Home / Internet / 16 Cara Cek SLIK OJK Online 2020 : Manfaat & Kelebihan

16 Cara Cek SLIK OJK Online 2020 : Manfaat & Kelebihan

/

Cara Cek SLIK OJK Online – Apakah kalian pernah mendengar istilah SLIK OJK? Bagi yang mungkin belum mengetahui apa itu SLIK, SLIK adalah singkatan dari Sistem Layanan Informasi Keuangan yang merupakan sebuah sistem yang dibentuk untuk menjadi wadah informasi pembiayaan dan perkreditan antar lembaga di bidang keuangan.

Saat ini SLIK akan mereka semua data yang bermanfaat bagi lembaga keuangan seperti bank atau Lembaga Pengelolaan Informasi Perkreditan dengan informasi debitur yang dihasilkan oleh SLIK, lembaga seperti ini dapat memutuskan apakah calon debitur layak mendapat pinjaman atau tidak.

Kalian sendiri juga dapat mendapat beberapa keuntungan dari SLIK, dimana sistem ini akan memberikan informasi yang akurat mengenai data perkreditan perbankan, baik di masa lalu maupun masa sekarang. informasi yang tersedia biasanya berupa data pokok debitur, plafon kredit, baki debet, kualitas kredit, beban bunga, cicilan pembayaran serta denda pinjaman.

Berbicara mengenai SLIK ini, kami akan membahas mengenai cara cek SLIK OJK online. Selain itu ada beberapa pembahasan penting lainnya yang juga akan kami bahas secara lengkap. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam dan terlengkap mengenai cara cek SLIK OJK online yang dapat kalian simak dibawah ini.

Cara Cek SLIK OJK Online : Manfaat & Kelebihan

Cara Cek SLIK OJK Online

Manfaat SLIK OJK untuk Masyarakat Umum

Perlu kalian ketahui juga bahwa ada beberapa manfaat umum yang dapat diperoleh oleh masyarakat, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk mendapat persetujuan kredit, terutama apabila skor kredit kalian tergolong baik.
  2. Untuk nasabah baru yang tergolong sebagai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) akan mendapat akses yang lebih luas kepada pemberi kredit dengan mengandalkan reputasi keuangan tanpa harus tergantung pada kemampuan untuk menyediakan agunan/jaminan.
  3. Mendorong penerima kredit untuk selalu menjaga reputasinya.

Kelebihan SLIK OJK Online

Tujuan dasar SLIK adalah untuk memperluas SID, jumlah data yang tercatat melalui SLIK juga lebih luas jangkauannya. Jangkauan SLIK sendiri bukan hanya sebatas bank saja melainkan hingga lembaga keuangan non bank sampai ke pengadilan.

Data yang masuk ke SLIK juga lebih detail dan akuran sampai pencatatan data utilitas seperti tagihan listrik dan juga air. Disamping itu SLIK juga lebih mudah diakses secara online karena memiliki situs resmi dan aplikasinya sendiri.

Bagi pelaku usaha mikro, kecil menenga (UMKM), SLIK membuka lebar kesempatan mengakses pinjaman dan lebih mudah dalam memperoleh pinjaman dana segar.

Cara Cek Slik OJK Online (Informasi Debitur)

1. Siapkan Dokumen Pendukung Cek BI Checking Online

Perorangan

  • Fotokopi identitas diri dan menunjukkan identitas asli berupa KTP (untuk WNI)
  • Fotokopi identitas diri dan menunjukkan identitas asli berupa paspot (untuk WNA)
  • Surat kuasa asli serta fotokopi dan asli identitas pemberi kuasa (jika pengajuan informasi dikuasakan)

Badan Usaha

  • NPWP
  • Akta pendirian perusahaan
  • Perubahaan anggaran dasar akhir yang memuat susunan beserta kewenangan pengurus ditambah dengan identitas asli pengurus dan badan usaha (atau fotokopi terlegalisir)
  • Membawa surat kuasa asli, fotokopi dan asli identitas badan usaha, fotokopi dan asli identitas pemberi dan penerima kuasa (jika dikuasakan).

2. Isi Form Antrian BI Checking Online

Kalian dapat membuka situs resmi pendaftaran konsumen.ojk.go.id. Melalui tautan tersebut kalian dapat meminta informasi debitur SLIK dengan cara mengisi antrian online terlebih dahulu.

3. Jam Antrian Online

Layanan antrian online yang dibuka oleh pihak OJK ini dibagi dalam beberapa sesi berikut ini serta memiliki batas kuota:

  • 08:00 – 09:00
  • 09:00 – 10:00
  • 10:00 – 11:00
  • 11:00 – 12:00
  • 13:00 – 14:00
  • 14:00 – 15:00

Permintaan informasi debitur SLIK ini hanya dibuka pada saat hari dan jam kerja saja.

4. Verifikasi Data

Setelah itu kalian akan mendapat persetujuan melalui email. Kalian akan diminta untuk menghubungi nomor WhatsApp OJK-SLIK yang tertera dalam email untuk menyelesaikan tahan verifikasi data. Pahami dengan teliti isi email agar terhindar dari kesalahan dan selesaikan tahap ini sesuai dengan ketentuan yang diberikan.

5. Cek Email

Dan yang terakhir adalah cek email masuk. OJK-SLIK akan mengirimkan informasi debitur SLIK via email. Apabila kalian kebingungan membaca informasi debitur, kalian dapat mencari panduan cara membacanya yang telah disediakan oleh OJK di situs resminya.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara cek BI Checking via HP yang telah myjourney.id sampaikan di postingan sebelumnya.

This div height required for enabling the sticky sidebar