Home / Investasi / 6 Cara Beli Saham di Pasar Modal yang Baik dan Benar

6 Cara Beli Saham di Pasar Modal yang Baik dan Benar

/

Cara Beli Saham – Kita tahu bersama bahwasannya jenis investasi modal usaha sangatlah banyak baik itu yang memiliki jangka waktu singkat ataupun jangka waktu lama dan juga minim resiko ataupun memiliki resiko yang besar. Semua itu tentu saja bisa anda pilih sesuai dengan selera anda masing-masing. Dari banyaknya jenis investasi yang ada, Saham merupakan sebuah jenis invesatsi yang mungkin bisa di sebut sebagai invesatsi jangka pendek.

Saham sendiri merupakan bukti kepemilikan atas sebuah kepemilihan perusahaan. Dimana untuk menginvestasikan sebagian besar modal usaha kita dalam bentuk saham dengan minimal pemeblian 1 lot atau 100 lembar, memang di perlukan pengetahuan yang pasti agar kedepannya anda tidak lagi mendapatkan kerugian atau kehilangan modal awal yang sudah anda investasikan ke saham ini.

Nah jika anda mungkin merupakan serorang investor saham pemula, tentu saja anda perlu dong tahu tentang cara beli saham yang baik dan benar di pasar modal agar anda bisa memperoleh keuntungan sesuai yang kalian perkirakan diawal. Jika anda tidak memahami basic dari cara membeli sebuah saham di pasar modal tentu saja anda bisa mendapatkan kerugian yang fatal.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, lewat artikel terbaru myjourney.id ini akan kami bagikan beberapa tips tentang cara beli saham di pasar modal yang baik dan benar. Nah untuk membeli saham sendiri ada dua cara yakni melalui pasar negosiasi ataupun melalui bursa efek. Jadi untuk hal ini, anda perlu memperhatikan beberapa hal agar anda tidak salah kaprah ketika membeli sebuah saham.

Cara Beli Saham di Pasar Modal yang Baik dan Benar

Cara Beli Saham
Cara Beli Saham

Membeli saham untuk invesatasi memang tengah menjadi trend yang ada saat ini di kalangan para investor. Dan untuk anda yang mungkin sedang menginginkan sebuah saham untuk anda jadikan sebagai invesatsi modal usaha anda kedepannya, berikut adalah beberapa hal yang pelru untuk anda perhatikan.

1. Persiapkan Dana Sewajarnya

Cara beli saham yang baik dan benar adalah dengan mempersiapkan modal awal yang sewajarnya saja. Dimana dengan mengeluarkan modal yang sewajarnya anda akan bisa melihat perkembangan dari investasi saham tersebut kedepannya. Jika dirasa memang menguntungkan tentu saja anda bisa menambah modal untuk membeli saham serupa untuk memperoleh keuntungan yang lebih. Menurut info yang kami peroleh, jika anda ingin mendapatkan returns sebesar 1 juta rupiah, maka setidaknya anda siapkan saja modal sebesar Rp 25 juta rupiah untuk membeli saham.

2. Perhatikan Daftar Perusahaan Efek

Memperhatikan alur daftar perusahaan efek juga menjadi salah satu syarat ketika anda ingin membeli sebuah saham perusahaan untuk anda jadikan sebagai invesatsi. Dimana dengan anda melihat atau memperhatikan daftar perusahaan efek ini, anda akan lebih cepat dan berpeluang besar mendapatkan saham yang anda inginkan. Karena lewat perusahaan efek ini, anda tidak lagi perlu langsung membeli saham dari sang penjual, melainkan lewat perushaan efek ini.

Jadi anda akan memperoleh kemudahan, karena gampanya anda hanya tinggal klik pada saham yang anda inginkan dari aplikasi yang sudah diberikan oleh pihak perusahaan efek, maka saham yang anda incar pun sudah bisa anda miliki. Bagaimana mudah bukan cara beli saham yang ada saat ini? Lalu bagaimana mendaftar ke perusahaan efek tersebut? gampang ko, anda hanya tinggal cari saja di internet dengan keywoard pialang saham.

3. Mulailah Memepelajari Strategi Investasi Saham

Tips cara beli saham yang baik selanjutnya adalah mulailah belajar strategi invesatsi saham yang ada saat ini. Tentu saja anda tidak mau rugi kan ketika membeli saham? untuk itu anda wajib dan perlu mempelajarinya. Anggapan membeli saham ketika sedang turun memang masih digunakan sampai dengan saat ini oleh para investor. Akan tetapi hal tersebut bukanlah merupakan cara beli saham yang baik. Untuk itu kami sarankan untuk anda selalu mempelajari strategi investasi saham yang ada saat ini.

4. Belajar Timing Keluar dari Pasar Saham

Seperti kami sampaikan diatas memperlajari strategi cara beli saham menjadi hal yang paling penting untuk kita lakukan saat ini. Dengan anda terus mempelajarinya, maka anda akan mengetahui timing yang pas dan tepat untuk keluar dari pasar saham. Maksudnya adalah kalian sudah paham kapan harus menjual saham atau membeli saham yang anda ingin dan akan di kelola kedepannya. Dengan mengetahui timing yang pas tentu saja anda akan bisa mendapatkan keuntungan atau profit yang baik, berbeda jika anda tetap merasa aman dengan zona tersebut.

5. Perhatikan Biaya Transaksi (Beli-Jual)

Pendapatan yang paling penting dari sebuah sekuritas pada nasabah yang sudah melakukan transaksi saham dan juga obligasi adalah beban atau fee pada setiap transaksi tersebut. Dimana untuk saat ini di ketahui bahwasannya fee jual-beli sekuritas saham berada pada kisaran 0.15% – 0.25% sampai dengan 0.25% – 0.35%. Dalam cara beli saham di pasar modal ini memang sangat di perlukan untuk anda memperhatikan biaya transaksi karena fee ini nantinya akan di bebankan pada nasabah yang membeli saham.

6. Pastikan Legalitas dan Kualitas

Cara beli saham yang baik dan benar juga diperlukan untuk selalu memperhatikan legalitas dan kualitas dari sekuritas. Dimana legalitas dan kualitas dari sebuah sekuritas yang baik adalah yang sudah terdaftar di Otoritas jasa keuangan (OJK) dan juga bursa efek Indonesia. Jadi bagi anda yang ingin membeli sebuah saham perusahaan, pastikan juga perantara ataupun perasuhaan yang akan anda beli sahamnya tersebut sudah benar-benar terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan juga Bursa Efek Indonesia.

Nah itulah kiranya beberapa hal yang perlu untuk anda ketahui ketika ingin membeli sebuah saham perusahaan. Dengan mengetahui cara beli saham yang baik dan benara di pasar modal tentu saja anda akan minim mendapatkan kerugian. Apalagi ketika anda lebih giat lagi mempelajari strategi invesatsi saham seperti kami sebutkan diatas.

This div height required for enabling the sticky sidebar