Home / Asuransi / Asuransi Pinjaman Bank BNI 2021 dari Jenis, Biaya dan Klaim

Asuransi Pinjaman Bank BNI 2021 dari Jenis, Biaya dan Klaim

/
/
/

Asuransi Pinjaman Bank BNI – Berbagai jenis pinjaman di bank BNI memang terkadang selalu di fasilitas dengan adanya asuransi. Dimana nantinya nasabah bisa aman dan nyaman ketika menjaminkan aset sebagai syarat pengajuan pinjaman di bank tersebut. Setiap jenis pinjaman di Bank BNI juga cukup beragam dengan jenis fasilitas asuransi yang berbeda-beda pastinya.

Berbicara mengenai asuransi pinjaman/kredit, pihak BNI memang memiliki anak perusahaan asuransi yakni BNI Life Insurance. Asuransi ini biasa diberikan kepada nasabah yang mengajukan pinjaman Bank BNI, walaupun tidak semua jenis pinjaman di Bank BNI dibekali dengan fasilitas asuransi tersebut. Salah satu pinjaman yang tidak mendapatkan asuransi adalah KUR.

Disini dimaksudkan bahwa tidak seperti pinjaman BNI lainnya, KUR BNI ini memiliki penawaran asuransi yang bisa diterima ataupun tidak. Biasanya petugas akan menawarkan asuransi jiwa dan kebakaran ketika nasabah mengajukan KUR BNI. Bisa dikatakan hampir semua jenis KUR ini tidak dibekali dengan adanya asuransi, sama halnya dengan pembahasan kemarin terkait ASURANSI PINJAMAN BANK BRI.

Nah disini kami akan membahas secara detail mengenai asuransi pinjaman Bank BNI. Tentunya bukan hanya itu saja, ada beberapa informasi lain seperti manfaat asuransi pinjaman Bank BNI, cara klaim asuransi pinjaman untuk debitur yang meninggal dunia dan berapa biaya-biaya yang ada di dalam asuransi kredit BNI ini. Baiklah, daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi lengkap yang telah myjourney.id siapkan di bawah ini.

Asuransi Pinjaman Bank BNI

Manfaat Asuransi Pinjaman Bank BNI

Sebelum berlanjut ke pembahasan utama mengenai asuransi apa saja yang ada di dalam kredit Bank BNI. Kami akan memberikan informasi lebih dulu terkait apa saja manfaat yang diperoleh jika kalian mengajukan pinjaman yang difasilitasi dengan adanya asuransi, manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Memberikan nilai pertanggungan yang sesuai dengan jenis pilihan asuransi
  • Adanya pembayaran manfaat tanpa memerlukan data atau riwayat kesehatan debitur
  • Pembayaran dengan persentase tertentu dari keseluruhan manfaat asuransi

Selain itu ada juga beberapa resiko yang tidak dijamin oleh asuransi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bencana alam
  • Kesalahan yang dilakukan oleh bank atau lembaga pembiayaan keuangan
  • Adanya resiko politik yang mengakibatkan kegagalan usaha debitur
  • Reaksi nuklir, sentuhan radioaktif, radiasi, atau kejadian lainnya yang mengakibatkan kegagalan usaha debitur.
READ  26 Cara Cek Saldo Prudential 2021: HP, PRUAccess & CS Prudential

Asuransi Pinjaman Bank BNI

Asuransi Pinjaman Bank BNI 1

Masuk ke pembahasan utama mengenai asuransi pinjaman Bank BNI. Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa BNI memberikan fasilitas asuransi hampir di setiap jenis pinjaman miliknya. Ada yang berupa penawaran ataupun sudah termasuk fasilitas yang diberikan di pinjaman tersebut.

1. KUR BNI

Jenis pinjaman BNI yang pertama adalah KUR. Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa KUR ini tidak diberikan fasilitas asuransi oleh pihak Bank. Namun pihak bank akan menawarkan asuransi kepada nasabah yang mengajukannya. Penawaran ini juga bersifat opsional, bisa diterima ataupun tidak. Untuk asuransi ini, Bank BNI menawarkan asuransi sebagai perlindungan jiwa dan juga kebakaran.

2. BNI Griya

Asuransi Jiwa dan Kebakaran juga dimiliki oleh pinjaman BNI Griya ini. Hanya saja fasilitas asuransi sudah tersedia di pinjaman ini, bukan hanya penawaran saja. Nantinya besaran premi yang dibayarkan akan digabung dengan total tagihan/cicilan per bulannya.

3. Kredit BNI Wirausaha

Berikutnya ada pinjaman BNI Wirausaha. Jenis pinjaman ini juga dilengkapi dengan fasilitas asuransi kerugian. Namun karena minim informasi mengenai apa saja asuransi yang terdapat di pinjaman ini, kalian bisa bertanya langsung ke pihak bank terkait informasi ini.

4. KTA BNI Fleksi Aktif

Dan terakhir ada KTA BNI Fleksi Aktif. Jenis pinjaman ini dibekali dengan fasilitas asuransi jiwa. Dimana debitur wajib ditutup asuransi jiwa selama masa kredit dan premi asuransi dibayarkan oleh debitur.

Cara Klaim Asuransi Meninggal Dunia Pinjaman Bank BNI

Cara Klaim Asuransi Meninggal Dunia Pinjaman Bank BNI

Kemudian untuk tata cara klaim asuransi meninggal dunia pinjaman BNI, disini diperlukan beberapa persyaratan terlebih dahulu, diantaranya adalah sebagai berikut.

Syarat Dokumen Klaim Meninggal Dunia dan Cacat Total

  • Surat keterangan kematian dari kelurahan/Pamong Praja setempat atas nama Tertanggung/Peserta.
  • Berita acara dari kepolisian apabila Meninggal Dunia disebabkan karena kecelakaan lalu lintas.
  • Surat keterangan dari Rumah Sakit/Dokter mengenai penyebab kematian yang dilegalisir atau surat keterangan kronologis kematian dari ahli waris jika Meninggal Dunia secara wajar bukan di Rumah Sakit dan tanpa penanganan Dokter (jika Meninggal Dunia karena Sakit).
  • Resume medis/medical report Ketidakmampuan Tetap Total (Cacat Tetap) dari Dokter/Rumah Sakit untuk Tertanggung/Peserta.
  • Surat keterangan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia setempat (apabila Meninggal Dunia di luar wilayah Republik Indonesia).
  • Fotokopi tagihan 2 (dua) bulan terakhir sebelum kejadian.

Cara Klaim Asuransi Meninggal Dunia

Lalu untuk soal prosedur atau tata cara klaim asuransi meninggal dunia pinjaman BNI. Kalian bisa langsung menuju ke pihak bank terkait untuk meminta bantu proses klaim. Nantinya pihak bank akan meminta beberapa syarat dokumen yang diperlukan. Jika semua dokumen tersebut lengkap, pihak BNI akan meneruskan ke pihak asuransi untuk memproses klaim tersebut.

Proses klaim ini biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 7-14 hari kerja setelah dokumen tersebut masuk. Untuk mengajukan klaim meninggal dunia bisa dilakukan setelah 3 bulan debitur meninggal dunia. Klaim juga dilakukan oleh ahli waris debitur. Untuk mendapatkan informasi lengkap terkait prosedur klaim asuransi BNI, kalian bisa menghubungi Call Center BNI di nomor 1500046 atau mendatangi kantor cabang BNI setempat.

READ  7 Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet dan Trik Agar Untung

Biaya & Premi Asuransi Pinjaman Bank BNI

Biaya Premi Asuransi Pinjaman Bank BNI

Terkait informasi biaya dan premi asuransi pinjaman BNI, kalian bisa simak informasi yang telah kami siapkan di bawah ini:

Premi Asuransi Pinjaman Bank BNI

  • Kredit Usaha Mikro (maksimal sampai Rp 50 juta)
  • Kredit Usaha Kecil (lebih dari Rp 50 juta sampai Rp 500 juta)
  • Kredit Usaha Menengah (lebih dari Rp 500 juta sampai Rp 5 miliar)
  • Kredit Berkelompok untuk sektor pertanian lebih dari Rp 500 juta dan non-pertanian lebih dari Rp 1 miliar

Biaya Asuransi Pinjaman Bank BNI

Lalu untuk soal besaran biaya asuransi, pertama kali mengajukan pinjaman yang difasilitasi dengan asuransi. Biasanya nasabah akan membayar iuran/premi asuransi tersebut yang digabung dengan angsuran di setiap bulannya. Jadi tidak ada besaran pasti berapa premi yang harus dibayarkan. Selain itu setiap besaran pinjaman juga memiliki premi yang berbeda-beda.

Sama halnya juga dengan biaya ketika melakukan klaim asuransi, BNI juga tidak memberikan informasi pasti besaran biaya yang dikeluarkan pada saat klaim asuransi. Maka dari itu kami sampaikan untuk menghubungi pihak terkait agar mendapatkan kejelasan mengenai informasi biaya klaim asuransi tersebut.

FAQ

Apakah Pinjaman BNI mendapatkan fasilitas asuransi?

Tidak semua pinjaman BNI mendapatkan fasilitas asuransi.

Apakah klaim asuransi meninggal dunia bisa dilakukan di kantor BNI?

Ya. Klaim bisa dilakukan langsung di kantor cabang BNI tempat melakukan pengajuan pinjaman sebelumnya.

Berapa lama proses klaim asuransi pinjaman BNI?

Proses klaim asuransi biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 14 hari kerja setelah dokumen masuk ke pihak terkait.

Apa saja asuransi yang ada di pinjaman BNI?

Asuransi Jiwa, Asuransi Kebakaran, Asuransi Kesehatan dan Asuransi Kecelakaan.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai asuransi pinjaman Bank BNI. Disini perlu diketahui bahwa asuransi pinjaman memang kerap di fasilitas kan kepada setiap jenis pinjaman bank. Hanya saja tidak semuanya mendapatkan fasilitas tersebut. Maka dari itu jika kalian ingin mendapatkan asuransi pinjaman, kalian bisa bertanya langsung kepada pihak bank apabila pinjaman yang diajukan tidak mendapatkan fasilitas tersebut.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai asuransi pinjaman bank BNI. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa myjourney.id sampaikan, semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar