Home / Bank / √ Biaya ATM Link 2021 : Tarik Tunai, Cek Saldo & Transfer

√ Biaya ATM Link 2021 : Tarik Tunai, Cek Saldo & Transfer

/

Biaya ATM Link – Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, Bank Tabungan Negara (BTN) dan Bank Negara Indonesia (BNI) yang merupakan bank BUMN atau Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) kabarnya akan melakukan penyesuaian tarif transaksi mulai dari cek saldo, tarik tunai hingga transfer di mesin ATM Link. Penyesuaian tarik ini akan berlaku mulai 1 Juni 2021 mendatang. Informasi ini juga telah tersebar melalui laman berita dan beberapa akun sosial dari bank-bank tersebut.

Perubahan biaya ATM Link di setiap transaksi ini juga bertujuan untuk mendukung kenyamanan nasabah bertransaksi, maka dari itu setiap transaksi cek saldo dan tarik tunai kartu ATM Bank HIMBARA atau ATM dengan tampilan ATM Link. Tarif transaksi ini akan di debet langsung dari rekening nasabah pada saat nasabah melakukan transaksi di ATM Link tersebut.

Penting juga untuk diketahui bahwa ada alasan mengapa bank-bank yang menjadi anggota HIMBARA ini melakukan perubahan transaksinya, salah satunya adalah penyesuaian biaya transaksi tersebut adalah untuk mengurangi ketergantungan masyarakat atas penggunaan uang tunai. Hal ini dikemukakan langsung oleh Mucharom selaku Corporate Secretary Bank BNI.

Mucharom sendiri juga menilai bahwa besaran biaya ATM link tersebut juga terbilang terjangkau bagi masyarakat. Besaran perubahan biaya transaksi ATM Link sendiri juga hanya berlaku untuk tarik tunai dan juga cek saldo saja. Sedangkan untuk biaya transfer tidak ada perubahan, yakni masih tetap sebesar Rp 4000 (sesama HIMBARA). Besaran biaya transfer tersebut juga lebih ringan dibandingkan dengan BIAYA TRANSFER BANK LAIN yang sebesar Rp 6500.

Biaya ATM Link

Baiklah daripada penasaran mengenai informasi biaya ATM Link. Di bawah ini dapat langsung kalian simak informasi lengkap mengenai apa itu ATM Link, ciri-ciri, fitur serta besaran biaya transaksi ATM Link berikut ini.

Apa Itu ATM Link?

Bagi kalian yang mungkin belum mengetahui apa itu ATM Link. ATM Link merupakan layanan ATM dari HIMBARA (Himpunan Bank Negara) yakni Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN. ATM Link sendiri diperkenalkan pada bulan Desember 2015 oleh Rini Soemarno selaku (mantan) Menteri BUMN.

Ciri-Ciri ATM Link

Lalu untuk mengenai ciri-ciri ATM Link, ada beberapa ciri-ciri ATM Link yang dapat kalian ketahui sebagai berikut.

  • ATM Link memiliki ciri khas warna merah putih seperti bendera Indonesia.
  • Warna merah putih berada pada bagian papan di atas mesin ATM.
  • Terdapat logo ATM Link di bagian papan atas mesin ATM maupun di layar monitor mesin ATM.
  • Terdapat logo 4 bank BUMN yakni Mandiri, BNI, BRI, dan BTN.
  • Struk transaksi di ATM Link menampilkan logo Link.

Fitur ATM Link

Selain itu ATM Link juga memiliki beberapa fitur, dimana fitur ini tentunya berkaitan dengan transaksi yang biasa dilakukan oleh pengguna kartu debit. Fitur tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Tarik/setor tunai.
  • Cek saldo.
  • Transfer antar bank.
  • Pembayaran tagihan.
  • Pembelian produk (pulsa, token listrik).
  • Top up uang elektronik.

Biaya ATM Link Semua Transaksi

Biaya ATM Link Semua Transaksi

Mengenai tarif transaksi di ATM Link terbaru, ada beberapa perubahan dalam hal ini, khususnya untuk cek saldo dan juga tarik tunai. Dimana besaran biaya tersebut dapat kalian lihat pada tabel berikut.

1. Biaya Transaksi di ATM Link

Jenis TransaksiBiaya Transaksi (Sebelum)Biaya Transaksi (Sesudah)Keterangan
Cek SaldoRp 0Rp 2.500Berubah
Tarik TunaiRp 0Rp 5.000Berubah
TransferRp 4.000Rp 4.000Tetap

2. Biaya Transaksi di ATM Non Link

Jenis TransaksiBiaya Transaksi
Cek SaldoRp 4.000
Tarik TunaiRp 7.500
TransferRp 6.500

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, kami sampaikan bahwa perubahan tarif ini berlaku mulai 1 Juni 2021 mendatang. Hanya cek saldo dan juga tarik tunai saja yang mengalami perubahan, dimana sebelum transaksi tersebut tidak dipungut biaya. Sedangkan untuk transfer, biaya nya masih sama yakni sebesar Rp 4.000.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai informasi biaya transaksi di ATM Link untuk cek saldo, transfer dan juga tarik tunai. Baiklah, mungkin hanya ini saja informasi yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar