Home / Pajak / 8 Cara Bayar Pajak Motor Online dan Offline Paling Cepat

8 Cara Bayar Pajak Motor Online dan Offline Paling Cepat

/

Cara Bayar Pajak Motor – Hayo siapa nih yang belum bayar pajak kendaraan bemrotor baik mobil ataupun motor? kami ingatkan agar anda jangan sampai telat membayar pajak loh yah. Karena jika anda telat tentu saja akan ada dendan yang harus anda bayarkan ketika nanti anda membayar pajak tersebut. Bahkan jika anda tidak membayar sama sekali besaran denda yang harus di bayar adalah sebsar 25% pertahunnya loh.

Denda yang kami sampaikan diatas merupakan salah satu hal buruk yang mungkin akan bisa anda alami ketika kalian tidak membayarkan pajak motor setiap tahunnya. Selain itu jelas hal buruk lain yang akan bisa anda alami adalah kena tilang polisi di jalan raya ketika sedang diadakan razia. Bahkan motor pun bisa dibawa pihak kepolisian jika di ketahui anda belum membayar pajak. Jadi sebagai warga negara Indonesia yang baik patuhilan kewajiban kita untuk membayar pajak setiap tahunnya.

Cara bayar pajak motor tidaklah susah ko, terlebih lagi untuk saat ini anda juga bisa melakukan pembayaran pajak motor secara online yang mungkin tidak akan membuat kalian merasa malas. Hanya saja ada beberapa syarat yang harus anda patuhi, nanti akan kita bahas dibawah. Selain secara online, anda pun bisa membayar pajak kendaraan bermotor dengan cara offline dengan memalui beberapa gerai resmi seperti Samsat atau yang lainnya.

Hanya saja mungkin cara offline ini banyak di hindari orang karena tidak mau mengantri dengan nomor yang begitu banyak. Yapz itu mungkin salah satu alasan kenapa kalian bisa telat membayar pajak motor. Jika memang benar demikian, maka dikesempatan kali akan kami bagikan cara bayar pajak motor online offline dengan cepat dan mudah yang pastinya akan membuat anda bisa lebih senang. Jadi silahkan anda simak informasi terbaru myjourney.id berikut ini.

Cara Bayar Pajak Motor Mudah dan Cepat

Cara Bayar Pajak Motor
Cara Bayar Pajak Motor

Cara Bayar Pajak Motor Offline

Seperti diatas kami sampaikan, cara bayar pajak motor untuk sekarang ini sudah bisa dibilang cukup baik dan cepat bahkan sangat mudah dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai dan terus di perbaiki. Jadi bagi anda yang ingin membayar pajak motor secara offline secara cepat dan mudah berikut adalah opsi yang dapat anda gunakan.

1. Bayar Pajak dengan Drive Thru Samsat

Belum lama ini Sistem Administrasi Manuggal Satu Atap (SAMSAT) telah merilis dan memperkenalkan cara bayar pajak motor baru yang bisa di bilang cukup cepat untuk menyelesaikan metode pembayaran. Adapun cara baru tersebut bernama “Drive Thru Samsat” yang untuk pertama kalinya di perkenalkan di Samsat Kebon Nanas.

Seperti data yang kami dapatkan, kabarnya proses pembayaran pajak motor lewat cara Drive Thru Samsat ini hanya membutuhkan waktu 2 menit saja. Bagaiana cepat kan? Namun ada beberapa prosesdur pembayaran yang harus anda ketahui agar cara bayar pajak motor yang satu ini bisa anda lewati dengan cepat dan mudah tanpa harus memarkirkan motor anda. Dimana prosedurnya adalah sebagai berikut

  1. Pertama anda pergi menuju loket untuk menyerahkan dokumen-dokumen yang diminta
  2. Setelah semua dokumen yang di minta anda serahkan, silahkan anda menuju ke loket kedua untuk melakukan pembayaran
  3. Jika sudah biasanya petugas akan mengembalikan dokumen-dokumen tadi ke anda
  4. Apabila anda sudah menerima dokumen kembali, maka sudah deh proses pembayaran pajak motor sudah selesai

2. Bayar Pajak di Kantor Kecamatan

Bayar Pajak di Kantor Kecamatan
Bayar Pajak di Kantor Kecamatan

Jika memang cara bayar pajak motor diatas tidak bisa anda kerjakan karena terkendala kantor Samsat yang jauh, mungkin anda bisa melakukan pembayaran pajak motor lewat kantor kecamatan di daerah anda. Hanya saja cara ini mungkin hanya bisa di rasakan untuk pemilik kendaran yang terdaftar di DKI Jakarta karena memang kebijakan ini di resmikan Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2015 lalu.

Tentunya dengan adanya metode caya bayar pajak motor dengan cepat dan mudah di kantor kecamatan ini anda tentu tidak perlu repot-repot membayar pajak di kantor Samsat. Selain bisa melakukan pembayaran pajak tahunan untuk sepeda motor, di kantor kecamatan DKI Jakarta anda juga bisa melakukan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK juga dengan cara yang simple dan cepat.

3. Bayar Pajak di Samsat

Jika sebelumnya anda ingin membayar pajak motor harus datang ke kantor Samsat di daerah anda, maka dengan adanya metode pembayaran yang cepat dan mudah seperti diatas, cara bayar pajak motor di Samsat sudah mulai berkurang antriannya. Hanya saja dua cara diatas mungkin belum bisa di rasakan di semua kota di Indonesia, maka dari itu cara bayar pajak di Samsat masih menjadi opsi pilihan yang mau tidak mau harus di lakukan.

Seperti biasa pembayaran di kantor Samsung memang cukup lama dan cukup membosakan karena antrian yang sangatlah panjang. Namun jika anda membayar pajak motor di kantor Samsat maka anda juga akan mendapatkan beragam informasi penting lainnya. Sekaligus anda juga bisa melakukan perpanjangan STNK. Dan jika anda memiliki motor yang masih berstatus cicilan juga anda harus melakukan pembayaran pajak di kantor Samsat.

Cara Bayar Pajak Motor Online

Cara Bayar Pajak Motor Online
Cara Bayar Pajak Motor Online

Diatas merupakan beberapa cara bayar pajak motor secara offline dengan cepat dan mudah yang bisa anda gunakan. Jika diatas masih merasa sulit bagi anda, maka cara bayar pajak kendaraan bermotor secara online bisa menjadi opsi lain. Tidak hanya simple dan mudah anda juga tidak perlu harus mendatangi kantor Samsat di kota anda.

Dan beberapa metode pembayaran pajak online ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan ATM yang mana cara bayar pajak motor lewat ATM sebelumnya sudah kami sampaikan. Jadi anda bisa menyimkanya langsung. Dan berikut adalah beberapa langkah yang harus anda lakukan ketika ingin membayar pajak motor secara online.

1. Silahkan anda bukan situr e-Samsat

Untuk alamat situs Samsat sendiri berbeda disetiap daerahnya yang mana untuk beberapa list situs e-Samsat di Indonesia bisa anda lihat di bawah ini.

  • Provinsi DKI Jakarta -> https://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_KBM
  • Provinsi Jawa Timur -> http://www.esamsat.jatimprov.go.id/
  • Provinsi Jawa Tengah -> http://dppad.jatengprov.go.id/
  • Provinsi Jawa Barat -> https://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/
  • Provinsi Aceh -> esamsat.acehprov.go.id

2. Mengisi data kendaraan

Jika anda sudah membuka situs Samsat maka anda diharuskan untuk mengisi data-data yang diminta dengan benar dan sesuai. Adapun data-data yang harus anda isi antara lain :

  • Kota kendaraan anda, semisal motor anda berasal dari Jakarta Selatan atau Surabaya atau Yogyakarta, atau Semarang, dll
  • Kantor Samsat di mana anda dulu mengurus pajak motor yang anda miliki
  • Nopol (Nomor Plat Motor)

Setelah selesai mengisi data yang diminta silahkan anda isi kode captcha yang tertara pada  kotak lalu klik cari. Apabila anda memasukan data dengan benar maka otomatis nanti akan ada informasi lengkap seputar nama pemilik, dan juga jumlah pajak yang harus di bayarkan. Sebelum mengkonfirmasi silahkan anda teliti dengan benar, dan jika sudah benar silahkan anda konfirmasi.

3. Isi Form Untuk Pengambilan Nota Pajak

Perlu diperhatikan sebelum melanjutkan pembayaran, ada beberapa syarat bayar pajak motor online yaitu harus mengisi form untuk pengambilan nota pajak yang nantinya akan d gunakan sebagai bukti sah untuk diserahkan kepada kantor Samsat. Dan umumnya data yang harus di isikan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Kota di mana anda akan mengambil nota pajak
  • Kantor Samsat tempat mengambil nota pajak
  • Bank yang akan digunakan untuk pembayaran
  • Sistem layanan bank yang akan digunakan untuk membayar seperti internet banking, ATM, SMS Banking, dan lain-lain sesuai dengan apa yang akan anda gunakan

Apabila sudah selesa mengisi form tersebut, nantinya anda akan di berikan kode bayar yang akan didapat dengan cara mengkil kode bayar. Dan apabila kode tersebut sudah tampil, anda bisa langsung klik print untuk mencektaknya atau save untuk mencetaknya nanti.

4. Lakukan Pembayaran Pajak Motor

Langkah selanjutnya untuk cara bayar pajak motor online ini adalah pembayaran. Pada langkah ini anda bisa menggunakan layanan m-Banking atau juga mesin ATM dan SMS Banking. Untuk caranya sendiri tidak jauh berbeda dimana hal yang perlu anda lakukan adalah mencarai menu pembayaran > multipayment > Samsat (harus sama dengan kantor Samsat yang anda isi kan pada form nota pajak) > lanjutkan dan selesaikan pembayaran > simpan bukti transfer tersebut.

5. Datang ke Kantor Samsat

Nah apabila anda sudah menyelesaikan semua langkah diatas, saatnya anda datang ke kantor Samsat yang anda gunakan untuk meluniasi pebayaran pajak tersebut. Kemudian silahkan anda langsung ke loket pembayaran dan serahkan bukti pembayaran yang sudah anda lakukan sebelumnya. Dan tunggu sampai petugas memanggil untuk menyerahkan nota pajak sebagai bukti sah.

Nah itulah kiranya beberapa cara bayar pajak motor secara online dan offline yang bisa anda lakukan. Simak pula info menari seputar Cara Bayar Pajak Mobil Online Aman dan Cara Melihat Pajak Motor di STNK yang sebelumnya sudah kami sampaikan. Semoga bisa bermanfaat.

This div height required for enabling the sticky sidebar