Home / Investasi / 13 Cara Investasi Saham di Bank BRI 2021 : Manfaat & Resiko

13 Cara Investasi Saham di Bank BRI 2021 : Manfaat & Resiko

/

Cara Investasi Saham di Bank BRI – Berinvestasi adalah salah satu hal yang cukup penting dalam kehidupan. Selain itu saham juga menjadi salah satu elemen investasi yang banyak diminati oleh masyarakat.

Membahas mengenai saham, ada banyak sekali saham yang dijual di pasar modal. Saham tersebut mulai dari saham bank BRI, BCA, BNI, Mandiri, Unilever dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk dapat melakukan pembelian saham, kalian tentu harus melakukan pembukaan rekening efek di BRI Sekuritas atau rekening sekuritas lainnya, seperti BNI SEKURITAS, IPOTGO/Indo Premier atau lainnya.

Kemudian membahas mengenai harga saham BRI, BRI memiliki harga saham yang bisa dikatakan cukup murah jika dibandingkan dengan saham BCA. Maka dari itu, BRI bisa menjadi awal untuk melakukan investasi saham untuk pemula.

Cara Investasi Saham di Bank BRI

Cara investasi saham BRI di bank BRI ini memiliki beberapa langkah. Seperti mulai dari pembukaan rekening efek sekuritas di bank BRI. Seperti apa tutorialnya, langsung saja simak berikut ini.

Manfaat Investasi Saham

Ketiika kalian telah memutuskan untuk berinvestasi saham, maka kalian harus benar-benar konsisten. Karena hal ini tentu akan sangat memiliki efek besar di masa depan.

Manfaat yang dapat diambil dari berinvestasi saham adalah capital gain atau margin atas harga beli dan harga jual serta pembagian dividen dari perusahaan tersebut.

Untuk keuntungan yang didapat dari capital gain ini bisa lebih besar dibandingkan dengan instrumen investasi lain seperti deposito ataupun INVESTASI EMAS. Sebagai contoh, jika investor membli saham di harga Rp 100 per lembar, lalu harganya naik menjadi Rp 120 per lembar dalam 2 hari.

Nah apabila kalian menjual di harga tersebut, maka keuntungan yang akan didapat adalah sebesar 20%. Karena itulah, ada beberapa yang memposisikan dirinya menjadi seorang trader yang melakukan aktivitas jual beli saham setiap hari dan mencari capital gain secara harian.

Adapula investor yang berburu keuntungan dalam jangka panjang. Artinya transaksi yang dilakukan adalah untuk jangka panjang atau tahunan. Disamping mengandalkan keuntungan dari capital gain, mereka juga akan mengandalkan keuntungan dari pembagian dividen.

Manfaat lainnya adalah dengan bertambahnya pengetahuan baru mengenai investasi saham. Hal ini dikarenakan setiap investor pemula tentu akan melakukan analisis, baik terhadapa fundamental perusahaan, kondisi perekonomian sampai tren pergerakan harga saham.

Resiko Investasi Saham

Adapun untuk resikonya, biasanya investor akan menemui capital loss atau turunnya harga dari posisi ketika saham tersebut di beli. Karena bersifat fluktuatif, tak jarang kerugian yang ditanggung oleh investor saham menjadi sangat besar.

Selain capital loss, resiko lainnya adalah jika perusahaan merugi dan tidak bisa membagikan divide kepada investor. Hal ini besar kemungkinan terjadi karena kondisi perekonomian atau rendahnya kinerja perusahaan tersebut.

Prosedur Investasi Saham di Bank BRI

Prosedur Investasi Saham di Bank BRI

Nah sampai di pembahasan utama mengenai cara investasi saham di bank BRI, ada beberapa langkah yang harus kalian ketahui. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak informasinya berikut.

1. Buka Rekening Efek

Langkah pertama adalah dengan membuka rekening efek di bank BRI. Rekening ini bertujuan untuk tempat pembagian dividen. Pembukaan rekening efek di bank BRI ini juga cukup mudah, kalian hanya perlu menyiapkan fotokopi KTP.

Setelah itu isi formulir pembukaan rekening efek, dan kemudian tentukan deposit awal. Selain mendaftar melalui kantor cabang, kalian juga dapat membuka rekening secara online.

2. Tentukan Nominal Dana

Kedua adalah dengan menentukan nominal dana yang ingin disisikan untuk menabung saham di bak BRI. Pertimbangkan dengan matang untuk nominal yang akan ditabung di saham BRI.

3. Tentukan Saham

Kemudian tentukan jenis saham, karena disini kami membahas saham BRI, maka sudah dipastikan bahwa saham yang akan dibeli adalah BRI. Cari informasi lebih lanjut mengenai kelebihan, kekurangan serta waktu pembagian dividen saham BRI ini.

4. Rutin Menabung Setiap Bulan

Apabila sudah memiliki rekening efek di bank BRI, kalian sudah dapat menabung secara rutin di setiap bulannya. Hal ini agar nantinya keuntungan didapat menjadi lebih maksimal.

5. Mulai Membeli Saham

Setalah semua langkah diatas sudah dilewati, maka selanjutnya kalian dapat melakukan pembelian saham di rekening efek BRI milik kalian. Pembelian dapat dilakukan secara online maupun offline.

Cara Beli Saham Bank BRI (BBRI)

Cara Beli Saham BBRI

Di bawah ini dapat dilihat beberapa cara untuk melakukan pembelian saham BRI secara online. Lebih jelasnya simak berikut ini.

  • Pertama buat akun saham ke kantor sekuritas BRI.
  • Jika sudah, kalian dapat instal software trading online.
  • Lalu Login ke akun saham kalian.
  • Masukan kode saham BRI (BBRI) di kolom simbol.
  • Pilih saham BBRI.
  • Kemudian Klik BUY dan selesai.

Perlu kalian ketahui bahwa pembelian saham BBRI ini minimal 1 lot. Dimana 1 lot tersebut sama dengan 100 lembar saham. Kemudian setiap melakukan transaksi pembelian maupun penjualan, kalian juga akan dikenakan biaya admin.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai cara investasi saham di bak BRI yang dapat kalian simak diatas. Mungkin hanya ini saja yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar