Home / Internet / 13 Cara Cek NISN Siswa & NPSN untuk Daftar SNMPTN 2020

13 Cara Cek NISN Siswa & NPSN untuk Daftar SNMPTN 2020

/

Cara Cek NISN Siswa – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT telah resmi membuka tahapan pendaftaran SNMPTN 2020. Dimana SNMPTN ini adalah jalur seleksi masuk universitas negeri yang dilaksanakan berdasarkan nilai akademik dan prestasi siswa selama menjalankan pendidikan di SMA/SMK sederajat.

LTMPT ini bertugas untuk melakukan pengelolaan dan pengolahan data untuk keperluan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Maka dari itu pendaftaran SNMPTN 2020 harus melalui LTMPT. Berbicara mengenai hal ini, kami akan membahas mengenai bagaimana cara cek NISN siswa untuk daftar SNMPTN.

NISN ini adalah singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional, selain itu juga ada NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional.  Untuk cara pengecekan NISN dan NSPN ini juga cukup mudah, dimana kalian hanya perlu masuk ke halaman resmi kemdikbud.go.id.

Perlu kalian ketahui juga bahwa NISN ini merupakan hal yang cukup penting untuk pendaftaran SNMPTN. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam dan terlengkap mengenai cara cek NISN Siswa dan NPSN yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Cek NISN Siswa & NPSN untuk Daftar SNMPTN

Cara Cek NISN Siswa

Cara Cek NISN Siswa untuk Registrasi LTMPT

Sebagaiman dijelaskan, bahwa pendaftaran SNMPTN harus diawali dengan melakukan registrasi akun pada portal LTMPT. Pendaftaran akun ini dilakukan oleh sekolah-sekolah dan siswa yang akan lulus pada tahun 2020. Proses registrasi dapat dimulai dengan mengakses laman portal.ltmpt.ac.id. Lalu kalian akan menemui informasi seperti berikut:

“Masukkan kombinasi email dan password yang telah terdaftar untuk masuk ke portal LTMPT. Jika belum memiliki akun LTMPT, silahkan melakukan registrasi akun LTMPT. Daftar di sini.”

Proses pendaftaran akun dapat dilakukan dengan klik tautan tulisan Daftar Disini. Kemudian akan tampil 2 pilihan, yakni registrasi akun LTMPT untuk sekolah dan siswa. Untuk pembuatan akun sekolah di portal LTMPT, pendaftar harus memasukkan nomor NPSN dan kode registrasi Dapodik/EMIS.

Sedangkan untuk siswa, proses registrasi akun LTMPT dapat dilakukan dengan memasukkan nomor NISN dan NPSN lengkap dengan tanggal lahir. Untuk mengeceknya kalian dapat simak langkah-langkah berikut ini:

  • Akses laman nisn.data.kemdikbud.go.id
  • Klik menu Data Siswa (kiri layar)
  • Klik menu Pencarian Berdasarkan Nama
  • Isi dengan informasi yang benar pada kolom Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu

Cara Cek NPSN

Sedangkan untuk cek NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional, kalian dapat simak caranya berikut ini:

  • Buka laman referensi.data.kemdikbud.go.id
  • Klik menu Data Master Pendidikan
  • Klik submenu Pendidikan Dasar & Menengah (Kategori Satuan Pendidikan NPSN)
  • Klik nama provinsi
  • Klik nama kabupaten
  • Klik nama kecamatan
  • Data NPSN tercantum pada tabel sesuai nama sekolah
  • Angka NPSN juga bisa diklik untuk mengetahui alamat detail sekolah

Nah itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengecek NISN siswa dan NPSN. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa NISN siswa ini sangat penting untuk pendaftaran SNMPTN.

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara daftar KIP Kuliah yang telah myjourney.id sampaikan di postingan sebelumnya.

This div height required for enabling the sticky sidebar