Home / Pajak / 9 Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret Terlengkap 2020

9 Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret Terlengkap 2020

/

Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret – Pajak motor atau pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu hal yang wajib kita bayarkan sebagai warga negara Indonesia. Ada banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk membayar pajak motor, salah satunya adalah melalui gerai retail Indomaret.

Metode pembayaran pajak motor di Indomaret ini hasil kerjasama pemerintah dengan SAMSAT. Jika sebelumnya kalian harus mengantre di loket, kini kalian dapat melakukan pembayaran melalui sistem online, mulai dari internet banking, Tokopedia, Bukalapan, Alfamart, dan juga Indomaret yang akan kita bahas kali ini.

Untuk cara bayar pajak motor di Indomaret, pengguna tidak perlu ragu akan besaran nominalnya. Dengan adanya layanan e-SAMSAT melalui Payment Point Online Bank atau PPOB di Indomaret akan memudahkan pengguna untuk melakukan pembayaran pajak.

Bagi kalian yang mungkin baru pertama kali akan mencoba membayar pajak di Indomaret. Disini kami akan memberikan informasi langkah-langkah pembayaran pajak motor di Indomaret secara lengkap. Daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret Terlengkap

Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret

Prosedur Pembayaran Pajak Motor di Indomaret

1. Langkah pertama adalah dengan datang ke Indomaret terdekat dengan membawa STNK asli motor atau kendaraan lain yang akan kalian bayarkan pajaknya, dan jangan lupa bawa KTP pemilik asli.

2. Setelah sampai di tempat, kalian dapat langsung datang ke kasir yang biasanya pihak kasir akan menanyakan data diri, seperti nomor KTP, nomor polisi kendaraan, nomor mesin dan juga nomor HP wajib pajak.

3. Setelah dicek dan sudah benar-benar lengkap maka akan muncul nominal pajak yang harus dibayarkan. Barulah kalian dapat menyetorkan uang sebesar pajak yang harus dibayarkan.

4. Kalian juga akan menerima struk tanda bukti pembayaran dan SMS bitly yang berisi ERI (Electronic Registration and Identification0.

5. Jika kalian mengklik SMS bitly, maka akan muncul gambar Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (e-TBPKP) yang dilengkapi dengan barcode/QR Code sebagai tanda bukti pelunasan pjaka kendaraan dan bukti pengesahan STNK yang dapat disimpan atau dicetak.

6. Kalian dapat menyimpan bukti pembayaran untuk nantinya digunakan sebagai pengesahan STNK kendaraan bermotor pengguna.

7. Langkah terakhir adalah melakukan pengesahan STNK dengan cara mengunjungi Polsek atau Polres terdekat dengan membawa bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor yang sudah diberikan oleh kasir Indomaret.

Pengesahan STNK

Untuk caranya kalian dapat langsung mengunjungi kantor Polsek atau Polres terdekat dengan membawa bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor yang kalian dapatkan di Indomaret. Barcode yang didapatkan merupakan bukti pelunasan pajak kendaraan bermotor dan bukti pengesahan STNK yang valid dan sah.

Jadi natinya ketika petugas melakukan razia, maka dapat memverifikasi pengesahan dengan menggunakan scan barcode tersebut. Melalui barcode tersebut para pengguna tidak perlu lagi balik ke Samsat untuk mencetak TBPKP, karena setelah membayar pajak secara online akan mendapatkan e-TBPKP yang dapat disimpan di ponsel dan dicetak sendiri serta sah di kepolisian.

Nah itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan ketika melakukan pembayaran pajak motor di Indomaret. Untuk mengetahui berapa besaran pajak motor kalian, kalian juga dapat melakukan cek pajak kendaraan terlebih dahulu. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar