Home / Keuangan / 12 Cara Cek Bansos via Online 2020 Terbaru & Terlengkap

12 Cara Cek Bansos via Online 2020 Terbaru & Terlengkap

/

Cara Cek Bansos – Wabah virus Corona saat ini memang berdampak pada menurunnya ekonomi masyarakat Indonesia saat ini. Pemerintah disini juga tidak tinggal diam, dimana telah memberikan bantuan sosial atau dikenal dengan nama Bansos untuk meringankan beban warganya yang kesulitan dalam hal ekonomi.

Bantuan sosial ini juga meminta kepada para pemerintah daerah untuk memberikan data penerima manfaat Bansos ini secara transparan. Disamping itu pemerintah juga berupaya unutk mencari cara agar bantuan dapat tersalur dengan benar dan tepat sasaran. Nah salah satu caranya adalah dengan mempermudah pengecekan kepesertaan Bansos dengan melalui aplikasi smartphone atau website resmi.

Nah perlu kalian ketahui juga bahwa bantuan sosial yang akan diberikan kepada masyrakat ini sebesar Rp 600 ribu per KK dan akan diberikan selama 3 bulan. Berbicara mengenai pengecekan data kepesertaan Bansos ini, disini kami akan membahas mengenai bagiaman cara cek Bansos via online, yakni dengan melalui aplikasi dan juga website resmi bansos.

Cara tersebut tentu akan dapat dengan mudah dilakukan dengan membaca artikel informasi yang akan kami sampaikan pada pertemuan kali ini. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara cek Bansos via online yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Cek Bansos via Online Terbaru & Terlengkap

Cara Cek Bansos

Cara Cek Bansos via Aplikasi

Cara pertama yang dapat kalian lakukan untuk mengecek kepesertaan Bansos adalah dengan melalui aplikasi. Dimana aplikasi ini dapat kalian unduh secara gratis melalui Plasystore dengan mengetik SIKS-Dataku Kementrian Sosial Republik Indonesia.

Setelah itu tekan tombol instal atau pasang. Dengan kalian menginstal aplikasi ini kalian dapat dengan mudah mengecek status kepesertaan Bansos dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi SKIS-Dataku Kementrian Sosial Republik Indonesia
  • Pilih menu Cek Bansos
  • Pilih ID kepesertaan yang diinginkan
  • Masukkan nomor kepesertaan dari ID yang dipilih
  • Masukkan nama
  • Masukkan captcha
  • Klik cari, dan kemudian keterangan bansos pun akan ditampilkan.

Cara Cek Bansos via Laman Resmi

Untuk cara yang kedua adalah dengan melalui website resmi Bansos yang dapat kalian akses di https://cekbansos.siks.kemsos.go.id/. Melalui website ini juga sangat mudah, kalian dapat mengikuti caranya berikut ini:

  • Pilih ID kepesertaan yang diinginkan
  • Masukkan nomor kepesertaan dari ID yang dipilih
  • Masukkan nama yang sesuai dengan ID yang dipilih
  • Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak captcha
  • Klik cari, sistem akan mencocokan ID dan juga nama yang diinput dan membandingkan antara nama yang diinput dengan nama yang ada di dalam Database.

Nah itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengecek kepesertaan Bansos yang dapat kalian simak diatas. Cara diatas dapat kalian pilih sesuai dengan keinginan dan dikira lebih mudah. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami simak mengenai cara cek Bansos via online, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lainnya mengenai cara daftar listrik gratis yang telah myjourney.id sampaikan di postingan sebelumnya.

This div height required for enabling the sticky sidebar