Home / Asuransi / 18 Syarat dan Cara Daftar KIP Kuliah Terbaru 2020

18 Syarat dan Cara Daftar KIP Kuliah Terbaru 2020

/

Cara Daftar KIP Kuliah – KIP adalah singkatan dari Kartu Indonesia Pintar untuk jenjang perguruan tinggi. KIP Kuliah juga merupakan program pemerintah untuk mengurangi beban biaya masyrakat kurang mampu demi agar dapat menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Katu Indonesia Pintar Kuliah juga dapat digunakan bagi siswa yang mendaftar jalur SBMPTN (Seleski Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) serta Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Informasi ini disampaikan dalam sosialisai Kemndikbud kepada media terkait peluncuran KIP Kuliah dan pendaftaran KIP Kuliah untk SBMPTN di Jakarta.

Berbicara mengenai KIP Kuliah, disini kami akan memberikan informasi terkait syarat dan juga cara daftar KIP Kuliah terbaru. Bagi kalian yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dengan biaya yang ringan, kalian dapat melakukan pendaftar KIP Kuliah terlebih dahulu.

Pendaftaran KIP Kuliah ini dimuali dari 26 Februari higga 31 Oktober 2020 mendatang. Untuk syarat daftar dan juga cara daftar dapat kalian simak pada pembahasan kali ini. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai syarat dan cara daftar KIP Kuliah terbaru yang telah kami siapkan berikut ini.

Syarat dan Cara Daftar KIP Kuliah Terbaru

Cara Daftar KIP Kuliah

Apa Itu KIP Kuliah

Sebelumnya memang sudah kita singgung diparagraf pembuka mengenai apa itu KIP Kuliah. Nah disini kami akan bahas lebih tuntas mengenai KIP Kuliah ini. KIP Kuliah sendiri merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMS sederajat yang memiliki potensi akademik yang baik, akan tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Perlu kalian ketahui juga bahwa KIP Kuliah berbeda dengan beasiswa pada umumnya.

Dimana beasiswa biasanya hanya berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana kepada mereka yang berprestasi. Lalu untuk syarat prestasi pada KIP Kuliahj ini ditujuakn untuk menjamin bahwa penerimaan KIP Kuliah terseleksi dari yang benar-benar memiliki potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.

Fasilitas Pembiayaan KIP Kuliah

Lalu apa saja yang ditawarkan di KIP Kuliah itu? KIP Kuliah memberikan fasilitas pembiayaan sebagai berikut:

  • Pendaftaran KIP Kuliah tidak dikenakan biaya.
  • KIP-Kuliah membebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk SBMPTN 2020 serta seleksi lain yang ditetapkan oleh masing-masing panitia dan PT.
  • Penggantian biaya kedatangan pertama untuk pendaftar KIP Kuliah yang ditetapkan sebagai penerima KIP Kuliah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.
  • Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi.
  • Subsidi biaya hidup sebesar Rp 700.000 / bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah.

Syarat Penerima KIP Kuliah

Jika kalian tertarik untuk memperoleh Kartu Indonesia Pintar Kuliah ini kalian dapat memenuhi persyaratan daftar program KIP Kuliah terlebih dahulu. Apa saja persyaratannya, simak dibawah ini:

  • Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya.
  • Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.
  • Memiliki dokumen-dokumen seperti NISN, NIK, NPSN serta alamat email yang valid.
  • Kartu KIP Kuliah tidak bisa didapatkan jika kalian adalah pemilik Kartu Keluarga Sejahtera dan Kartu KIP sebelumnya.

Tata Cara Daftar KIP Kuliah

1. Tata cara pendaftaran KIP Kuliah untuk seluruh jalur masuk (SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, UMPN dan Mandiri) dilakukan secara online melalui laman KIP Kuliah yaitu kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

2. Pendaftaran juga dapat dilakukan secara mobile dengan terlebih dahulu mengunduh dan melakukan instalasi KIP Kuliah mobile apps berbasis android di Play Store.

Tahapan Pendaftara KIP Kuliah

1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di sistem online KIP Kuliah melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps yang dapat diunduh di Play Store.

2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan alamat email aktif.

3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.

4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.

5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih proses seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SNMPN/SBMPN/Mandiri).

6. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi sesuai jalur seleksi yang dipilih pada seleksi nasional atau pada seleksi masuk di perguruan tinggi.

7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Nah itulah beberapa pembahasan mengenai KIP Kuliah mulai dari pengertian, fasilitas, syarat dan juga cara daftar. Jangan lupa juga untuk membaca artikel lain mengenai daftar kartu pra kerja online di postingan sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar