Home / Investasi / 7 Cara Investasi Reksadana yang Mudah dan Menguntungkan

7 Cara Investasi Reksadana yang Mudah dan Menguntungkan

/

Cara Investasi Reksadana – Memulai sebuah investasi akan lebih baik di kerjakan di kala anda masih mampu, jangan pernah menunggu hari tua untuk memulai investasi. Alasan utama kenapa kita harus mulai investasi di masa muda yakni agar di hari tua nanti kita sudha dapat menikmatinya. Namun terkadang bagi kita yang ingin memulai untuk berinvestasi pada sebuah perusahaan terkadang hal yang memberatkan kita adalah modal awal yang harus kita peroleh. Melihat peluang tersebut kini sudah ada produk keuangan yang cukup populer yakni Reksadana.

Yang dimana Reksadana sendiri merupakan pengelola keuangan atau kumpulan dana yang di kelola untuk membeli sebuah saham, obligasi, atau bahkan instrumen keuangan lainnya. Yang membuatnya kini menjadi produk keuangan yang cukup populer ialah besaran modal investasi utama yang tidak perlu membutuhkan dana besar sama seperti ketika kita ingin investasi emas di pegadaian. Selain itu kemudahan yang ditawarkan ketika kita ingin mulai berinvestasi juga sudah akan di urus oleh orang yang sudah profesional dalam bidang ini.

Oleh karena itu cara invesatsi Reksadana ini adalah salah satu moel investasi yang mungkin cukup baik untuk kita jalani ketika kita ingin menghabiskan masa tua nanti dengan tenang karena di masa muda kita sudah menyisihkan sebagian harta yang kita miliki ke dalam bentuk investasi. Jika anda berencana memulai investasi di Reksadana dan mendengar bahwa itu adalah sebuah investasi yang mahal ternyata anggapan itu salah besar. Dimana berdasarkan data dari Bareska, karena sekitar 187 produk Reksadana saham yang ada sekitar 43 produk yang minimal pembeliannya di mulai dari Rp 50.000 sampai Rp 100.000.

Dan ketika anda menggunakan cara investasi Reksadana yang satu ini, anda pun akan mendapatkan keuntungan yang besar karena return atau keuntungan ang di hasilkan reksadana juga tidak tergantung dari besar atau kecilnya nilai pembelian awal investor, melainkan besaran tersebut tergangung dari pengelola atau manajer invesasi didalam mengelola reksadana tersebut. Namun ada beberapa faktor yang lebih mempengaruhi seperti saham apa saja yang akan di pilih manajer untuk memutar uang yang kita miliki.

Cara Investasi Reksadana yang Mudah dan Menguntungkan

Cara Investasi Reksadana Terbaik
Cara Investasi Reksadana Terbaik

Meningkatnya produk Reksadana sebagai salah satu investasi saham untuk masa tua yang begitu pesat membuat perusahaan yang satu ini kini bisa dibilang menjadi salah satu perushaan keuangan yang cukup besar di tanah air. Jadi tidak heran apabila cara investasi Reksadana yang satu ini banyak di gandrungi atau banyak di pilih orang di masa muda mereka. Dari penjelasan diatas tentu saja anda bertanya-tanya sebenarnya seperti apa saja cara yang harus kita lakukan agar kita mendapatkan keuntungan besar dari invesatasi reksadana ini bukan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan anda simak penjelasannya berikut ini.

1. Tentukan Tujuan Investasi Reksadana

Salah satu hal yang perlu anda perhatikan ketika anda ingin mengetahui cara investasi reksadana yang benar ialah harus menentukan terlebih dahulu tujuan anda investasi reksadana. Dimana tujuan yang mungkin bisa anda ambil ketika ingin terjun dalam investasi reksadana ini adalah apakah investasi yang akan kita jalankan untuk masa tua nanti atau sekedar untuk keperluan penambah penghasilan waktu dekat. Dengan anda sudha menentukan tujuan investasi, maka otomatis itu akan berpengaruh pada jangka waktu investasi dan juga jenis reksadana yang akan anda dapatkan nantinya.

2. Mengenal Jenis-Jenis Reksadana

Mengenal Jenis-Jenis Reksadana
Mengenal Jenis-Jenis Reksadana

Setelah menentukan untuk apa tujuan anda berinvestasi di reksadana, maka cara investasi reksadana yang juga tidak kalah pentingnya adalah memahami dan mengenal jenis-jenis investasi reksadana tersebut. Karena secara garis besar di ketahui apabila Reksadana sendiri memiliki beberapa jenis produk yang bisa anda pilih seperti reksadana pasar uang, terproteksi, campuran, saham, index, syariah, penyertaan terbatas, investasi dollar, dan juga pendapatan tetap. Dan berikut adalah penjelasan secara rinci tentang jenis-jenis investasi reksadana.

  • Reksadana Saham

Reksadana Saham merupakan sebuah investasi yang menempatkan sekitar 80% dari minimal dana yang kita miliki. Dengan investasi sebsar itu, maka jika di hitung-hitung anda akan mendapatkan keuntungan paling besar dari jenis reksadana yagn lain. Hanya saja resiko yang harus anda tanggung pun cukuplah besar karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dengan investasi yang sudah kita tanam sebelumnya.

  • Reksadana Campuran

Jenis Reksadana yang selanjutnya adalah reksadana campuran. Yang dimana seitap manager yang sudha kita percayai akan mengalokasikan dananya di berbagai instrumen keuangan mulai dari obligasi, deposito, dan juga saham. Dan seperti diatas kami sampaikan dengan anda menanam saham di reksadana saham tentu saja resiko yang akan anda tanggung juga cukup besar. Akan tetapi hasil return-nya bisa di katakan akan lebih tinggi daripada jenis reksadana pendapatan tetap.

  • Reksadana Terproteksi

Jenis lain dari investasi reksadana adalah Reksadana Terproteksi. Jenis invesatasi yang satu ini nantinya akan menempatkan sebagian dana yang kita berikan kedalam instrumen obliogasi yang dpaat memberikan perlindungan atas nilai invesatsi pada saat jatuh tempo. Sesuai namanya jenis reksadana yang satu ini memiliki perlindungan hingga 100% pada nilai pokok invesatsi ketika di cairkan sesuai dengan jangan waktu yang sudah di tentukan oleh manager kita sebelumnya.

  • Reksadana Pendapatan Tetap

Sementara seperti diatas kami sampaikan ada satu jenis reksadana yang benama Reksadana Tetap. Yang dimana jenis invesatsi ini akan menempatkan atau mengalokasikan sebagian besar dana dengan minimal 80% ke obligasi. Dengan besarnya modal awal yang kita tanam tentu saja return atau keuntungan yang akan kita dapatkan akan lebih tinggi dari pada reksadana pasar uang. Bahkan jika di ambil rata-ratanya, keuntungan yang bisa kita peroleh akan mencapai 10% per tahunnya.

  • Reksadana Pasar Uang

Bagi anda yang ingin menempatkan uang anda dengan aman pada investasi ini ada loh cara investasi reksadana yang paling aman di bandingkan dengan jenis yang lain, yakni jenis investasi reksadana pasar uang. Dimana modal awal yang kita tanam akan seluruhnya di tempatkan pada deposito dengan SBI (Sertifikat Bank Indonesia) dan juga sebagian lainnya akan di tanam pada obligasi. Dengan resiko yang tidak terlalu besar, membuat jenis reksadana yang satu ini hanya berpotensi mendapatkan return atau keuntungan hanya sedikit di atas deposito awal.

3. Tentukan Jangka Waktu Investasi

Tentukan Jangka Waktu Investasi
Tentukan Jangka Waktu Investasi

Didalam cara investasi reksadana yang baik dan benar serta menguntungkan bagi setiap orang bahkan pemula sekalipun tentu saja anda harus memiliki rencana yang bagus, dan salah satu rencana yang menurut kami cukup penting ialah menentukan jangka waktu investasi yang akan kita pilih dari setiap jenis-jenis invesatsi reksadana yang sudah kami sampaikan diatas. Dan untuk pemilihannya sendiri reksadana sudah menyiapkan jangka waktu mulai dari kurang dari 1 tahun, 1-3 tahun, 3-5 tahun, dan ada juga invesatsi yang lebih dari 5 tahun.

Untuk anda yang ingin mencoba invesatasi reksadana kurang dari 1 tahun maka sebaiknya pilihlah jenis investasi reksadana pasar uang, sedangkan untuk pilihan 1-3 tahn anda lebih baik memilih reksadana pendapatan tetap, sementara untuk jangka waktu 3-5 tahun sebagikanya gunakan reksadana campuran. Dan bagi anda yang ingin memilih reksadana diatas 5 tahun akan lebih baik untuk menginvestasikan modal anda ke jenis reksadana saham yang dimana keuntungan yang akan anda peroleh jauh lebih besar.

4. Langkah-Langkah Investasi Reksadana

Dalam cara invesatsi reksadana yang baik dan juga menguntungkan beberapa hal yang sudah kami sampaikan diatas sangatlah berpengaruh terhadap apa yang akan kita dapatkan nantinya. Maka dari itu pilihlah jenis reksadana yang sesuai dengan kebutuhan anda seperti mana yang sudah kami jelaskan pada poin diatas tentang jenis-jenis invesatsi reksadana. Selain memilih jenis-jenisnya, pastikan juga akan memilih jenis reksadana sesuai dengan budget atau modal awal yang anda miliki.

5. Pastikan Reksadana Sudah Memiliki Izin

Pastikan Reksadana Sudah Memiliki Izin
Pastikan Reksadana Sudah Memiliki Izin

Salah satu hal yang juga perlu diperhatikan ketika anda ingin menginvestasikan dana anda di reksadana adalah memastikan reksadana yang akan anda gunakan telah memilki izin yang sah. Hal ini perlu di wasapadai karena untuk sekarang ini sudah ada banyak sekali agen reksadana di masayrakat yang berkembang dengan jumlah permintaan yang besar terhadap jenis investasi reksadana yang ada. Maka ada besar kemungkinan bahwa manager investasi tersebut tidak memiliki izin yang resmi.

Dengan tidak adanya izin yang sah maka keuangan anda bisa saja hilang sekejap dan tidak akan bisa di pertanggung jawabkan. Karena jika anda benar-benar berinvesatasi pada reksadana yang sah keamanan dana anda merupakan keutamaan karena memang Reksadana sendiri merupakan jenis invesatsi legal yang ada di Indonesia dengan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Maka sekali lagi ketika anda ingin menggunakan jasa investasi reksadana anda harus berhati-hati dalam memilih manager.

6. Baca Prospektus Reksadana

Ketika anda sudah meulai menanamkan investasi pada produk keuangan Reksadana, pastikan anda tidak melewatkan sedikitpun info yang dikeluarkan oleh pihak reksdana. Jangan pernah berfikir bahwa prospektus membosankan atau dapat melwatkannya begitu saja, karena ketika anda tidak memperhatikan setiap informasi yang ada anda akan kebihalangan sebuah info penting yang mungkin itu adalah terdapat pada bagian jenis reksadana yang anda pilih atau gunakan.

7. Pilih Reksadana Secara Bijaksana

Setelah anda mengetahui secara rinci jenis-jenis reksadana dan juga memahami beberapa hal yang perlu anda ketahui langkah terakir cara investasi reksadana agar menguntungkan adalah memilih resadana secara bijaksana dengan menganalisa sejarah dari performa reksadana tersebut. Bagi anda seorang investor tentu saja tidak akan sebegitu mudahnya memepercayakan uang yang anda miliki kepada manager investasi yang selalu mengamaki krisis atua penurunan dalam harga NAB/UB bukan? maka dari itu menganalisa dan memilih secara bijaksana menjadi bagian terakhir ketika anda ingin menginvestasikan sebagian dana anda.

Sebenarnya cara investasi reksadana diatsa tidak jauh berbeda dengan investasi tanah ataupun investasi syariah yang sebelumnya sudah pernah kami bagikan. Hanya saja beberapa metode dan juga syarat serta keuntungan yang akan anda peroleh jauh berbeda. Maka dari itu saran kami ketika anda ingin menginvestasikan modal anda pada reksadana anda harus memperhatikan benar-benar beberapa hal penting yang sudah kami bagikan diatas. Nah kiranya ini dulu informasi yang dapat kami sampaikan seputar cara investasi reksadana yang baik dan menguntungkan bagi pemula semoga bisa bermanfaat.

This div height required for enabling the sticky sidebar