Home / Investasi / 5 Cara Investasi Dollar Pemula Yang Menguntungkan

5 Cara Investasi Dollar Pemula Yang Menguntungkan

/

Cara Investasi Dollar Pemula – Apakah kalian pernah terfikir untuk mengambil sejumlah keuntungan dari valuta asing atau investasi mata uang asing? Saat ini bisa dikatakan hampir banyak masyarakat yang berinvestasi mata uang asing (dollar atau valas). Dan selain itu juga menjadi salah satu opsi lain untuk berinvestasi. Berbicara mengenai valuta asing, valuta asing adalah salah satu jenis investasi yang tradisional yang mana mata uang asing yang sangat populer saat ini adalah Dollar Amerika Serikat (USD).

Disamping itu banyak sekali jenis investasi valuta asing, mulai dari investasi tradisional (membeli di bank dengan harga rendah dan kemudian di jual ketika harga tinggi) kemudian investasi di perdagangan kontrak valuta asing atau biasa kita kenal dengan Forex Trading dan juga jenis-jenis investasi valuta asing lainnya. Membahas mengenai investasi valuta asing, disini kami akan menyampaikan beberapa tips dan cara investasi dollar pemula yang aman dan menguntungkan. Jangan lupa juga untuk membaca artikel mengenai Cara Menghitung Diskon dan Rumus Hitung Yang Benar di artikel sebelumnya.

Cara Investasi Dollar Pemula Yang Aman dan Menguntungkan

Cara Investasi Dollar Pemula Yang Menguntungkan
Cara Investasi Dollar Pemula Yang Menguntungkan

Cara investasi dollar pemula memang memiliki langkah-langkah yang cukup mudah. Dimana untuk tips investasi dollar bagi pemula yang pertama adalah dengan belajar terlebih dahulu untuk mengurangi resiko. Karena poin tersebut akan fatal jika kita sampai tidak kontrol. Nah untuk lebih jelasnya sebaiknya langsung saja kita simak ulasan mengenai tips dan cara investasi dollar pemula yang aman dan menguntungkan yang telah kami siapkan dibawah ini.

1. Belajar terlebih dahulu untuk mengurangi resiko ketika berinvestasi

Bagi pemula, cara investasi dollar pemula yang pertama adalah dengan belajar terlebih dahulu mengenai apa yang akan kita tuju dalam berinvestasi. Contohnya valas, Valas sendiri adalah salah satu jenis investasi yang memiliki resiko cukup tinggi. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali variabel yang tidak dapat kita kontrol. Nah untuk itu jika kalian masih pemula, alangkah baiknya sebelum berinvestasi di Valas berinvestasilan pada pendidikan. Belajar terlebih dahulu dengan mereka yang lebih ahli di dibidang ini.

Salah satu ahli investasi di dunia adalah Dr. Alexander Elder yang juga pernah menyarankan dalam buku Trading for a Living: “Berinvestasilah dengan cara yang tepat dan benar, jika anda berinvestasi dengan benar maka keuntungan akan mengikuti anda”.

2. Perhatikan kurs dan biaya-biaya

Cara investasi dollar pemula yang aman dan menguntungkan kedua adalah dengan memperhatiak kurs dan juga biaya-biayanya. Sebelum kalian berinvestasi mata uang asing, kalian perlu mengetahui biaya yang ada ketika kalian melakukan investasi, dimana salah satunya adalah kiurs atau harga jual dan juga harga beli. Banyak sekali mereka yang bingung dalam membedakan antara harga jual dan juga harga beli. Jika kalian pergi ke bank atau money changer, kalian akan menemui daftar harga seperti dibawah ini:

Mata Uang

Harga Jual

Harga Beli

USD Rp 13.265 Rp 13.295

Nah cara membaca tabel diatas adalah dengan cara membaca dari sisi bank atau money changer. Contoh dari harga beli berarti bahwa harga bank membeli US (bank mau membeli USD yang kalian miliki dengan harga Rp 13.265/dollar). Dan sedangkan untuk harga jual berarti bank mau menjual USD dengan harga tersebut (anda dapat membeli USD dengan harga Rp 13295/dollar).

3. Beli ditempat yang resmi dan terpercaya

Beberapa waktu belakangan ini ada banyak sekali kasus penipuan atau pemalsuan mata uang asing (valas). Jika anda merupakan pemula dalam hal investasi, alangkah baiknya jika kalian tetap berhati-hati.  Kalian juga harus belajar dalam membedakan uang asli dan juga uang palsu, dimana salah satunya dengan cara membeli di tempat yang terpercaya dan terjamin seperti di bank atau money changer yang memiliki sertifikat.

4. Ketahui aturan main

Cara investasi dollar pemula yang keempat adalah dengan cara mengetahui atauran main dalam berinvestasi. Kalian perlu tahu bahwa bank tidak akan mau menerima atau mengurangi nilai jika dollar milik kalian dalam keadaan tertekuk, kusut, warna memudar atau bahkan sobek. Mata uang asing yang cacat fisik nilainya akan berkurang, nah dengan ini anda harus ekstra hati-hati dalam menyimpan mata uang asing tersebut seperti dengan menyimpannya di bank atau safe deposit box.

5. Tentukan waktu kapan harus membeli dan kapan harus menjual

Dan cara investasi dollar pemula yang terakhir adalah dengan memahami benar-benar waktu yang tepat untuk membeli dan juga menjual mata uang asing yang anda miliki. Cara tersebut dapat kalian pelajari dengan cara memahami berita ekonomi terkini karena harga valuta asing sangat tergantung pada kondisi ekonomi makro Indonesia dan negara-negara bersangkutan.

Nah itulah beberapa tips langkah dan cara investasi dollar pemula yang aman dan menguntungkan. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai artikel cara investasi dollar pemula yang aman dan menguntungkan. Semoga artikel yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan membantu bagi anda semua yang termasuk pemula. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

This div height required for enabling the sticky sidebar