Home / Pajak / 10 Cara Bayar Pajak Penghasilan via Aplikasi Mandiri Online

10 Cara Bayar Pajak Penghasilan via Aplikasi Mandiri Online

/

Cara Bayar Pajak Penghasilan – Pajak penghasilan memang merupakan suatu kewajiban bagi setiap warga negara. Pajak penghasilan juga dikenal dengan nama PPh yang mana dapat diartikan pajak negara dikenakan terhadap setiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima atau diperoleh wajib pajak. baik mereka yang berasal dari Indonesia maupun dari luar Indonesia, yang juga dapat dipakai untuk konsumsi atau untuk menambah kekayaan wajib pajak yang bersangkutan.

Dan menurut undang-undang No. 36 tahun 2008 tentang pajak penghasilan, dimana ada beberapa subjek yang meliputi, orang pribadi, warisan yang belum terbagi sebagai kesatuan dan kemudian badan. Badan disini merupakan sekumpulan orang atau modal yang merupakan kesatuan baik yang melakukan usaha maupun tidak. Badan tersebut meliputi Perseroan Terbatas, Perseroan Komanditer, BUMN, Koperasi, dana pensiun, persekutuan dan beberapa organisasi-organisasi lainnya termasuk kontrak investasi kolektif dan bentuk usaha tetap.

Nah itulah beberapa definisi penting mengenai apa itu pajak penghasilan (PPh) serta informasi lain yang dapat kalian pahami sebelum menuju kepembahasan utama mengenai cara bayar pajak penghasilan via aplikasi Mandiri Online. Berbicara mengenai pajak memang bisa dikatakan cukup rumit, terlebih lagi mengenai pajak penghasilan yang mana kita harus menghitung setiap penghasilan kita dan kemudian di potong sekian persen untuk wajib kita bayarkan kepada negara. Namun semua akan lebih mudah jika kita mempelajari apa itu wajib pajak dan bagaimana cara bayar pajak penghasilan yang mudah dan cepat.

Untuk cara bayar pajak penghasilan yang mudah dengan melalui aplikasi Mandiri Online, kita harus membuat kode billing terlebih dahulu. Untuk caranya kalian dapat simak dibawah ini.

  1. Buka web sse3.pajak.go.id lalu buat akun dengan NPWP dan EFIN yang sudah kamu punyai.
  2. Setelah proses pendaftaran sudah selesai, silakan login dan tekan tombol “Isi SSE” yang warnanya hijau.
  3. Kemudian isi informasi yang diperlukan, pilih kategori pajak sesuai arahan dari petugas kantor pajak, dan yang paling penting silakan jujur soal penghasilan.
  4. Setelah sudah benar, silakan klik Simpan dan lanjutkan ke pembuatan Kode Billing.
  5. Kode billing valid dalam jangka waktu tertentu, jadi silakan segera kalian gunakan.

Itulah beberapa langkah dan cara membuat kode billing sebelum melakukan pembayaran dengan menggunakkan aplikasi Mandiri Online. Nah daripada penasaran mengenai cara bayar pajak penghasilan via aplikasi Mandiri Online. Dibawah ini kalian dapat langsung menyimak ulasan mendalam mengenai cara bayar pajak penghasilan berikut ini.

Cara Bayar Pajak Penghasilan via Aplikasi Mandiri Online

Cara Bayar Pajak Penghasilan via Aplikasi Mandiri Online
Cara Bayar Pajak Penghasilan via Aplikasi Mandiri Online

1. Buka aplikasi Mandiri Online, pilih opsi Pembayaran, lalu pilih Penerimaan Negara.
2. Setelah itu pilih “Pajak/PNBP/Cukai”.
3. Lanjutkan prosesnya, lalu masukkan Kode Billing yang tadi sudah dibuat.
4. Sistem akan menampilkan informasi jumlah yang harus dibayarkan sesuai dengan yang diisikan saat membuat Kode Billing.
5. Silakan bayar dan Selesai.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara bayar pajak penghasilan via aplikasi Mandiri Online. Nah untuk aplikasi tersebut dapat kalian download dengan mudah melalui Playstore dan App Store. Untuk cara pembayaran diatas alangkah baiknya jika kalian lakukan dengan teliti untuk mengurangi kesalahan pembayaran seperti nominal pembayaran dan lain-lain yang nantinya dapat merugikan kita. Kalian juga dapat membaca artikel lain mengenai cara lapor pajak di postingan sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua para wajib pajak di seluruh Indonesia. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

This div height required for enabling the sticky sidebar