Home / Bank / 10 Cara Cek ATM BNI Masih Aktif Atau Tidak : Ciri-Ciri & Penyebab

10 Cara Cek ATM BNI Masih Aktif Atau Tidak : Ciri-Ciri & Penyebab

/
/
/

Cara Cek ATM BNI Masih Aktif Atau Tidak – Hampir setiap nasabah bank BNI yang melakukan pembukaan rekening sudah pasti akan difasilitasi dengan kartu ATM. Fasilitas kartu ATM tentunya akan sangat memudahkan mereka untuk melakukan transaksi, seperti transfer, tarik tunai, pembayaran, pembelian dan lainnya. Biasanya selain ATM, pihak bank juga akan menawarkan fasilitas lain seperti Internet Banking, Mobile Banking dan SMS Banking.

Berbicara mengenai kartu ATM BNI, biasanya para pengguna yang memiliki fasilitas lain selain ATM seperti yang kami sebutkan tadi, mereka terkadang lupa menggunakan kartu ATM untuk transaksi. Padahal kartu ATM BNI memiliki masa aktif yang tentunya wajib diketahui, hal ini untuk mengantisipasi jika kartu tersebut masih dapat digunakan nantinya. Perlu diketahui bahwa ATM BNI yang tidak digunakan selama 6 bulan berturut-turut, maka ATM tersebut akan dinonaktifkan (dormant).

Lalu bagaimana cara cek ATM BNI masih aktif atau tidak? Nah di pembahasan kali ini myjourney.id akan membahas secara detail mengenai penyebab, ciri-ciri dan cara cek ATM BNI masih aktif atau tidak. Terkadang bagi kalian yang jarang menggunakan kartu ATM BNI, kalian bisa mencoba untuk melakukan cek apakah kartu tersebut masih aktif atau tidak. Jika sudah tidak aktif dan kalian ingin menggunakannya kembali, kalian bisa mencoba menghubungi Call Center BNI di nomor 1500046.

Cara cek kartu ATM BNI masih aktif atau tidak sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya adalah dengan mencoba bertransaksi di ATM BNI mengunakan kartu ATM BNI tersebut. Selain itu masih ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan. Apabila sudah jelas kartu ATM tersebut tidak aktif (dormant), kalian masih bisa melakukan pengaktifan kembali. Cara aktifkan kartu ATM BNI Dormant juga tidak berbeda dengan CARA MENGAKTIFKAN REKENING BRI DORMANT yang sebelumnya sudah sempat kami bahas. Daripada berlama-lama langsung saja simak pembahasan berikut.

READ  20 Cara Setor Tunai ATM BNI 2021 : Limit & Setor Tunai Terdekat
Cara Cek ATM BNI Masih Aktif Atau Tidak

Penyebab Kartu ATM BNI Dormant

Nah berbicara mengenai penyebab kartu ATM BNI tidak biasanya terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Rekening tidak pernah melakukan transaksi apapun selama 6 bulan berturut-turut.
  • Saldo rekening nol selama 3 bulan, maka rekening akan ditutup secara otomatis oleh
  • sistem.

Mengenai penyebab rekening yang sudah tidak digunakan untuk transaksi selama 6 bulan berturut-turut biasanya karena mungkin pengguna sudah memiliki ATM lain yang kerap dijadikan alat transaksi utama. Hal ini juga yang menjadi penyebab ATM BNI tidak aktif lagi karena sudah jarang digunakan. Selain itu, pengguna juga sudah pasti akan kurang memperhatikan isi saldo dari ATM BNI tersebut, jadi jika selama 3 bulan saldo nol, sistem dari Bank BNI akan langsung melakukan penonaktifan sementara kartu ATM tersebut.

Cara Cek Kartu ATM BNI Masih Aktif atau Tidak

Cara Cek Kartu ATM BNI Masih Aktif atau Tidak

Setelah mengetahui beberapa penyebab diatas, maka berikutnya kami akan memberikan beberapa cara untuk cek kartu ATM tersebut masih aktif atau tidak. Ada beberapa metode yang bisa digunakan, pertama adalah melalui mesin ATM, mendatangi kantor bank BNI setempat atau menghubungi Call Center BNI. Untuk langkah-langkahnya langsung saja simak berikut ini.

1. Cara Cek ATM BNI Aktif atau Tidak di ATM BNI

Cara pertama kalian bisa mencoba melakukan cek langsung di ATM BNI. Coba masukkan ATM BNI tersebut dan gunakan untuk melakukan transaksi. Namun jika kalian mencoba memasukkan kartu ATM dan ATM menolak, maka dapat dipastikan bahwa kartu ATM BNI kalian sudah tidak aktif.

2. Melakukan Transfer

Cara cek kedua adalah mencoba bantuan teman atau saudara untuk mentransfer sejumlah uang ke nomor rekening kalian. Jika transfer gagal dengan notifikasi bahwa rekening tersebut sudah tidak aktif, maka dapat dipastikan rekening kalian dormant (pasif).

READ  10 Cara Bayar Kartu Kredit Mandiri Via ATM Bersama

3. Mendatangi Kantor Cabang BNI

Cara cek selanjutnya adalah dengan mendatangi langsung kantor cabang BNI setempat. Disana kalian bisa meminta bantuan kepada CS BNI untuk mengecek apakah kartu ATM BNI aktif atau tidak. Jika tidak, kalian bisa melakukan aktivasi kembali dengan bantuan CS.

4. Menghubungi Call Center BNI

Cara cek terakhir sebenarnya tidak berbeda dengan cara ketiga diatas, hanya saja proses ini dilakukan melalui sambungan via telepon. Hubungi Call Center BNI di nomor 1500046 dan sampaikan bahwa kalian hendak melakukan cek kartu ATM BNI aktif atau tidak. CS akan senantiasa untuk membantu proses pengecekan dan memberi solusi setiap permasalahan kalian.

Tips Agar Kartu ATM BNI Tetap Aktif

Tips Agar Kartu ATM BNI Tetap Aktif

Kartu ATM merupakan hal penting bagi sebagian nasabah, maka dari itu kalian harus tetap menjaga agar ATM dalam keadaan aktif. Untuk menjaga agar kartu ATM BNI tetap aktif, kalian bisa ikuti beberapa tips di bawah ini:

  • Cek saldo secara berkala
  • Gunakan ATM sebulan sekali minimal
  • Isi saldo melebih batas minimum
  • Jangan kosongkan saldo selama 3 bulan atau 6 bulan berturut-turut

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas, kami dapat menyimpulkan bawah cara cek ATM BNI aktif atau tidak ini bisa dilakukan dengan mudah. Selain itu ketahui juga beberapa ciri atau penyebab mengapa kartu ATM BNI tidak aktif. Adapun untuk cara pengecekan, kalian bisa menggunakan beberapa metode yang kami sampaikan diatas.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai cara cek ATM BNI masih aktif atau tidak. Baiklah, mungkin hanya ini saja informasi yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar