Apa Itu Blibli Paylater ? Fitur, Limit, Bunga, Kelebihan & Kekurangan

Advertisements

Apa Itu Blibli Paylater – Metode pembayaran di aplikasi E-Commerce saat ini telah banyak yang menghadirkan layanan paylater. Dimana dengan adanya layanan ini, pengguna akhir bisa menikmati pembelian dengan cara bayar nanti atau cicilan tanpa kartu kredit. Sebenarnya cara kerja paylater memang tidak berbeda jauh dengan fasilitas kartu kredit milik perbankan. Maka dari itu Paylater banyak dipilih oleh sebagian masyarakat.

Membahas mengenai layanan Paylater, Blibli menjadi salah satu E-Commerce yang turut serta menghadirkan fitur paylater di dalamnya. Setelah sebelumnya Shopee, Lazada dan Bukalapak, Blibli akhirnya menyediakan fitur ini. Namun penting diketahui juga bahwa Blibli Pay Later hanya untuk pengguna terpilih saja. Sama halnya dengan Shopee Paylater, Lazada Paylater maupun Bukalapak Paylater.

Bagi kalian yang belum mengetahui informasi terkait apa itu Blibli Paylater, kalian tidak perlu khawatir karena disini kami akan membahas secara lengkap mengenai apa itu Blibli Paylater. Bukan hanya itu saja, informasi terkait fitur, limit, suku bunga, kelebihan serta kekurangan dari layanan ini juga akan turut serta kami jabarkan disini. Maka dari itu kalian bisa terus simak artikel ini sampai akhir.

Seperti layanan paylater lainnya, disini kalian juga bisa memilih metode pembayaran secara tempo atau bayar nanti dan juga cicilan mulai dari 3, 6 dan maksimal 12 bulan. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak informasi terlengkap mengenai apa itu Blibli Pay Later lengkap dengan kelebihan serta kekurangan yang telah kami siapkan berikut ini.

Apa Itu Blibli Paylater

Apa Itu Blibli Paylater ?

Sebelum berlanjut ke pembahasan lainnya, disini kami akan membahas lebih dulu mengenai penjelasan atau pengertian apa itu Blibli Paylater. Blibli Pay Later adalah salah satu alternatif atau metode pembayaran di aplikasi Blibli. Pengguna layanan Blibli Paylater terpilih juga nantinya bisa menggunakan metode bayar nanti ataupun cicilan mulai dari 3, 6 dan maksimal 12 bulan. Seperti sudah kami jelaskan diatas bahwasanya Blibli Paylater ini hanya diberikan kepada pengguna terpilih saja. Jadi tidak semua pengguna Blibli bisa menikmati layanan atau sistem pembayaran dengan metode bayar nanti maupun cicilan.

Penting diketahui juga bahwa layanan Blibli Pay Later juga hanya bisa digunakan di perangkan smartphone berbasis iOS versi 12 ke atas dan Android versi 5.0 Lollipop ke atas. Jika kalian menjadi pengguna terpilih namun perangkat yang digunakan di bawah dari versi diatas, maka nantinya fitur paylater Blibli tidak akan bisa diaktivasi.

Fitur Blibli Pay Later

Setelah mengetahui apa itu Blibli Paylater diatas, berikutnya kita akan berlanjut ke pembahasan mengenai fitur. Fitur disini mungkin akan lebih cenderung kepada sistem pembayaran di layanan Blibli Pay Later ini, yakni Bayar Nanti atau Cicilan. Adapun penjelasan lengkap mengenai keduanya, kalian bisa langsung simak berikut ini.

1. Bayar Nanti

Fitur pertama adalah fitur pembayaran nanti atau tempo 30 hari. Para pengguna tentunya bisa membeli suatu barang di aplikasi Blibli dengan memilih metode pembayaran nanti. Jadi, disini kalian diharuskan untuk membayar tagihan Blibli Paylater di bulan berikutnya atau tempo 30 hari. Sebagai contoh, apabila kalian membeli di tanggal 5 Februari, maka pembayaran tagihan harus dilunasi pada tanggal 5 Maret. 30 hari di hitung setelah proses transaksi pembelian berhasil.

2. Cicilan

Sebelumnya Blibli Paylater memang hanya bisa digunakan untuk pembelian bayar nanti. Namun per September 2020, pengguna akhirnya bisa menikmati pembelian barang dengan pembayaran secara cicilan mulai dari 3, 6 dan maksimal 12 bulan. Namun perlu diketahui juga bahwa untuk bisa menikmati layanan cicilan, pengguna harus melakukan transaksi minimal Rp 1.000.000.

Informasi Limit, Bunga & Biaya

Pembahasan berikutnya adalah mengenai informasi limit, bunga dan juga biaya-biaya yang ada di Blibli Paylater. Pertama kami akan membahas mengenai limit Blibli Paylater. Blibli Paylater memberikan besaran limit awal yang berbeda-beda di setiap penggunanya. Namun untuk limit maksimal, kabarnya Blibli akan memberikan limit sebesar Rp 8 juta. Bagi kalian yang mendapatkan limit rendah, kalian masih bisa menaikkan limit paylater itu dengan selalu berbelanja di aplikasi Blibli dan melakukan pembayaran tagihan tepat waktu. Selain itu, pertahankan skor kredit juga menjadi salah satu syarat penting agar limit bisa naik hingga maksimal.

Kemudian untuk informasi suku bunga, Blibli Pay Later akan membebani bunga sebesar 2% setiap transaksi untuk metode bayar nanti atau tenor 1 bulan. Sedangkan jika kalian memilih tenor 3, 6 dan 12 bulan, kalian akan dikenai bunga sebesar 3% per bulan. Dan yang terakhir adalah mengenai informasi biaya Blibli Paylater. Adapun untuk soal biaya, biaya yang dibebankan tidak berbeda dengan bunganya, lebih jelasnya kalian bisa lihat di bawah ini.

  • Biaya administrasi 2% per transaksi untuk pembayaran PayLater biasa (jatuh tempo 30 hari setelah tanggal transaksi)
  • Biaya administrasi 3% per transaksi, dikenakan setiap bulan untuk pembayaran dengan cicilan tenor 3, 6, dan 12 bulan

Kelebihan & Kekurangan Blibli Paylater

Di pembahasan terakhir terkait apa itu Blibli Paylater, disini kami akan membahas mengenai kelebihan dan juga kekurangan apa saja yang dimiliki oleh layanan unggulan milik Blibli satu ini. Adapun beberapa kelebihan dan kekurangannya kalian bisa lihat di bawah ini.

Kelebihan

  • Pengguna akan lebih mudah membeli barang dengan metode pembayaran nanti atau cicilan dengan tenor maksimal 21 bulan.
  • Pembayaran tagihan lebih mudah karena ada banyak metode yang bisa dipilih, seperti transfer bank, M Banking, gerai rekanan dan juga aplikasi dompet digital.
  • Banyak promo dan diskon menarik yang bisa didapatkan oleh pengguna jika memilih metode pembayaran menggunakan Paylater.

Kekurangan

  • Paylater hanya bisa digunakan di aplikasi Blibli.
  • Layanan Paylater hanya untuk para pengguna Blibli terpilih.
  • Suku bunga dan biaya tergolong besar.
  • Limit kredit paylater dinilai cukup kecil untuk limit awal.
  • Tidak tersedia fitur naik limit.

Kesimpulan

Mengenai penjelasan poin-poin diatas, kami dapat menarik kesimpulan bahwa dengan adanya layanan Pay Later, Blibli tentu akan lebih banyak diminati oleh kalangan masyarakat. Hanya saja untuk bisa menikmati layanan ini, pengguna harus menjadi yang terpilih. Syarat ketentuan untuk dapat menikmati layanan ini juga tidak memiliki informasi pasti. Jadi Blibli hanya menyarankan untuk selalu berbelanja di Blibli Pay Later. Kemudian terkait kelebihan dan kekurangan, yang menjadi sorotan disini mungkin adalah tidak adanya fitur naik limit.

Fitur naik limit biasanya tersedia di beberapa layanan serupa, seperti Akulaku, Kredivo dan Indodana. Dimana disana tersedia fitur naik limit paylater yang bisa diakses dengan mudah. Contohnya saja Akulaku yang memberikan fitur ini dengan menyuruh para pengguna untuk melengkapi informasi data diri, NPWP, BPJS, status pekerjaan, status perkawinan dan lain sebagainya untuk bisa mendapatkan limit tambahan. Namun mungkin kedepannya Blibli akan menghadirkan fitur naik limit agar pengguna lebih sering bertransaksi di aplikasi Blibli.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai apa itu Blibli Paylater. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Advertisements

Farah

Seorang Karyawan Bank di Salah Satu Bank Ternam di Indonesia. Yang Sekarang Sedang Melanjutkan Program S1 Ekonomi di Perguruan Negri di Jakarta. Selain Menulis di Myjourney.id, Saya Juga Menulis di Beberapa Forum Ternama.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.