Home / Bank / 20 Bank Terbaik di Indonesia 2020 : Swasta, Syariah & BUMN

20 Bank Terbaik di Indonesia 2020 : Swasta, Syariah & BUMN

/

Bank Terbaik di Indonesia – Seperti kita ketahui bahwa di Indonesia ada banyak sekali perusahaan perbankan yang kerap digunakan oleh kalangan masyarakat untuk menyimpan uang mereka atau melakukan kegiatan transaksi perbankan lainnya seperti transfer, pembukaan rekening, pengajuan pinjaman dan lain sebagainya.

Dari sekian banyaknya bank yang ada di Indonesia, pada pertemuan kali ini, myjourney akan membahas mengenai daftar bank terbaik di Indonesia, baik bank swasta, syariah dan juga BUMN. Setiap bank-bank yang nantinya kami sampaikan juga tentu sudah tidak asing lagi bagi kalian semua.

Menyandang predikat sebagai bank-bank terbaik tentu bukan hal yang mudah, dimana bank tersebut tentunya harus memberikan pelayanan terbaik, fasilitas dan juga ragam produk perbankan yang dapat digunakan oleh para nasabahnya dengan mudah. Hal ini yang menjadi faktor mengapa bank-bank ini layak menyandang sebagai bank terbaik di Indonesia.

BRI, BNI, Mandiri dan BCA menjadi beberapa dari bank terbaik yang ada di nusantara. Lalu selain bank tersebut, apa saja bank-bank terbaik lainnya? Daripada penasaran, langsung saja kalian simak daftar bank terbaik di Indonesia yang telah myjourney.id siapkan berikut ini.

Daftar Bank Terbaik di Indonesia (Swasta, Syariah, BUMN)

Bank Terbaik di Indonesia

Perlu kalian ketahui juga bahwa ada banyak sekali bank-bank terbaik yang ada di Indonesia. Dibawah ini kami sampaikan 20 daftar bank terbaik di Indonesia yang dapat kalian simak di bawah ini.

1. Bank BRI

Bank BRI

Bank Rakyat Indonesia atau dikenal dengan nama BRI menjadi salah satu bank BUMN terbesar, sekaligus menjadi bank terbaik yang ada di Indonesia. Bukan hanya soal pelayanan saja yang sangat baik, setiap produk perbankan miliknya juga beragam, mulai dari tabungan/simpanan, deposito, fasilitas kartu kredit dan debit.

Berbicara mengenai produk milik BRI, salah satu produk yang diunggulkan adalah KUR BRI. Dimana KUR ini banyak dibutuhkan oleh pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. Terlebih, SYARAT KUR BRI juga tergolong ringan ditambah suku bunga yang sangat rendah. Bank BRI juga menjadi salah satu bank terbaik untuk menabung.

2. Bank Mandiri

Bank Mandiri

Bank Mandiri pertama didirikan pada 2 Oktober 1998, sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia. Bank Mandiri juga masuk urutan nomer 2 dalam jajaran 10 bank terbaik di Indonesia dibawah peringkat pertama yakni BRI.

Pelayanan dan ragam produk perbankan miliknya memang dikenal sangat baik sehingga tak heran jika bank ini memiliki banyak nasabah yangb hampir tersebut luas di wilayah nusantara. Fasilitas kartu kredit miliki Bank Mandiri juga menjadi salah satu jajaran kartu kredit terbaik di Indonesia yang banyak digunakan oleh kalangan masyarakat.

3. Bank BCA

Bank BCA

Bank Central Asia atau BCA adalah salah satu bank swasta terbesar di Indonesia. Pelayanan dan juga produk perbankan milik BCA juga tidak perlu diragukan lagi akan kualitasnya. Hal ini yang menjadikan bank BCA menjadi salah satu bank swasta yang mampu bersaing.

Dengan melihat aset bank BCA, pada tahun 2019 Forbes menobatkan bank BCA menjadi salah satu dari jajaran bank terbaik di Dunia. Produk perbankan unggulan dari BCA adalah fasilitas kartu kredit dan juga kartu debit BCA.

4. Bank BNI

Bank BNI

Bank Negara Indonesia atau BNI adalah bank komersial tertua dalam sejarah Republik Indonesia. Berdiri pada tanggal 5 Juli tahun 1946, BNI sudah memiliki 2.262 kantor cabang di Indonesia dan 8 di luar negeri. Sama halnya dengan bank-bank lainnya, BNI juga memiliki ragam produk perbankan yang difasilitasi dengan layanan digital untuk memudahkan nasabah melakukan transaksi.

5. Bank BTN

Bank BTN

Bank Tabungan Negara atau BTN merupakan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang berbentuk Perseroan Terbatas dan bergerak di bidang jasa keuangan perbankan. BTN juga memiliki komitmen menjadi bank yang melayani dan mendukung pembiayaan sektor perumahan melalui 3 produk utamanya, yakni perbankan perseorangan, bisnis dan juga syariah.

6. Bank CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga

Jajaran bank terbaik di Indonesia yang selanjutnya adalah Bank CIMB Niaga. Bank yang satu ini merupakan bank terbesar keempat di Indonesia jika dilihat dari sisi aset dan diakui prestasi serta keunggulannnya di bidang pelayanan nasabah dan pengembangan manajemen.

Saat ini mayoritas saham bank CIMB Niaga dimiliki oleh CIMB Group. Selain itu CIMB Niaga juga menjadi bank penyedia kredit kepemilikian rumah atau KPR terbesar ketiga di Indonesia.

7. Bank Panin

Bank Panin

Merupakan salah satu bank komersial utama di Indonesia yang berdiri pada tahun 1971. Bank ini juga merupakan hasil merger dair Bank Kemakmuran, Bank Industri Jaya dan Bank Industri Dagang Indonesia. Panin sendiri mencatatkan sahamnya di BEJ pada tahun 1982 dan menjadi bank pertama yang diperdagangkan secara terbuka di bursa.

8. Bank OCBC NISP

Bank OCBC NISP

Bank OCBC NISP sebelumnya dikenal dengan nama Bank NISP. Bank ini juga merupakan bank tertua keempat di Indonesia yang berdiri pada tanggal 4 April 1941 di Bandung dengan nama NV Nederlandsch Indische Spaar En Deposito Bank. Menyandang predikat sebagai salah satu bank terbaik di Indonesia, pelayanan dan juga produk perbankan miliknya juga tentu sangat berkualitas.

9. Bank Danamon

Bank Danamon

Bank Danamon sebelumnya juga dikenal dengan nama Bank Kopra Indonesia yang berdiri pada tahun 1956 dan memiliki anak perusahaan, yakni PT Adira Dinamikan Multifinance Tbk atau lebih dikenal dengan Adira Finance. Bank Danamon juga menjadi bank penerbit kartu kredit American Express dengan ragam produk keuangan lain seperti Danamon Lebih, FlexiMax, Tabungan Bisa iB dan masih banyak lagi yang lainnya.

10. Bank Permata

Bank Permata

Bank Permata atau PermataBank merupakan salah satu bank swasta nasional di Indonesia yang memiliki banyak nasabah dan hampir tersebar di seluruh Indonesia. Layanan produk perbankan yang dimiliki juga cukup banyak, seperti tabungan, deposito, fasilitas kartu kredit, kartu debit dan lainnya.

11. Bank Maybank

Bank Maybank

Kemudian ada Maybank yang juga masuk menjadi bagian dari jajaran bank terbesar dan terbaik di Indonesia. Bank swasta terkemuka yang satu ini merupakan bagian dari group Malayan Banking Berhad sebagai penyedia layanan keuangan terbesar di AEAN.

12. Bank Mandiri Syariah

Bank Mandiri Syariah

Bank Mandiri Syariah adalah lembaga perbankan di Indonesia yang berdiri pada tahun 1955 dengan nama Bank Industri Nasional. Bank ini juga beberapa kali melakukan pergantian nama dan terkahir kali berganti menjadi Bank Syariah Mandiri pada tahun 1999.

Bank Syariah Mandir atau BSM juga memiliki produk perbankan yang sama dengan bank konvensional, hanya saja bank ini menggunakan akad secara syariah Islam, yakni Mudharabah dan Mutlaqah. Produk perbankan unggulan BSM ini adalah pembiayaan dan juga simpanan/tabungan.

13. Bank BRI Syariah

Bank BRI Syariah

BRI Syariah adalah anak perusahaan Bank BRI Konvensional yang merupakan bank retail modern yang memberikan solusi keuangan yang amanah dan berfokus pada perbankan syariah. Produk unggulan dari BRI Syariah juga tidak berbeda dengan bank syariah lainnya, yakni pembiayaan dan juga tabungan.

14. Bank BNI Syariah

Bank BNI Syariah

Bank terbaik di Indonesia yang selanjutnya ada Bank BNI Syariah. Bank yang satu ini awalnya bernama Unit Usaha Syariah Bank Negara Indonesia yang juga merupakan anak perusahaan PT BNI Perseor Tbk. Dan kemudian berubah nama menjadi bank umum syariah dengan nama PT BNI Syariah sejak tahun 2010.

15. Bank Muamalat

Bank Muamalat

Bank Muamalat merupakan bank umum pertama di Indonesia yang menerapkan prinsip Syariah Islam dalam menjalankan operasionalnya. Bank Muamalat sendiri berdiri pada tanggal 1 November 1991 yang diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pemerintah Indonesia.

Pada tahun 1994, bank Muamalat menjadi bank devisa. Produk pendanaan yang digunakan adalah prinsip Wadiah dan Mudharabah. Sedangkan penanaman dananya menggunakan prinsip jual beli, bagi hasil dan sewa.

16. Bank Danamon Syariah

Bank Danamon Syariah

Bank Danamon Syariah juga menjadi salah satu jajaran bank terbaik yang ada di Indonesia. Bank berbasis syariah ini juga menawarkan beragam produk berbasis syariah yang tidak kalahg menarik dengan bank syariah lainnya. Produk unggulan dari bank ini adalah tabungan personal, haji, umrah, qurban dan bisnis.

17. Bank CIMB Niaga Syariah

Bank CIMB Niaga Syariah

Selanjutnya juga ada bank syariah dari CIMB Niaga. Bank syariah CIMB Niaga merupakan unit usaha khusus yang didikaran untuk memberikan respon pada perkembangan Sharian Banking Business di Indonesia. Kini CIMB Niaga telah melakukan kegiatan operasionalnya dengan berfokus pada layanan untuk segmen Individual Menengah dan Menengah Atas-Floating Mass (Moderat) dan segmen Business Banking.

18. Bank Mega Syariah

Bank Mega Syariah

Bank Mega Syariah merupakan perusahaan bank yang berada di bawah naungan manajemen CT Corp. Bank Mega Syariah didirkan pada tahun 2004 yang sebelumnya bernama Bank Umum Tugu dan kemudian diakuisisi oleh CT Corp[oran melalui Mega Corpora dan PT Para Rekan Investama pada tahun 2001. Produk dan layanan perbankan yang dimiliki juga tidak berbeda jauh dengan bank-bank syariah pada umumnya.

19. Bank BCA Syariah

Bank BCA Syaria

Bank BCA Syariah menjadi salah satu bank syariah yang mulai melaksanakan kegiatan usaha dengan prinsip-prinsip syariah setelah memperoleh izin operasi syariah dari Bank Indonesia berdasarkan Keputusan Gubernur BI No. 12/13/KEP.GBI/DpG/2010 tanggal 2 Maret 2009 dan kemudian resmi beroperasi sebagai bank syariah pada hari Senin tanggal 5 April 2010.

Komposisi kepemilikan saham PT Bank BCA Syariah yakni 99,9999% milik PT Bank Central Asia Tbk dan 0,0001% milik PT BCA Finance. Untuk layanan produk perbankan yang dimiliki juga sama dengan bank-bank syariah lainnya.

20. Bank Panin Syariah

Bank Panin Syariah

Dan bank terbaik di Indonesia yang terakhir adalah Bank Panin Syariah. Bank yang satu ini memiliki produk perbankan syariah yang beragam dengan skema keuangan yang lebih bervariasi. Bank Panin Syariah juga terbuka untuk semua segmen masyarakat tanpa terkecuali, baik muslim maupun non muslim.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai daftar bank terbaik di indonesia yang dapat kalian simak diatas. Baiklah hanya ini saja yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar