8 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat M Banking BCA Hanya 1 Menit!!
Home / Asuransi / 8 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat M Banking BCA Hanya 1 Menit!!

8 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat M Banking BCA Hanya 1 Menit!!

/

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat M Banking BCA – Aplikasi layanan digital perbankan memang sangat memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai macam transaksi. Aplikasi layanan tersebut meliputi internet banking, sms banking dan mobile banking. Nah, hampir setiap bank memiliki fasilitas tersebut yang nantinya dapat diaktivasi dengan mudah oleh para nasabah. Berbicara mengenai hal ini, kami akan membahas mengenai salah satu aplikasi layanan digital perbankan dari bank BCA yakni M BCA atau BCA Mobile. M BCA sendiri merupakan aplikasi mobile banking dari bank BCA yang dapat digunakan untuk melakukan beragam transaksi, mulai dari transfer, bayar, pembelian, cek saldo dan lain sebagainya.

Pada poin kegunaan ini, kami akan membahas lebih spesifik lagi mengenai cara bayar BPJS Kesehatan lewat M Banking BCA. Bagi kalian yang sudah memiliki BPJS Kesehatan, kewajiban membayar iuran BPJS tentunya wajib dilakukan di setiap bulannya. Bayar BPJS Kesehatan juga ditentukan dari kelas yang dimiliki, dimana setiap kelas juga memiliki besaran iuran yang berbeda-beda. Kemudian berbicara mengenai ketentuan, ketentuan iuran bulanan BPJS Kesehatan ini dibayar paling lambat pada tanggal 10 di setiap bulannya. Apabila pembayaran dilakukan melewati tanggal tersebut, maka kalian akan dikenakan denda sebesar 2% dari total tagihan BPJS Kesehatan setiap bulannya.

Maka dari itu kami sarankan untuk selalu membayarkan iuran BPJS Kesehatan tepat waktu jangan sampai melebihi batas waktu pembayaran setiap bulannya. Nah mengenai bayar BPJS Kesehatan sebenarnya dapat dilakukan bukan hanya lewat M Banking BCA, kalian juga dapat BAYAR BPJS KESEHATAN LEWAT ATM BCA atau layanan M Banking dari perbankan lainnya. Untuk bayar lewat M Banking BCA, nantinya akan ada biaya admin yang dibebankan oleh BCA, yakni sebesar Rp 2.500. Besaran biaya admin tersebut juga hampir rata-rata dibebankan oleh layanan M Banking dari perbankan lainnya.

Bagi kalian yang mungkin ingin memanfaatkan M Banking BCA kalian untuk melakukan pembayaran BPJS Kesehatan tersebut, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan agar nantinya tidak salah. Daripada penasaran mengenai bagaimana cara bayar BPJS Kesehatan lewat Mobile Banking BCA, langsung saja simak tutorial lengkap yang telah myjourney.id siapkan berikut ini.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat M Banking BCA

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat M Banking BCA Paling Mudah

Walaupun bayar BPJS Kesehatan lewat M Banking ini mudah, namun masih ada beberapa pengguna m-BCA yang kurang paham bagaimana cara bayar BPJS Kesehatan ini. Kalian tidak perlu khawatir karena di bawah ini kalian dapat simak tutorial cara bayar BPJS Kesehatan lewat M Banking BCA.

1. Buka BCA Mobile

Pertama kalian bisa masuk ke aplikasi BCA Mobile Banking yang terinstal dan sudah diaktivasi.

Buka BCA Mobile

2. Pilih m-BCA

Kemudian kalian bisa pilih menu m-BCA.

Pilih m BCA

3. Masukkan Kode Akses

Kalian juga akan diminta untuk memasukkan kode Akses m-BCA kalian. Masukkan dengan lengkap dan benar.

Masukkan Kode Akses

4. Pilih m-Payment

Di halaman utama aplikasi BCA Mobile, kalian pilih menu m-Payment.

Pilih m Payment

5. Pilih BPJS

Selanjutnya akan terlihat beberapa pilihan menu, disini kalian pilih menu BPJS.

Pilih BPJS

6. Pilih BPJS Kesehatan

Kemudian pilih menu BPJS Kesehatan.

Pilih BPJS Kesehatan

7. Masukkan Nomor Pembayaran

Masukkan nomor BPJS Kesehatan kalian yang ingin dibayarkan.

Masukkan Nomor Pembayaran

8. Klik Send

Jika semua data sudah benar, kalian klik Send untuk menyelesaikan transaksi.

Klik Send

Nantinya akan muncul informasi konfirmasi pembayaran, cek kembali semua data tersebut. Jika sudah, selesaikan pembayaran tersebut. Simpan struk atau screenshot sebagai tanda bukti bahwa kalian sudah membayar BPJS Kesehatan.

Biaya Admin Bayar BPJS Kesehatan Lewat M Banking BCA

Biaya Admin Bayar BPJS Kesehatan Lewat M Banking BCA

Untuk mengenai biaya admin, cara bayar BPJS Kesehatan di BCA Mobile ini nantinya kalian akan diikenakan biaya admin yang tidak terlalu besar, yakni hanya Rp 2.500 saja. Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa hampir semua aplikasi m Banking bank lain juga membebankan biaya admin yang sama yakni Rp 2.500. Namun ada juga beberapa yang membebaskan biaya admin alias gratis.

Jatuh Tempo Bayar BPJS Kesehatan

Jatuh Tempo Bayar BPJS Kesehatan

Lalu mengenai jatuh tempo pembayaran, pihak BPJS telah menetapkan batas waktu pembayaran BPJS Kesehatan adalah per tanggal 10 di setiap bulannya. Apabila iuran tidak dibayarkan atau pembayaran melebih batas waktu tersebut, maka akan dikenakan denda sebesar 2% dari total tagihan.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan diatas, cara pembayaran BPJS Kesehatan lewat M Banking BCA ini memanglah mudah. Selain itu, pembayaran dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun asalkan akses internet stabil. Disamping itu, besaran biaya admin juga cukup ringan. Jadi tidak ada salahnya kalian memanfaatkan BCA Mobile ini untuk alat transaksi pembayaran BPJS Kesehatan.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai cara bayar BPJS Kesehatan lewat M Banking BCA yang dapat kalian simak diatas. Hanya ini saja yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar