uang. Jangan sampai anda masuk dalam skala BI Checking kelima.

This div height required for enabling the sticky sidebar