Home / Investasi / Bunga Deposito BNI Hari Ini 2020 : IDR & Valas

Bunga Deposito BNI Hari Ini 2020 : IDR & Valas

/

Bunga Deposito BNI – Bank Nasional Indonesia atau BNI merupakan salah satu bank BUMN yang masuk dalam daftar jajaran bank terbaik di Indonesia. Sebab, setiap layanan dan produk yang dimiliki oleh BNI kerap dijadikan opsi utama sebagian besar kalangan masyarakat Indonesia yang ingin menabung atau menginvestasikan uang mereka.

Sama halnya dengan bank-bank lain seperti Mandiri, BCA, BRI dan lainnya, bank BNI juga memiliki layanan produk seperti tabungan/simpanan, pinjaman, kartu kredit dan lain sebagainya. Untuk tabungan atau simpanan, kalian pasti pernah mendengar nama Deposito. Walaupun sama-sama dari jenis simpanan, PERBEDAAN TABUNGAN DAN DEPOSITO juga wajib kalian ketahui.

Deposito ini berbeda dengan ketika kita melakukan penyimpanan uang di bank pada umumnya. Seperti halnya pembukaan rekening atau MEMBUAT ATM BNI, ada beberapa syarat dan ketentuan yang dimiliki oleh jenis simpanan Deposito ini. Mengenai hal ini kami akan membahas lebih detail mengenai Deposito bank BNI.

Perlu kalian ketahui juga bahwa jenis simpanan Deposito BNI ini menjadi salah satu yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Dimana mereka dapat menginvestasikan uangnya dalam jangka pendek maupun panjang sesuai perjanjian yang telah disepakati. Untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan lengkap mengenai bunga deposito BNI berikut ini.

Bunga Deposito BNI Terbaru dan Terlengkap

Bunga Deposito BNI

Apa Itu Bunga Deposito?

Ada beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh beberapa kalangan masyarakat mengenai suku bunga Deposito. Suku Bunga Deposito adalah nilai yang harus diberikan oleh pihak bank kepada nasabah sebagai imbalan atas simpanan nasabah saat ini yang akan dikembalikan oleh pihak bank di kemudian hari. Sama halnya dengan suku bunga simpanan lain, tingkat suku bunga juga ditentukan oleh beberapa faktor yang saling terkait satu sama lain.

Bahkan baik simpanan dan pinjaman yang dikelola oleh pihak bank ikut menjadi salah satu faktor penentu yang diberlakukan oleh perbankan. Umumnya suku bunga deposito yang berlaku mulai dari 3% dan 6% tergantung dengan jangka waktu deposito itu sendiri. Perlu diketahui juga bahwa hal lain yang mempengaruhi nilai suku bunga deposito adalah kebijakan dari masing-masing bank yang bersangkutan.

Bunga Deposito BNI IDR Hari Ini

Untuk mengetahui bunga deposito BNI terbaru mata uang rupiah, kalian dapat simak tabel yang telah kami siapkan di bawah ini:

Jangka Waktu

Tiering Saldo
<100 juta= 100 juta s/d <1 milyar= <1 milyar s/d 5 milyar

= 5 milyar

1 Bulan4.25%4.25%4.50%4.50%
3 Bulan4.75%4.75%4.75%4.75%
6 Bulan4.25%4.75%4.75%4.75%
12 Bulan4.50%4.75%4.75%4.75%
24 Bulan4.50%4.50%4.75%4.75%

Bunga Deposito BNI Valas Hari Ini

Lalu untuk bunga Deposito BNI Valas, kalian juga dapat simak tabel yang sudah kami siapkan di bawah ini:

Tiering Saldo1 Bulan3 Bulan6 Bulan12 Bulan24 Bulan
< USD 100,0000.70%0.70%0.70%0.70%0.70%
≥ USD 100,0000.75%0.75%0.75%0.75%0.75%

Setoran Awal Pembukaan Rekening Deposito BNI

Bagi kalian yang mungkin sudah memiliki pengalaman membuka rekening deposito BNI, kalian tentu sudah mengetahui apa saja syarat-syaratnya. Namun bagi kalian yang baru pertama kali ingin membuka rekening deposito BNI, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui. Setiap melakukan pembukaan rekening deposito, ada beberapa syarat yang diperlukan, salah satunya adalah membayarkan setoran awal.

Nah untuk setoran awal pembukaan rekening ini juga berbeda-beda, tergantung dari jenis mata uang yang dipilih, untuk setoran deposito BNI mata uang rupiah minimal setoran awal adalah Rp 10 juta. Untuk lebih jelasnya simak berikut ini:

Jenis Mata Uang

Nominal Setoran Awal

IDR10.000.000
USD1.000
JPY150.000
SGD2.000
HKD8.000
EUR1.000
GBP1.500
AUD2.000

Keuntungan Deposito BNI

Ada banyak sekali keuntungan atau MANFAAT DEPOSITO yang dapat kalian peroleh ketika melakukan pembukaan rekening deposito di bank BNI, diantaranya adalah:

  • Mendapatkan tingkat suku bunga yang kompetitif
  • Deposito dapat dijadikan sebagai jaminan kredit
  • Dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (syarat dan ketentuan berlaku)
  • Tersedia dalam berbagai pilihan mata uang sesuai dengan kebutuhan, seperti mata uang rupiah atau asing (USD,JPY, GBP, SGD, HKD, EUR, AUD)
  • Bunga dapat ditransfer ke rekening tabungan, Giro atau untuk menambah pokok simpanan
  • Ketika jatuh tempo, deposito dapat diperpanjang secara otomatis (Authomatic Roll Over/ARO) atau tidak otomatis (Non ARO)
  • Tersedia dalam berbagai pilihan jangka waktu mulai dari 1, 3, 6, 12 atau 24 bulan sesuai kebutuhan

Persyaratan Membuka Deposito di Bank BNI

Bagi kalian yang mungkin berniat untuk membuka rekening tabungan deposito BNI, baik mata uang rupiah atau mata uang asing. Ada beberapa persyaratan yang dipersiapkan, seperti:

  • Dengan mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening
  • Menunjukkan asli bukti identitas diri (KTP/SIM/Paspor) atau Badan Usaha/Hukum (bukti legalitas) serta menyerahkan foto copy bukti yang dimaksud
  • Melakukan setoran awal untuk pembukaan rekening (ketentuan jumlah setoran dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan perkembangan)

Pertanyaan Umum Deposito BNI

1. Apakah bunga Deposito BNI dikenakan pajak?

Mengenai hal ini, perlu kalian ketahui juga bahwa bunga deposito telah menjadi objek pajak, sehingga dana akhir yang kalian terima sudah pasti terkena potongan pajak. Pajak atas bunga deposito juga merupakan salah satu jenis Pajak Penghasilan (PPh) yang sering bersinggungan dengan kalian.

Dasar pengenaan pajak deposito ini juga berdasarakan PPh Pasal 4 ayat 2, yakni pajak penghasilan atas jenis penghasilan-penghasilan tertentu ayng bersifat final dan tidak dapat dikreditkan dengan Pajak Penghasilan terutang. Besar pajak yang dikenakan sebesar 20% untuk besaran deposito lebih dari Rp 7.500.000.

Nantinya suku bunga yang diterima oleh kalian akan dikurangi dengan besaran pajak. Sedangkan nilai deposito yang kurang dari Rp 7.500.000 tidak dikenakan pemotongan pajak atas bunga deposito.

2. Deposito BNI minimal berapa?

Untuk minimal deposito BNI ini berbeda-beda, tergantung jenis mata uang apa yang dipilih. Minimal depostio BNI untuk mata uang rupiah adalah Rp 10 juta. Sedangkan untuk minimal deposito BNI mata uang asing adalah USD1,000, SGD2,000, HKD8,000, JPY150,000, GBP1,500, atau EUR1,000.

Itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai bunga deposito BNI yang dapat kalian simak. Setiap informasi yang myjourney.id sampaikan diatas semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua mengenai deposito bank BNI. Perencanaan investasi masa depan dapat kalian mulai dengan melakukan pembukaan rekening deposito BNI. Selamat berinvestasi!

This div height required for enabling the sticky sidebar