Home / Keuangan / 12 Cara Gadai BPKB Motor di Bank BRI 2021 : Syarat & Biaya

12 Cara Gadai BPKB Motor di Bank BRI 2021 : Syarat & Biaya

/
/
/

Cara Gadai BPKB Motor di Bank BRI – Sekarang telah dimudahkan ketika membutuhkan dana cepat, ada beberapa cara bisa kalian lakukan salah satunya gadai BPKB motor. Ini menjadi solusi paling tepat ketika ingin membutuhkan dana dengan tujuan mengembangkan usaha atau hal penting lain seperti bayar sekolah, renovasi rumah dan lain sebagainya.

Yang menjadi pertanyaan dimana tempat gadai BPKB motor terpercaya, aman dan cepat ? Saat ini ada banyak kok tempat pinjaman dengan agunan BKPB, salah satunya lewat bank BRI. Adapun beberapa ketentuan ketika kalian ingin gadai BPKB Motor, pertama persyaratan dokumen harus lengkap, sehingga proses bisa berjalan lancar dan tentunya dana bisa langsung cair.

Bila berbicara gadai BPKB motor ada beberapa point penting wajib kalian ketahui contohnya saja nilai kendaraan, tahun kendaraan apakah sesuai dengan persyaratan atau tidak. Pasalnya cara gadai BPKB motor di Bank BRI dapat dikatakan mudah, akan tetapi jika baru pertama kali sudah pasti merasakan bingung mulai dari langkah pertama apa yang harus dilakukan dan selanjutnya seperti apa.

Jadi sebelum kalian melakukan pengajuan terlebih dahulu mencari informasi akurat seperti tabel angsuran BRI, suku bung serta tenor cicilan minimal berapa bulan dan maksimal berapa bulan. Ketika sudah mengetahui itu semua maka bisa menentukan apakah sudah yakin ingin gadai atau tidak, jika sudah yakin silahkan hubungi langsung mantri atau petugas yang memang mengurusi pinjaman dengan agunan BPKB kendaraan.

Syarat Gadai Motor Bank BRI

Cara Gadai BPKB Motor di Bank BRI Syarat Biaya

Seperti sudah dijelaskan dari awal pembahasan, apabila pengajuan gadai BPKB motor bisa langsung di proses maka lengkapi terlebih dahulu persyaratannya. Terdapat dua syarat harus dipenuhi berupa syarat dokumen dan syarat motor, untuk mengetahui lebih jelasnya dapat simak langsung sebagai berikut.

Dokumen

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah
  • Memiliki rekening bank BRI (Jika belum bisa membuka rekening BRI)
  • Fotocopy KTP Suami & Istri
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  • NPWP (Jika dibutuhkan)
  • SKU dari kelurahan
  • Meterai Rp 10.000

Motor

  • BPKB asli ber\serta faktur pembelian yang asli
  • STNK pajak hidup ( Jika mati bisa dibantu urus bayar pajak )
  • Minimal tahun pembuatan motor 2011

Cara Gadai BPKB Motor di Bank BRI

Cara Gadai BPKB Motor di Bank BRI

Kemudian lanjut ke pembahasan utama yaitu cara gadai BPKB motor di Bank BRI, namun sebelum itu pastikan semua persyaratan sudah kami sampaikan diatas sudah kalian lengkapi tak terkecuali. Jika sudah semua, berikutnya langsung ke cara gadai BPKB motor telah dipersiapkan sebagai berikut.

READ  12 Tempat Pinjaman Gadai BPKB Motor Terbaik 2021
  1. Hal pertama harus dilakukan tinggal datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat tempat tinggal kalian dan jangan lupa semua persyaratan juga dibawa.
  2. Setiba di kantor BRI terdekat ambil nomor antrian customer Service, karena ini sudah menjadi ketentuan dari pihak kantor bank BRI.
  3. Ketika nomor antrian kalian dipanggil segera menuju ke CS, nantinya akan ditanyakan keperluannya apa. Silahkan informasikan saja hendak gadai BPKB motor.
  4. Setelah itu akan dijelaskan layanan apa saja yang bisa dipilih seperti KUR atau KKB Refinancing. Kami sangat menyarankan agar menggunakan layanan KKB Refinancing dimana khusus pinjaman multiguna dengan jaminan BPKB.
  5. Apabila sudah menentukan layanan, selanjutnya tinggal mengisi formulir yang diberikan oleh petugas.
  6. Silahkan kalian isi semua sesuai dengan data data yang kalian miliki, karena ini bisa menjadi penentu apakah pengajuan diterima atau tidak.
  7. Kemudian juga tentukan nominal plafon dan tenor telah tersedia, pastikan ketika memilih tenor pinjaman kiranya tidak terbebani dengan adanya angsuran tersebut.
  8. Ketika semua proses sudah kalian lakukan dan tidak terjadi kesalahan atau kekurangan apapun, berikutnya dipersilahkan untuk pulang kerumah.
  9. Proses berikutnya tinggal lakukan survey sebagaimana menjadi prosedur dari pihak Bank BRI, untuk memastikan apakah layak atau tidak.
  10. Bila proses survei sudah selesai dimana pihak dari survei menganggap jika kalian memenuhi semuanya, maka tinggal tunggu informasi selanjutnya.
  11. Selanjutnya tinggal tunggu saja, biasanya akan ada pihak bank melakukan konfirmasi jika pengajuan sudah diterima.
  12. Terakhir tinggal datang langsung ke kantor BRI dengan membawa BPKB asli guna lanjut proses pencairan

Biaya Gadai Motor BRI

Lalu berapa biaya yang dikenakan ketika hendak gadai motor di bank BRI ? Perihal pertanyaan seperti tersebut, sudah bukan menjadi hal aneh dan memang patut dipertanyakan.

Sesuai dengan ketentuan dari pihak bank BRI sendiri setiap calon debitur yang mengajukan gadai dengan agunan BPKB motor memang tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. Ini menjadi salah satu keunggulan yang sudah ditawarkan.

Dengan demikian kalian semua tidak perlu mengeluarkan uang apapun, kecuali pembelian materai karena pihak dari bank tidak menyediakan. Sampai disini apakah kalian sudah jelas mengenai biayanya.

Bunga

Tidak harus mengetahui biaya saja, setiap calon debitur juga wajib untuk mengetahui suku bunga yang dikenakan. Terkait besaran bunga akan disesuaikan dengan berapa lama tenor yang dipilih, jika ingin mengetahui lebih jelasnya dapat simak langsung sebagai berikut.

READ  12 Cara Top Up Dana Lewat mBanking Terlengkap 2021
  • Tenor 6 bulan : 2,15 % flat
  • Tenor 12 bulan : 2,5 % flat
  • Tenor 18 bulan : 2,75 % flat
  • Tenor 24 bulan : 3,0 % flat

Masa Tenor

Kemudian berapa lama tenor yang diberikan apabila ingin gadai BPKB motor di bank BRI ? Dikutip dari website resminya, tenor yang diberikan mulai dari 5 bulan sampai 24 bulan.

Masing masing tenor tersedia bisa dipastikan memiliki nominal angsuran berbeda beda serta suku bung berbeda pula. Diatas juga sudah kami sampaikan, jadi silahkan tentukan sesuai dengan kemampuan.

Jumlah Pinjaman

Lantas berapa maksimal jumlah pinjaman yang diberikan ? Tentu banyak yang penasaran bukan dengan plafon yang diberikan. Jika ingin mengetahui lebih jelas dan detailnya akan dijelaskan secara detailnya.

Adapun jumlah pinjaman yang diberikan minimal Rp 3.000.000 dan maksimal pinjaman diberikan sebesar Rp 15.000.000. Dengan diberikan plafon hingga 15 juta rupiah, maka kalian bisa menentukan berapa besar dan bisa juga ambil maksimal jika memang membutuhkan jumlah besar.

Simulasi Angsuran

Pada pembahasan kali ini dilengkapi juga dengan simulasi pinjaman, karena kami sangat yakin masih banyak orang bingung dengan perhitungannya seperti apa dan lebih jelasnya dapat simak langsung sebagai berikut.

Plafon PinjamanTenorAngsuran Per Bulan
Rp 15.000.00024Rp 662.500
Rp 10.000.00012Rp 858.333
Rp 5.000.0006Rp 845.833

Simulasi seperti diatas hanya sebuah gambaran saja, jadi tabel simulasi diatas sekedar gambaran buat kalian semua yang ingin mengetahui besaran angsuran setiap bulannya.

Keunggulan

Terdapat banyak keunggulan ketika gadai BPKB motor di bank BRI, jika penasaran dengan semuanya dapat simak langsung sebagai berikut.

  • Cara pengajuan lebih mudah
  • Persyaratan ringan
  • Proses pencairan 3 sampai 7 hari kerja
  • Tidak dikenakan biaya apapun.
  • Tenor panjang
  • Plafon besar

FAQ

Apakah BPKB motor bisa digadaikan di bank BRI?

Tentu saja bisa, kalian bisa ajukan lewat layanan KUR atau KKB Refinancing.

Gadai BPKB motor minimal tahun berapa?

Sesuai dengan ketentuan dari pihak bank BRI minimal tahun pembuat 2011.

Apa saja syarat gadai BPKB motor?

Silahkan lengkapi saja KTP, KK, BPKB dan STNK motor.

Kesimpulan

Dari pembahasan seperti diatas maka dapat menarik kesimpulan, jika ingin mendapatkan dana cepat maka bisa lakukan saja cara diatas. Namun saran kami pilih layanan KUR, karena suku bung rendah dan plafon juga besar.

Nah seperti itulah tadi pembahasan lengkap mengenai cara gadai BPKB motor di bank BRI disertai dengan syarat, cara pengajuan, suku bunga hingga simulasi pinjaman dapat myjourney.id sampaikan. Semoga dengan adanya informasi seperti diatas dapat membantu semua orang sedang membutuhkannya.

This div height required for enabling the sticky sidebar