Home / Asuransi / 12 Asuransi Pendidikan Anak Terbaik 2020 Premi Termurah

12 Asuransi Pendidikan Anak Terbaik 2020 Premi Termurah

/

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik – Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kita semua, terutama untuk anak-anak. Dimana hal ini harus benar-benar diperhatikan, karena hal ini juga sangat erat hubungannya dengan masa depan si kecil di kemudian hari.

Kalian juga pasti mendambakan anak kalian kelak menjadi orang yang sukses. Pemilihan asuransi pendidikan ini dapat menjadi salah satu pilihan utama kalian sebagai orang tua agar pendidikan anak dapat tertata atau tercover dengan pasti.

Sama halnya dengan memiliki asuransi kesehatan untuk menunjang biaya kesehatan yang kemungkinan terjadi di kemudian hari, asuransi pendidikan ini cukuplah penting, dimana hal ini memag tidak pernah bisa lepas dari yang namanya pertimbangan biaya pendidikan.

Biaya pendidikan semakin hari tentu semakin meningkat, maka dari itu kita sebagai orang tua harus benar-benar detail dalam memperhitungkan biaya pendidikan untuk anak dikemudian hari. Nah langkah yang dapat kalian ambil dalam hal ini adalah dengan memiliki asuransi pendidikan.

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik Premi Termurah

Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

Selain memiliki asuransi pendidikan, kalian juga dapat menabung tabungan pendidikan di bank-bank ternama seperti BRI, BCA, BNI, Mandiri dan lainnya. Untuk lebih jelas mengenai pembahasan asuransi pendidikan anak terbaik, langsung saja kita simak berikut ini.

Apa Itu Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah salah satu produk asuransi kombinasi antara produk asuransi jiwa berjangka dengan tabungan atau investasi. Dengan asuransi ini, perusahaan asuransi bertindak sebagai penanggung akan mengganti uang pertanggungan jika orang tua sebagai tertanggung meninggal dunai dan sementara anaknya masih harus menempuh jenjang pendidikan.

Dengan kata lain, fungsi dari asuransi pendidikan adalah proteksi perlindungan dana pendidikan. Orang tua sebagai pemegang polis diharuskan membayar premi asuransi dalam jumlah dan waktu tertentu sesuai pilihan, dengan keuntungan pencairan dana setiap kali anak memasuki jenjang pendidikan baru. Dana asuransi juga akan tetap diberikan jika orang tua meninggal dunia tanpa harus membayar premi lagi.

Perbedaan Asuransi Pendidikan dengan Tabungan Pendidikan

Kita juga terkadang salah mengartikan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan. Nah disini ada beberapa perbedaan antara asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan yang dapat kalian simak berikut ini.

Asuransi Pendidikan

Tabungan Pendidikan

JaminanBukan merupakan produk yang dikeluarkan oleh bank, dengan demikian tidak ada jaminan dari bank. Asuransi ini juga merupakan produk dari perusahaan dan meskipun kalian membelinya di bank, bank sendiri hanya berperan sebagai agen penjual produk asuransi tersebut.Merupakan produk yang dikeluarkan oleh bank dan karena itu dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), setidaknya sampai jumlah tertentu dengan ketentuan bungan maksimum. Dan jika terjadi sesuatu pada bank yang bersangkutan, tabungan kalian akan tetap aman karena LPS sudah menjaminnya.
Keuntungan InvestasiBesarnya keuntungan dari asuransi ini tidak bisa dipastikan karena tergantung beberapa hal, diantaranya adalah kinerja investasi dan resiko investasi yang dipilih. Jika memilih Reksadana saham sebagai instrumen investasi, maka besarnya keuntungan tergantung pada fluktuasi harga saha. Jika memilih Reksadana pasar uang maka tergantung dari pergerakan pasar uang. Dengan kata lain keuntungan investasi asuransi pendidikan ini tidak pasti, bisa bertambah bisa juga berkurang.Sedangkan untuk tabungan pendidikan, tingkat keuntungan diperoleh dari bunga tabungan yang pasti.
ResikoMeskipun ada peluang untuk mendapatkan imbal hasli atau keuntungan investasi yang tinggi, namun dibalik itu ada resiko yang tinggi pula.Untuk tabungan pendidikan bisa dikatakan tidak ada resiko karena keuntungan sudah pasti diperoleh dariu bunga tabungan tersebut.
PerlindunganNilai perlindungan atau proteksi dari asuransi pendidikan bisa dikatakan tidak terbatas, tergantung dengan kemampuan kalian membayar premi.Nilai perlindungan tabungan pendidikan ini lebih rendah dibandingkan dengan asuransi pendidikan. Premi perlindungan asuransi dibayar oleh pihak bank sehingga jumlah uang pertanggungannya terbatas, dan biasanya hanya sampai maksimum jumlah setoran tertentu.

Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

Menentukan asuransi pendidikan anak juga perlu memahami beberapa point penting. Tips dan trik mencari produk asuransi pendidikan memang tidak sembarang, sebagai pertimbangan kalian dapat simak beberapa tips memilih asuransi pendidikan anak terbaik berikut ini.

  • Mencari perusahaan asuransi yang terpercaya dan memiliki rekam jejak yang baik.
  • Cari perusahaan asuransi yang pencairan klaimnya cepat dan mudah.
  • Tanyakan informasi ke orang yang sudah terlebih dahulu menggunakan produk asuransi dari perusahaan yang sama.
  • Tanyakan juga informasi mengenai kekurangan dan kelebihan produk asuransi yang ditawarkan kepada agen asuransi.
  • Pastikna juga premi yang dibayarkan sesuai dengan kemampuan finansial kalian, serta apakah dapat diubah sesuai dengan kondisi keuangan.
  • Pastikan kembali program yang ditawarkan sesuai dengan manfaat yang dijanjikan. Artinya nilai tabungan asuransi harus sesuai dengan rencana biaya sekolah anak kalian.

Fitur Utama Asuransi Pendidikan Anak

Ada beberapa fitur utama dari asuransi pendidikan anak yang dapat kalian simak berikut ini:

  • Digunakan untuk kebutuhan dana pendidikan jangka panjang berkisar 10 tahun.
  • Memiliki manfaat proteksi yang banyak, mulai dari manfaat asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Apabila terjadi resiko sakit dan harus rawat inap maka biaya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi tersebut.
  • Bunga yang diberikan jauh lebih besar dibandingkan dengan tabungan pendidikan, akan tetapi hal ini memiliki sifta fluktuatif, artinya bisa besar, bisa rendah.
  • Memiliki perlindungan jika setoran premi asuransi terhenti, sementara pihak anak belum mendapatkan dana pendidikan secara utuh. Pihak perusahaan asuransi akan menjamin dana pendidikan agar tetap diberikan.

Pilihan Asuransi Pendidikan Anak Terbaik

1. Manulife

Pertama ada produk asuransi dari Manulife. Ada beberapa produk yang ditawarkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • ProGraduate. Program asuransi untuk membantu mempersiapkan dana pendidikan anak sejak masuk perguran tinggi hingga berusia 23 tahun. Produk yang satu ini memiliki manfaat pembayaran tunai sebagai dana pendidikan total sebesar 250% dari uang Pertanggungan dan masa pembayaran premi yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak ataupun kondisi keuangan.
  • StudyLink. Program asuransi dan investasi untuk mempersiapkan dana pendidikan anak melalui pengambilan dana invesatasi secara terjadwal mulai anak berusia 6 tahun hingga maksimal 23 tahun.

2. Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan) BCA

Produk asuransi yang satu ini merupakan hasil kerja sama bank BCA dengan perusahaan asuransi asal Hong Kong. EduPlan adalah produk asuransi diwguna yang dapat membantu para orang tua untuk mempersiapkan kebutuhan dana pendidikan anak. Pembayaran premi dapat dilakukan mulai dari 3, 10 hingga 15 tahun.

Manfaat yang didapat adalah jaminan sebesar 200% dari uang pertanggungan ketika anak berusia 18 tahun hingga 21 tahun . Kemudian keuntungan lainnya adalah memiliki kesempatan untuk mendapatkan bonus tahunan dan bonus akhir polis.

3. Asuransi Pendidikan BRI dengan Sequis

Produk asuransi ini merupakan hasil kerja sama bank BRI dengan Sequis yang mana sanggup memberikan jaminan dana pendidikan dan keselamatan jiwa. Pihak tertanggung hanya perlu membayar premi selama 8 tahun dan dapat menikmati asuransi hingga 18 tahun.

Jika tertanggun mengalami resiko kecelakaan dan kematian, maka ia akan mendapatkan uang sebesar 150% dari uang pertanggungan. Sementara untuk dana pendidikan yang didapat juga sama sebesar 150% dari uang pertanggungan.

4. AXA Mandiri

AXA Mandiri juga menawarkan beberapa jenis produk asuransi yang dapat kalian pilih sebagai asuransi pendidikan anak terbaik.

  • Asuransi Mandiri Tabungan Rencana. Produk ini dirancang untuk mempersiapkan dan mewujudkan impian masa depan seperti untuk sekolah anak, pernikahan dan persiapan pensiun.
  • Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas Syariah. Produk ini ditujukan untuk membantu perencanaan keuangan apabila musibah datang serta juga memberikan manfaat asuransi pendidikan unit link dengan tingkat investasi yang kompetitif.

5. BNI Life Insurance

Produk asuransi yang satu ini adalah BNI Life Insurance yang memiliki solusi pintar untuk asuransi pendidikan anak. Solusi Pintar memiliki dana pendidikan yang diberikan secara bertahap mulai dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi.

Besarnya dana yang diberikan juga berbeda-beda, untuk SD yakni 20%, SMP 30%, SMA 40% dan peguruan tinggi 100% dari uang pertanggungan. Jumlah uang pertanggungan disepakati antara nasabah dengan BNI. Masa pembayaran premi berkisar 9 tahun hingga 17 tahun.

6. PRUlink Edu Protection

Kemudian ada PRUlink Edu Protection yang merupakan asuransi pendidikan andalan dari Prudential. PRUlink Edu Protection menyediakan asuransi pendidikan dengan minimal premi Rp 500.000 per bulan. Asuransi tersebut dapat memberikan perlindungan untuk orang tua dan anak sekaligus dalam satu polis.

Keuntungannya pun bisa didapatkan sampai anak berusia 18 tahun hingga 25 tahun. Dan masa perlindungannya sampai pihak tertanggung meninggal dunia dengan batas usia 99 tahun dan cacat total sebelum berusia 70 tahun.

7. AJB Bumiputera 1912

AJB Bumiputera 1912 juga menawarkan 2 produk asuransi pendidikan sebagai berikut:

  • Mitra Beasiswa. Produk ini memberikan perlindungan anak dan biaya pendidikan mulai dari TK hingga perguruan tinggi, terlepas dari perubahan keadaan keuangan.
  • Mitra Cerdas. Program asuransi yang satu ini menyediakan biaya pendidikan yang terkait dengan investasi, sehingga dana yang dirancang untuk biaya pendidikan akan meningkat sejala dengan hasil investasi.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Pendidikan

Kelebihan

Berikut beberapa kelebihan asuransi pendidikan anak yang dapat kalian ketahui:

  • Memiliki potensi tingkat keuntungan yang meningkat atau bertambah
  • Memiliki kesempatan untuk melipatgandakan simpanan
  • Memiliki manfaat perlindungan risiko

Kekurangan

Berikut beberapa kekurangan asuransi pendidikan anak yang dapat kalian ketahui:

  • Tingkat keuntungan yang Anda dapatkan tidaklah tetap (Hal tersebut dipengaruhi oleh kinerja investasi dan risiko investasi)
  • Memiliki risiko tabungan berkurang

Nah itulah beberapa pembahasan menarik dan terlengkap mengenai asuransi pendidikan anak terbaik yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa baca artikel lain yang telah myjourney.id sampaikan mengenai cara pencairan asuransi aia.

This div height required for enabling the sticky sidebar