√ Apa Itu QRIS Mandiri 2021 : Manfaat & Keuntungan | Myjourney
Home / Keuangan / √ Apa Itu QRIS Mandiri 2021 : Manfaat & Keuntungan

√ Apa Itu QRIS Mandiri 2021 : Manfaat & Keuntungan

/

Apa Itu QRIS Mandiri – Bagi kalian yang gemar melakukan pembayaran ataupun transaksi dengan menggunakan aplikasi digital, kalian tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah QRIS. Berbicara mengenai metode pembayaran QRIS, di pertemuan kali ini myjourney.id akan membahas secara lengkap mengenai apa itu QRIS Mandiri, manfaatnya dan juga apa saja keuntungan yang dihadirkan di QRIS satu ini.

Metode pembayaran menggunakan QRIS memang dikenal cukup mudah. Dimana kalian hanya perlu melakukan scan code QR di merchant rekanan penyedia metode tersebut. Penggunaan QR Code juga bisa melalui metode QR Statis (Sticker) maupun QR Dinamis (menggunakan mesin EDC) Selain itu, keamanan membayar dengan menggunakan metode ini juga dikenal sangat aman.

Maka dari itu tak heran jika bayar dengan cara scan code QR ini banyak dilakukan oleh para pengguna aplikasi digital tak terkecuali pengguna QRIS Mandiri. Membahas mengenai apa itu QRIS Mandiri, ada beberapa informasi yang akan kami sampaikan secara lengkap. Maka dari itu bagi kalian yang merupakan pengguna layanan QRIS Mandiri, dan belum mengetahui apa saja di dalam QRIS Mandiri, kalian bisa simak pembahasan kali ini hingga akhir.

Di poin pembahasan pertama, nanti kami akan menyampaikan lebih dulu apa itu QRIS Mandiri. Setelah itu bagaimana cara penggunaan, mekanisme serta manfaat diperoleh jika melakukan pembayaran transaksi menggunakan QR Code satu ini. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi terlengkap mengenai apa itu QRIS Mandiri, manfaat dan keuntungannya berikut ini.

Apa Itu QRIS Mandiri

Apa Itu QRIS Mandiri?

QRIS atau dikenal juga dengan Quick Response Code Indonesian Standard merupakan layanan standarisasi pembayaran dengan menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code yang kalian lakukan lebih mudah, cepat, dan aman. QRIS ini pertama diberlakukan secara berkala sejak 17 Agustus 2019.

Dengan adanya metode bayar menggunakan QRIS, saat ini seluruh transaksi pembayaran menggunakan QR Code hanya memerlukan satu QR Code saja. Hal ini dikarenakan kode QR telah terintegrasi dengan seluruh aplikasi penyedia dan penerima pembayaran dengan QR code.

Mekanisme penggunaan QRIS Mandiri

MEKANISME PENGGUNAAN QRIS MANDIRI 1

Setelah mengenai apa arti dari QRIS Mandiri diatas, berikutnya adalah mengenai mekanisme penggunaan. Dengan berdasarkan mekanisme penggunaannya, ada 2 metode yang bisa dilakukan yakni Merchant Presented Mode (MPM) atau Customer Presented Mode (CPM). Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

1. Merchant Presented Mode (MPM)

Metode pertama ini nantinya QRIS akan muncul di pihak merchant yang kemudian akan dipindai oleh customer. Jadi, ketika hendak menyelesaikan transaksi di merchant tertentu, nantinya customer akan diberikan QRIS oleh kasir dan memindai QRIS tersebut dengan menggunakan HP masing-masing. Di metode ini juga terdapat 2 media display, yakni:

  • QRIS Statis
    • QR Code ditampilkan melalui stiker atau hasil cetak lain
    • QR Code serupa digunakan untuk setiap transaksi
    • QR Code belum mengandung nominal pembayaran harus dibayar, sehingga memerlukan input jumlah nominal dari pengguna
  • QRIS Dinamis
    • QR Code ditampilkan melalui struk yang dicetak mesin EDC/ditampilkan pada layar monitor
    • QR Code berbeda dicetak untuk setiap transaksi
    • QR Code telah mengandung nominal pembayaran akan dibayar, sehingga pengguna tidak perlu melakukan input jumlah nominal bayar

2. Customer Presented Mode (CPM)

Sedangkan untuk metode kedua ini, pengguna akan menunjukkan QR Code dari aplikasi penyedia pembayaran kode QR masing-masing. Kode QRIS milik pengguna kemudian dipindai pada alat scan yang ada di kasir untuk menerima pembayaran.

Cara Menggunakan QRIS Mandiri

Jika kalian sudah mengetahui apa arti dari QRIS Mandiri, kemudian mekanisme penggunaannya, berikutnya kalian bisa simak penjelasan cara menggunakannya. Adapun cara menggunakan QRIS itu sendiri juga sebenarnya sangat mudah. Bagi yang belum mengetahui cara penggunaannya, kalian dapat simak di bawah ini.

1. Pilih Scan QRIS

Langkah pertama kalian bisa login ke Mandiri Online lalu di halaman utama pilih Scan QRIS.

PILIH SCAN QRIS

2. Arahkan Ponsel ke Kode QRIS

Setelah itu kalian bisa arahkan ponsel tersebut ke kode QRIS yang terdapat di merchant.

ARAHKAN PONSEL KE KODE QRIS

3. Konfirmasi Bayar

Berikutnya lakukan konfirmasi bayar. Cek kembali apakah semua sudah benar, jika sudah klik kirim.

KONFIRMASI PEMBAYARAN

4. Masukkan PIN

Terakhir, masukkan PIN Mandiri Online untuk menyelesaikan proses transaksi.

MASUKKAN PIN

Manfaat & Keuntungan QRIS Mandiri

MANFAAT KEUNTUNGAN QRIS MANDIRI

Untuk soal manfaat dan keuntungan, ada beberapa manfaat serta keuntungan yang nantinya bisa didapatkan jika kalian melakukan pembayaran transaksi dengan menggunakan QRIS Mandiri itu, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Konsumen menjadi lebih fleksibel ketika memilih aplikasi pembayaran dengan QR Code saat melakukan transaksi itu sendiri.
  • Proses transaksi menjadi lebih efektif, efisien sehingga bisa memangkas waktu antrian.

Penting untuk diketahui bahwa sumber dana QRIS itu sendiri adalah kartu debit, kartu kredit atau uang elektronik dari lembaga yang telah disetujui oleh Bank Indonesia, salah satunya adalah bank Mandiri. Nominal transaksi QRIS dibatasi paling banyak sebesar Rp 2.000.000 per transaksi. Penyedia aplikasi pembayaran juga bisa menetapkan batas nominal kumulatif harian atau bulanan atas transaksi QRIS yang dilakukan oleh pengguna dan ditetapkan berdasarkan manajemen risiko mereka pribadi.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, kami sampaikan bahwa bayar dengan menggunakan metode scan code QR itu memang cukup mudah dan efisien. Selain itu, kalian juga bisa melakukan PEMBAYARAN INDIHOME OFFLINE ataupun transaksi lainnya di kasir Alfamart, Indomaret maupun merchant rekanan lain yang terdapat mesin EDC atau sticker QR Code.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai apa itu QRIS Mandiri dan apa saja manfaat serta keuntungannya. Mungkin hanya ini saja informasi dari myjourney.id, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar