Home / Asuransi / 5 Asuransi Pinjaman Bank BRI 2021 dari Biaya, Jenis & Klaim

5 Asuransi Pinjaman Bank BRI 2021 dari Biaya, Jenis & Klaim

/

Asuransi Pinjaman Bank BRI – Asuransi pinjaman/kredit di bank adalah salah satu produk asuransi yang memberikan jaminan kepada debitur apabila terjadi resiko gagal bayar oleh debitur dikarenakan suatu hal. Dalam hal ini, kreditur adalah pihak bank ataupun lembaga keuangan. Nah resiko debitur yang dimaksud ini adalah ketidakmampuan nasabah ketika membayar cicilan pinjaman dikarenakan meninggal dunia atau cacat total tetap akibat kecelakaan atau sakit.

Membahas mengenai asuransi, hampir setiap bank yang menyediakan pinjaman kepada nasabahnya dipastikan memiliki beberapa fasilitas asuransi, salah satunya adalah Bank BRI. Bisa dikatakan juga bahwa setiap pinjaman Bank BRI ini selalu memberikan asuransi kepada setiap nasabah yang mengajukan pinjaman. Seperti pinjaman KUR, Kupedes, BRIGuna, KKB dan juga KPR. Dari beberapa pinjaman tersebut, terdapat juga asuransi-asuransi yang diberikan kepada nasabah yang mengajukan pinjaman tersebut.

Di pertemuan kali ini myjourney.id akan membahas mengenai asuransi pinjaman Bank BRI lengkap dengan informasi-informasi penting lainnya seperti manfaat asuransi pinjaman BRI dan juga bagaimana cara klaim asuransi meninggal dunia pinjaman BRI. Penting diketahui bahwa menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi pinjaman memberikan perlindungan dan menjamin pelunasan cicilan penerima kredit apabila yang bersangkutan telah meninggal dunia karena kecelakaan atau sakit dan cacat tetap karena kecelakaan sehingga tidak dapat melanjutkan cicilan.

Selain asuransi yang memang sudah menjadi fasilitas pinjaman, ada juga beberapa pinjaman yang memberikan asuransi dengan cara menawarkan kepada debitur. Nah disini calon debitur bisa menerima penawaran tersebut atau bisa juga menolak penawaran asuransi tersebut. Baiklah daripada berlama-lama lebih baik langsung saja simak informasi terlengkap mengenai asuransi pinjaman Bank BRI, manfaat dan jenis yang telah myjourney.id siapkan berikut ini.

Asuransi Pinjaman Bank BRI

Manfaat Asuransi Pinjaman Bank BRI

Berbicara mengenai manfaat, seperti sudah dijelaskan diatas bahwa manfaat asuransi pinjaman di bank BRI adalah memberikan jaminan pelunasan kepada debitur. Dengan demikian, bank ataupun lembaga keuangan serta keluarga peminjam tidak akan dirugikan apabila terjadi resiko pada peminjam. Selain manfaat tersebut, ada beberapa manfaat lain yang asuransi ini, diantaranya adalah:

  • Memberikan nilai pertanggungan lebih dari sisa pelunasan utang dan bunga berjalan.
  • Melakukan pembayaran manfaat tanpa memerlukan data atau riwayat kesehatan debitur.
  • Membayar dengan persentase tertentu dari keseluruhan manfaat yang diberikan asuransi tersebut.

Asuransi Pinjaman Bank BRI

Jenis Asuransi Pinjaman BRI

Setelah membahas mengenai manfaat asuransi pinjaman bank BRI diatas, maka selanjutnya kami akan memberikan informasi terkait beberapa asuransi yang ada di pinjaman Bank BRI. Untuk setiap jenis pinjaman baik KUR, Kupedes, KPR maupun KKB BRI ini sudah pasti memiliki asuransi. Dan jenis asuransi tersebut juga berbeda-beda. Baiklah untuk lebih jelasnya simak di bawah ini.

1. KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Pinjaman pertama adalah KUR BRI. Pengajuan KUR BRI ini memang dinilai sangat mudah, terlebih lagi kalian tidak perlu melampirkan jaminan berupa sertifikat ataupun BKPB. Karena dengan menggunakan SPPT saja dan persyaratan yang diwajibkan oleh pihak BRI, dana pinjaman bisa langsung dicairkan. Nah di dalam pinjaman KUR BRI, penting diketahui bahwa disini pihak Bank BRI tidak memberikan fasilitas asuransi. Hanya saja kalian biasanya akan ditawari ingin menggunakan asuransi atau tidak. Asuransi yang ditawarkan adalah asuransi jiwa dan asuransi kebakaran.

2. Kupedes

Pinjaman kedua adalah Kupedes BRI. Nah lain halnya dengan KUR BRI diatas, Kupedes ini sudah menyediakan fasilitas asuransi. Asuransi yang diberikan biasanya berupa Asuransi Jiwa Kredit, Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan dan Asuransi kecelakaan.

3. KPR

Selanjutnya ada KPR BRI. Mungkin hampir semua jenis pinjaman KPR bank lain juga menyediakan fasilitas asuransi kepada nasabah yang mengajukannya. Untuk KPR BRI, biasanya pihak BRI akan memberikan fasilitas Asuransi Jiwa Kredit serta Asuransi Kerugian/Kebakaran.

4. KKB

Kemudian ada Kredit Kendaraan Bermotor atau KKB BRI. Fasilitas pinjaman ini juga memiliki asuransi berupa Asuransi Kerugian All Risk. Ini bisa dimanfaatkan dengan cara klaim apabila kendaraan yang sedang dalam masa angsuran mengalami kerusakan akibat kecelakan. CARA KLAIM ASURANSI MOBIL ini juga bisa dilakukan dengan bantuan dari pihak BRI sampai proses klaim selesai.

5. BRIguna

Dan jenis pinjaman BRI terakhir yang memberikan fasilitas asuransi adalah BRIGuna. BRIGuna ini terdiri dari 3 jenis, yakni BRIGuna Umum, BRIGuna Karya dan BRIGuna Pendidikan. Dari ketiga jenis tersebut, pihak BRI biasanya memberikan asuransi Jiwa tanpa medical check up hingga Rp 500 juta.

Cara Klaim Asuransi Meninggal Dunia Pinjaman BRI

Cara Klaim Asuransi Meninggal Dunia Pinjaman BRI

Berlanjut ke pembahasan mengenai tata cara klaim asuransi meninggal dunia pinjaman BRI. Disini perlu diketahui bahwa proses klaim asuransi ini membutuhkan beberapa persyaratan dokumen. Syarat dokumen meninggal dunia karena sakit atau karena kecelakaan bisa kalian lihat di bawah ini.

Syarat Dokumen Klaim Asuransi Meninggal Dunia Karena Sakit

  • Mengisi Form klaim meninggal
  • Surat kematian dari RS (jika meninggal di RS)& dari daerah setempat
  • Polis Asli
  • KTP & KK ahli waris dan tertanggung
  • Kronologis Kematian
  • Resume Medis dari Rumah Sakit / Klinik / Puskesmas.
  • Copy Buku tabungan

Syarat Dokumen Klaim Asuransi Meninggal Dunia Karena Kecelakaan

  • Mengisi Form klaim meninggal
  • Surat Kecelakaan dari kepolisian
  • Surat kematian dari kepolisian (jika meninggal di tempat)
  • surat kematian dari daerah setempat
  • Polis Asli
  • KTP & KK ahli waris dan tertanggung
  • Kronologis Kematian
  • Resume medis (jika sebelum meninggal di rawat RS)
  • Copy Buku tabungan
  • Bukti Identitas (KTP) Peserta Asuransi (copy)
  • FC Kartu Keluarga Peserta Asuransi atau Surat Keterangan Ahli Waris yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang

Prosedur Klaim Asuransi Meninggal Dunia Pinjaman BRI

Setelah kalian selesai menyiapkan syarat-syarat dokumen diatas. Langkah berikutnya kalian bisa mendatangi kantor Bank BRI tempat pengajuan pinjaman untuk meminta bantuan mengklaim asuransi tersebut. Nantinya pihak bank akan membantu proses klaim ke pihak asuransi yang bekerjasama dengan Bank BRI sampai selesai. Adapun untuk kejelasan terkait cara klaim ini, kalian bisa menghubungi pihak BRI melalui Call Center atau mendatangi kantor langsung.

Biaya Asuransi Pinjaman BRI

Biaya Asuransi Pinjaman BRI

Mengenai soal besaran biaya atau premi asuransi ketika mengajukan pinjaman BRI. Penting diketahui bahwa pinjaman BRI ini tidak membebani biaya asuransi pada saat mengajukan pinjaman BRI, walaupun ada beberapa pinjaman yang tidak memberikan asuransi secara gratis. Untuk mengetahui besaran premi yang harus dibayarkan baik di awal pinjaman atau di bulan-bulan berikutnya, kami sarankan untuk menghubungi langsung pihak terkait karena setiap besaran pinjaman memiliki besaran premi asuransi yang berbeda-beda.

Kemudian untuk soal biaya klaim asuransi pinjaman Bank BRI, untuk informasi terkait hal ini tidak ada kejelasan akan besaran biaya yang dikeluarkan ketika melakukan klaim asuransi. Maka dari itu kalian bisa mencari informasi akan hal tersebut melalui kantor cabang atau call center BRI. Minimnya akan informasi terkait biaya asuransi Pinjaman BRI ini memang cukup membuat nasabah bertanya-tanya, terlebih lagi ketika akan melakukan klaim asuransi. Disini kami menyimpulkan bahwa setiap perusahaan asuransi rekanan BRI ini memiliki syarat ketentuan berbeda-beda terkait besaran biaya maupun premi asuransinya.

FAQ

Apa saja pinjaman BRI yang mendapatkan asuransi?

KUR, KUPEDES, BRIGuna, KPR BRI dan KKB BRI.

Apakah cara klaim asuransi pinjaman BRI bisa dilakukan di kantor cabang BRI?

Ya, kalian bisa mendatangi kantor cabang BRI tempat pengajuan pinjaman untuk mendapatkan bantuan dari pihak BRI dalam proses klaim.

Asuransi apa saja yang tersedia di pinjaman BRI?

Asuransi Jiwa, Asuransi Kebakaran, Asuransi All Risk, Asuransi Kesehatan dan Asuransi Kecelakaan.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai asuransi pinjaman BRI. Penting diketahui bahwa setiap pinjaman BRI memang memberikan fasilitas asuransi kepada calon debitur. Cara kerja asuransi tersebut juga sama dengan asuransi lain, dimana debitur tetap membayar premi. Besaran nilai premi telah digabung dengan cicilan pinjaman atau sudah lunas dibayar bersama dengan uang muka (DP).

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai asuransi pinjaman BRI. Baiklah, mungkin hanya ini saja informasi lengkap yang dapat myjourney.id sampaikan. Semoga pembahasan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar