Home / Asuransi / 9 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat BSI Mobile : Biaya & Jatuh Tempo

9 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat BSI Mobile : Biaya & Jatuh Tempo

/

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat BSI Mobile – Saat ini hampir setiap orang memiliki BPJS Kesehatan. Dimana nantinya setiap peserta diwajibkan untuk membayarkan iuran BPJS Kesehatan di setiap bulannya. Besaran iuran juga tergantung dengan kelasnya masing-masing.

Ada 3 kelas BPJS Kesehatan, yakni kelas 1, 2 dan 3. Pembayaran iuran BPJS Kesehatan ini dapat dibayarkan melalui aplikasi digital perbankan, yakni Mobile Banking. Berbicara mengenai hal ini, myjourney.id akan memberikan cara bayar BPJS Kesehatan lewat BSI Mobile.

BSI Mobile atau dikenal juga Mobile Banking Bank Syariah Indonesia menjadi salah satu opsi yang dapat digunakan oleh para peserta BPJS Kesehatan untuk membayarkan iuran di setiap bulannya. Pembayaran lewat BSI Mobile juga sangatlah mudah.

Hanya saja masih ada beberapa pengguna BSI Mobile yang belum tahu bagaimana cara membayarkan iuran BPJS Kesehatan tersebut. Namun kalian tidak perlu khawatir karena pada pertemuan kali ini kami telah menyiapkan tutorial lengkap bayar BPJS Kesehatan lewat BSI Mobile berikut ini.

Cara BPJS Kesehatan Lewat BSI Mobile

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat BSI Mobile Banking

Sebelum kalian melakukan bayar tagihan iuran BPJS Kesehatan lewat BSI Mobile. Pastikan lebih dulu bahwa kalian telah melakukan AKTIVASI BSI MOBILE. Jika sudah diaktivasi, barulah kalian bisa menggunakan BSI Mobile untuk melakukan transaksi. Nah untuk cara bayar iuran BPJS Kesehatan di BSI Mobile, kalian dapat simak caranya di bawah ini.

1. Buka Aplikasi BSI Mobile

Pertama-tama kalian bisa masuk ke aplikasi BSI Mobile Banking.

Buka Aplikasi BSI Mobile 31

2. Pilih Menu Bayar

Di halaman berikutnya, silahkan pilih menu Bayar.

Pilih Menu Bayar 11

3. Pilih BPJS

Kemudian dilanjutkan dengan memilih menu BPJS.

Pilih BPJS

4. Masukkan Kata Sandi

Sebelum ke langkah berikutnya, masukkan kata sandi BSI Mobile terlebih dahulu.

Masukkan Kata Sandi 24

5. Pilih BPJS Kesehatan

Nah disini akan terlihat beberapa menu BPJS, kalian pilih menu BPJS Kesehatan.

Pilih BPJS Kesehatan

6. Masukkan Nomor VA

Lalu masukkan nomor VA iuran BPJS Kesehatan kalian.

Masukkan Nomor VA 1

7. Masukkan Jumlah Bulan

Masukkan juga jumlah bulan yang akan dibayarkan.

Masukkan Jumlah Bulan

8. Masukkan PIN Transaksi

Masukkan PIN Transaksi BSI Mobile dengan benar dan lengkap.

Masukkan PIN Transaksi 25

9. Konfirmasi Pembayaran

Terakhir cek kembali apakah semua data yang dimasukkan sudah benar, jika sudah klik Selanjutnya dan bayar iuran BPJS Kesehatan selesai.

Konfirmasi Pembayaran 10

Biaya Admin Bayar BPJS Lewat BSI Mobile

Nah untuk biaya admin pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui BSI Mobile, kalian akan dikenakan biaya admin yang cukup ringan, yakni hanya Rp 2.500 per transaksi. Besaran biaya admin tersebut memang cukup lumrah, dimana hampir setiap aplikasi M Banking akan membebankan biaya admin untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan ini.

Besaran Iuran BPJS Kesehatan

Besaran Iuran BPJS Kesehatan

Lalu berbicara mengenai besaran iuran BPJS Kesehatan, mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2021, iuran BPJS Kesehatan per bulan ini dibedakan berdasarkan kelas. Lebih jelasnya, di bawah ini dapat kalian simak informasinya.

  • Kelas 1: Rp 150.000
  • Kelas 2: Rp 100.000
  • Kelas 3: Rp 35.000

Jatuh Tempo & Denda Telat Bayar Tagihan BPJS Kesehatan

Jatuh Tempo Denda Telat Bayar Tagihan BPJS Kesehatan

Dan mengenai jatuh tempo serta denda keterlambatan pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Jatuh tempo pembayaran BPJS Kesehatan ini setiap tanggal 10 di setiap bulannya. Jika tanggal 10 pada bulan tersebut jatuh pada hari libur, maka batas pembayaran iuran pada hari kerja berikutnya.

Sedangkan untuk informasi denda keterlambayatan bayar BPJS Kesehatan, nantinya peserta akan dikenakan biaya denda pelayanan sebesar 5% serta sanksi berupa pemberhentian sementara penjaminan.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai cara bayar BPJS Kesehatan lewat BSI Mobile yang dapat kalian simak diatas. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar