Home / Bank / 7 Cara Cek BI Checking Via Hp Secara Online Termudah

7 Cara Cek BI Checking Via Hp Secara Online Termudah

/

Cara Cek BI Checking Via Hp – Dalam setiap pengajuan kredit ke sebuah bank baik itu untuk mengajukan KPR, KKB, KTA, ataupun kartu kredit yang umum dan sering dipilih masyarakat ada salah satu syarat yang wajib dan tentunya harus di penuhi agar pengajuan tersebut di setujui oleh pihak Bank. Adapun syarat wajib tersebut bernama “BI Checking”. Secara garis besarnya, BI Checking ini berfungsi untuk penentu kelayakan bagi calon debitur atau yang mengajukan kredit diatas.

Jika di jelaskan secara rinci, BI Checking sendiri merupakan sebuah informasi debitur individual historis yang akan mencatat lancar atau tidaknya pembayaran kredit pada saat tanggal jatuh tempo pembayaran sudah datang di setiap bulannya. atau sering di sebut sebagai (kolektibilitas). Dalam prosesnya, selain membutuhkan waktu yang cukup lama, hasil akhir dari BI Checking sendiri tidak bisa di pastikan lolos semuanya.

Bahkan tidak sedikit orang yang merasa kecewa karena pengajuan kredit yang mereka lontarkan ke bank di tolak hanya karena BI Checking ini. Dan di era digital seperti sekarang ini, ternyata ada kok cara cek BI Checking via hp secara online agar anda dapat memantau proses dan perkembangan dari BI Checking yang sedang anda jalani. Namun sebelum melangkah pada pembahasan bagaimana cara cek BI Checking via hp secara online ini ada beberapa hal yang patut dan perlu untuk anda ketahui terlebih dahulu.

Dalam hal ini termasuk juga cara kerja BI Checking, alur permintaan BI Checking, serta seperti apa BI Checking yang disukai oleh bank itu yang akhirnya akan berdampak pada diterimanya permintaan pengajuan kredit anda oleh bank yang akan anda gunakan. Oleh karena itu bagi anda yang sebelumnya sudah membaca artikel tentang cara cek tagihan kartu kredit BNI atau bank lainnya dan ternyata anda yang belum memilikinya ingin mengajukan bisa menjadikan artikel cara ini sebagai referensinya.

Cara Cek BI Checking Via Hp Secara Online

Cara Cek BI Checking Via Hp
Cara Cek BI Checking Via Hp

Mengenal BI Checking dan Cara Kerja BI Checking

Mengutip dari laman resmi www.bi.go.id, BI Checking atai IDI Historis akan menyimpan semua info tentang debitur, penguru, fasilitas penyediaan dana, agunan, pemilik, penjamin dan tentu saja kolektibilitasnya. Bahkan setiap data yang tersimpan di situs remsi BI tersebut kini sudah bisa di akses oleh lembaga keuangan baik bank ataupun non bank setiap 24 jam sekali asalkan setiap terdaftar tersebut sudah sah menjadi member atau bagian dari anggota Biro Informasi Kredit.

Adanya Sistem Informasi Debitur (SID) ini tentu saja akan memberikan keuntungan bagi setiap anggota biro Informasi Kredit karena mereka dapat melihat setiap data-data penting dari debitur atau pengambil kredit di setiap bilannya ke Bank Indonesia. Tentunya semua data yang di miliki oleh debitur yang sudah dihimpun tersebut akan tersimpan dalam SID untuk di olah dan nantinya apabila anda pengajuan permintaan BI Checkin atau IDI Historis, maka hasil olahan SID tersebutlah yang akan di berikan pada Biro Informasi Kredit tersebut.

Alur Pemintaan BI Checking oleh Lembaga Keuangan

Dalam setiap kali adanya pemintaan BI Checking oleh lembaga keuangan yang ada di Indonesia, tentunya harus melaui beberapa alur yang harus di lewati agar bisa mendapatkan hasil yang mereka inginkan. Untuk itu sebelum melangkah pada topik pembahasan seputar cara cek BI Checking via HP secara online, bagi anda yang ingin mengajukan kredit juga harus mengetahui terlebih dahulu proses atau alur permintaan BI Checking oleh lembaga keuangan yang anda pilih. Adapun alur kerjanya antara lain:

  1. Pertama lembaga keuangan yang anda pilih akan melakukan pemeriksaan dan penyelidikan atas pengajuan kredit yang di minta oleh anda sebagai debitur. Adapun dalam pemeriksaan ini lembaga keuangan akan mengakses SID untuk bisa menelusuri BI CHecking atau IDI Historis calon debitur tersebut.
  2. Kemudian setiap lembaga keuangan akan mendapatkan BI Checking atau IDI Hisstoris yang didalamnya berisikan semua info kredit yang di miliki oleh debitur seabgai bagian dari bahan pertimbangan sebelum dilanjutkan pada proses berikutnya.
  3. Jika lembaga keuangan sudah menerimanya dan mempelajarinya dan dianggap telah memenuhi syarat dan di setujui, maka lembaga keuangan tersebut akan memberikan laporan pada bank Indonesia untuk disimpan di SID.

Itulah beberapa alur permintaan BI Checking oleh lembaga keuangan yang harus anda ketahui. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara cek BI Checking via HP yang menjadi inti dari artikel ini, anda juga harus mengetahui secara spesifik tentang apa-apa saja yang BI Checking yang di sukai oleh Bank yang nantinya berdampak pada di setujuinya pengajuan kredit oleh debitur. Untuk itu berikut adalah beberapa hal yang disukai BI Checking oleh Bank atau lembaga keuangan yang anda pilih.

BI Checking yang Disukai Bank

BI Checking yang Disukai Bank
BI Checking yang Disukai Bank

Seperti apa BI Ckecking yang di sukai oleh Bank itu? tentunya hal ini dilihat dari baik buruknya BI Checking dari seorang calon debitur yang di tentukan dari nilai yang disebut sebagai skor kredit atau skor kolektibilitas. Dalam penentuan skor kredit ini diketahui dari catatan koletibilitas dari calon debitur itu sendiri. Nah umumnya skor kredit sendiri diberikan dan di hitung dari 1 sampai dengan 5 poin. Dan berikut adalah pembagian kategori kredit berdasarkan skornya dalam BI Checking.

  1. Skor 1 : Tentunya kredit lancar yang bisa diartikan bahwa debitur selalu membayarkan kewajibannya untuk melunasi tagihan secara tepat waktu disetiap bulannya tanpa adanya keterlambatan satu kali pun sampai kewajibannya tersebut selesai alias lunas
  2. Skor 2 : Kredit DPK atau kdedit dalam Perhatian Khusus atau dalam bahasa mudahnya debitur tercatat menunggak cicilan kredit 1 sampai dengan 90 hari atau sama dengan 3 bulan
  3. Skor 3 : Kredit tidak lancar yang dimana debitur tercatat menunggak cicilan kredit hingga 91 sampai dengan 120 hari
  4. Skor 4 : Kredit di ragukan, atau dengan kata lain debitur tercatat menunggak cicilan kredit dari 121 hari sampai dengan 180 hari
  5. Skor 5 : Kredit macet, atau artinya sang debitur tercata menunggak cicilan kredit lebih dari 18 hari

Nah itulah kiranya beberapa skor BI Ckecking yang disukai oleh pihak Bank. Jadi sebelum anda memastikan ingin mengajukan kredit pada bank mungkin anda dapat melihat track record anda sebelumnya sebagai gambaran dari poin-poin penting diatas. Dan berikut adalah cara cek BI Checking via Hp secara online yang bisa anda lakukan dengan mudah.

Cara Cek BI Checking Via HP

  1. Pertama silahkan anda siapkan smartphone dengan koneksi internet dan buka aplikasi browser yang anda gunakan
  2. Setelah anda membukanya silahkan buka langsung situs www.ojk.go.id dan tunggu hingga loading selesai
  3. Langkah selanjutnya adalah memilih kolom Perbankan lalu lanjutkan dengan memilih Permintaan IDI Historis
  4. Setelahnya, anda akan mendapatkan halaman baru yang berikiskan Permintaan IDI Historis. Pada halaman ini silahkan anda scroll ke bawah dan cari tulisan “Mengisi Formulir yang Disediakan” lanjutkan dengan mengeklik kata “Formulir”
  5. Jika benar maka anda akan mendapatkan sebuah halaman yang berisikan form dengan judul “Biro Informasi Kredit”
  6. Silahkan isi seluruh form tersebut dengan baik dan benar sesuai data yang ada dan kemudian klik “Kirim Form”
  7. Tunggu hingga hasil yang anda minta muncul dan dikirim lewat email yang anda cantumkan

Nah itulah kiranya informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara cek BI Checking via hp secara online yang dapat kami sampaikan. Jangan lupa untuk menyimak artikel menarik lainnya seputar cara daftar src sampoerna indonesia dan syarat src yang sebelumnya sudah kami sampaikan. Semoga apa yang kami rangkum dan tulis diatas bisa bermanfaat dan berguna untuk anda yang ingin mengetahui cara cek BI Checking via hp secara mudah dan simple.

This div height required for enabling the sticky sidebar