30 Cara Buka Indomaret & Syarat (Franchise) 2021 : Modal & Keuntungan
Home / Keuangan / 30 Cara Buka Indomaret & Syarat (Franchise) 2021 : Modal & Keuntungan

30 Cara Buka Indomaret & Syarat (Franchise) 2021 : Modal & Keuntungan

/

Cara Buka Indomaret – Indomaret menjadi salah satu gerai yang sudah banyak tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, bahkan hingga pelosok-pelosok daerah sekalipun. Indomaret didirikan berawal dari pemikiran untuk mempermudah kebutuhan pokok karyawan sehari-hari. Sejalan pengembang operasional toko, Indomaret juga tertarik untuk mendalami serta memahami berbagai kebutuhan dan perilaku konsumen dalam hal berbelanja. Dimana sekarang masyarakat cenderung memilih berbelanja di gerai modern berdasarkan alasan kelengkapan pilihan produk berkualitas, harga bersaing dengan suasana nyaman.

Perlu diketahui juga bahwa Indomaret juga membuka peluang bagi masyarakat yang ingin menjalin kerjasama dengannya. Dengan sistem waralaba inilah yang menjadikan Indomaret telah tersebar di mana saja, seperti di pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, serta beberapa pulau pada penduduk lainnya di Indonesia. Walaupun minimarket Indomaret bisa dikatakan tidak terlalu besar, produk jajakan juga cukup lengkap. Membahas mengenai Indomaret, pada pertemuan kali ini myjourney.id akan memberikan informasi lengkap mengenai syarat dan cara buka Indomaret (Franchise) berikut besaran modal serta keuntungan didapat.

Jika kalian tertarik untuk menjalin kerjasama sistem waralaba dengan Indomaret, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Bisnis waralaba Indomaret mungkin bisa menjadi alternatif utama bagi kalian yang ingin berwirausaha. Besaran modal diperlukan untuk membuka bisnis waralaba (Franchise) Indomaret ini membutuhkan kurang lebih Rp 394 juta. Setelah semua persyaratan serta modal telah dipersiapkan, nantinya kalian juga harus mengikuti prosedur atau tahapan-tahapan yang telah ditentukan oleh PT. Indomarco Prismatama. Tahapan tersebut mulai dari tahapan presentasi pertama, presentasi kedua dan terakhir pembukaan toko.

Salah satu hal penting untuk kalian ketahui dalam proses sistem waralaba Indomaret adalah perizinan. Kalian harus benar-benar menyelesaikan proses izin usaha minimarket. Kelengkapan izin ini meliputi IMB/IPB ruko, UUG/HO, SIUP, TDP, IUTM/IUTS, STPW, NPWP, PKP dan lainnya. Kemudiana usahakan juga jika lokasi yang dipilih untuk membangun bisnis waralaba Indomaret berada di tempat strategis. Baiklah, daripada penasaran mengenai syarat dan cara buka Indomaret, di bawah ini kami telah menyiapkan informasi lengkap yang dapat langsung kalian simak berikut ini.

Cara Buka Indomaret

Keuntungan Waralaba (Franchise) Indomaret

Dalam mencermati bisnis baru, terkadang pebisnis hany akan berfokus pada keuntungan finansial saja. Padahal selain itu masih ada beberapa keuntungan lain yang dapat diperoleh, khususnya bagi yang membeli hak waralaba. Indomaret sendiri memberikan berbagai keuntungan sehingga dapat menjadi kekuatan bagi mereka yang hendak berkecimpung di dunia wirausaha. Lalu apa saja keuntungannya, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Transformasi Pengetahuan

Dengan bergabung bersama Indomaret, para pebisnis akan mendapatkan banyak pengetahuan mengenai bisnis toko modern serta sekaligus menempatkan kalian sebagai pelaku bisnis.

2. Bergabung dengan Brand Populer

Indomaret merupakan salah satu pionir ritel minimarket terbesar di Indonesia yang telah memiliki jaringan distribusi terbesar.

3. Potensi Pasar

Bantuan survey lokasi dari pihak Indomaret juga akan menambah wawasan mengenai potensi dan strategis atau tidaknya suatu lokasi.

4. Tidak Terlibat Penuh

Dengan dukungan sistem operasional toko yang telah terintegrasi, membuat para investor tidak perlu terlibat secara penuh dalam operasional toko atau meninggalkan pekerjaan sebelumnya.

5. Peluang Berkembang Besar

Para investor dapat memiliki lebih dari 1 toko dengan tingkat kesibukan yang sama dan tentunya dapat diatur.

6. Minimalisasi Resiko

Perencanaan matang, mulai dari survey lokasi hingga pembukaan toko, kecepatan distribusi serta kelengkapan barang dagangan, dukungan manajemen toko yang baik akan membantu investor dalam menekan resiko kerugian.

Modal & Rincian Buka Gerai Indomaret

Modal Rincian Buka Gerai Indomaret

Mengenai modal, seperti sudah dijelaskan diatas bahwa modal buka Indomaret berkisar Rp 394 juta. Adapun rincian estimasi investasi buka gerai Indomaret dapat kalian simak berikut ini.

  • Franchise fee untuk 5 tahun Rp 36 juta.
  • Promosi dan persiapan pembukaan toko Rp 9,5 juta.
  • Renovasi dan tambah daya listrik Rp 170,5 juta (estimasi biaya renovasi bangunan apabila bangunan awal bukan ruko, maka akan ada penyesuaian biaya).
  • Peralatan elektronik dan non-elektronik Rp 178 juta.

Dengan rincian diatas, jika ditotal maka investasi dibutuhkan untuk buka gera Indomaret dengan sistem waralaba adalah sebesar Rp 394 juta. Akan tetapi, dana tersebut belum termasuk biaya sewa bangunan. Untuk biaya sewa bangunan, kalian bisa mencari informasi mengenai hal tersebut, karena biasanya setiap wilayah memiliki tarif biaya sewa ruko berbeda-beda.

Persyaratan Buka Indomaret

Persyaratan Buka Indomaret

Sebelum kita berlanjut ke informasi cara buka Indomaret, alangkah baiknya kalian mengetahui lebih dulu syarat buka Indomaeret. Ada beberapa persyaratan buka Indomaret, mulai dari dokumen, dana dan lain sebagainya. Lebih jelasnya simak informasi syaratnya berikut ini.

  • Merupakan warga negara Indonesia (WNI).
  • Menyediakan lokasi toko di area strategis dengan luas ideal 120 sampai 200 meter persegi.
  • Menyiapkan kelengkapan izin usaha minimarket meliputi IMB/IPB ruko, UUG/HO, SIUP, TDP, IUTM/IUTS, STPW, NPWP, PKP dan lainnya.
  • Menyiapkan dana investasi dengan nilai estimasi Rp 394 juta
  • Memiliki jiwa entrepreneur dan fokus pada sistem waralaba Indomaret.

Syarat buka Indomaret diatas tentunya harus dipersiapkan benar-benar sebelum memutuskan untuk mengajukan kerjasama waralaba dengan Indomaret. Untuk menyiapkan persyaratan diatas biasanya membutuhkan waktu cukup lama. Mulai dari mencari lokasi ruko, mengurus perizinan dan lain sebagainya. Mengurus semua persyaratan tersebut tentunya lebih rumit dibandingkan kalian MENJADI AGEN JET EXPRESS atau MENJADI AGEN SICEPAT.

Prosedur Cara Buka Indomaret

Prosedur Cara Buka Indomaret

Setelah mengetahui dan mempersiapkan beberapa persyaratan buka Indomaret diatas, langkah berikutnya adalah mengajukan kerjasama sistem waralaba dengan Indomaret. Perlu diketahui juga bahwa cara buka Indomaret ini harus melewati beberapa tahapan. Daripada penasaran, lebih baik simak langsung prosedur cara buka Indomaret di bawah ini.

Presentasi Pertama

Pertama kalian yang mungkin memiliki usulan lokasi tempat usaha strategis, sebaiknya membawa fotokopi dokumen pendukung seperti:

  • Sertifikat bangunan
  • IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • KK (Kartu Keluarga)
  • Denah lokasi
  • SIUP (Surat Izin Mendirikan Usaha)
  • TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
  • IUTM (Izin Usaha Toko Modern)
  • STPW (Surat Tanda Pendaftaran Waralaba)
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • PKP (Pengusaha Kena Pajak)

Pada presentasi pertama ini juga akan dijelaskan oleh pihak Indomaret secara detail mengenai mekanisme kerjasama, besaran investasi, keuntungan per bulan dan juga sistem operasional Indomaret.

Presentasi Kedua

Kemudian di tahap presentasi kedua, nantinya akan dipaparkan hasil survey kelayakan serta Rencana Anggara Belanja (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi tersebut.

Pembukaan Toko

Setelah semua prosedur cara buka Indomaret telah mendapatkan kesepakatan untuk direalisasikan, maka toko siap dibuka dengan program promosi yang telah ditetapkan oleh pihak Indomaret. Selanjutnya setelah toko buka, akan ditandatangani perjanjian waralaba untuk jangka waktu selama 5 tahun.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai cara buka Indomaret dan syarat franchise serta perhitungan modal rincian berikut keuntungan didapat. Pembahasan diatas dapat menjadi pertimbangan dan informasi bagi kalian yang ingin membuka bisnis sistem waralaba dengan Indomaret. Mungkin hanya ini saja yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar