Home / Investasi / 7 Cara Investasi Saham Untuk Pemula dari Pakar Investasi

7 Cara Investasi Saham Untuk Pemula dari Pakar Investasi

/

Cara Investasi Saham Untuk Pemula – Saham? pastinya semua orang sudah pernah mendengar kata yang satu ini, karena memang saat ini Saham bukan lagi menjadi rahasia umum dan sudah banyak masyrakat yang menjadikannya sebagai salah satu investasi yang cukup berharga. Saham sendiri merupakan sebuah surat berharga yang bisa di jadikan sebagai tanda kepemilikan seseorang atau badan terhadap suatu perusahaan.

Selain bisa mendatangkan keuntungan, dengan kita menanam saham pada suatu perusahaan, maka setidaknya kita juga menjadi pemilik peruhsaan tersebut. Bukan saja hanya bisa kita terapkan pada sebuah perusahaan, saham sendiri bisa kita alihkan pada beberapa jenis barang yang memiliki nilai jual tinggi, seperti halnya investasi saham emas ataupun yang lainnya. Selain itu tentu saja ada banyak sekali jenis saham yang ada di Indonesia.

Hanya saja masih banyak orang yang mungkin tidak mengerti bagaimana cara investasi saham yang baik dan benar agar bisa menguntungkan. Sebenarnya ada begitu banyak cara yang bisa diterapkan apabila memang anda ingin mulai berinvestasi saham. Namun tentunya ada langkah khusus bagi anda yang masih pemula untuk bisa mengerti lebih jelas dan lebih lanjut mengenai investasi saham.

Oleh karena itu sesuai judul diatas yakni cara investasi saham bagi pemula, pada kesempatan kali ini akan kita bagikan beberapa tips dan cara berinvestasi saham yang baik dan benar agar bisa mendantangkan hasil yang menguntungkan. Jadi silahkan simak informasinya berikut ini.

Cara Investasi Saham Untuk Pemula

Cara Investasi Saham
Cara Investasi Saham

1. Mempersiapkan Dana Untuk Saldo Awal

Langkah pertama saat anda ingin mengenal lebih jauh tentang investasi saham adalah mempersiapkan dana untuk saldo awal. Cara investasi saham yang satu ini menjadi pintu untuk melangkah pada jenjang yang lebih baik kedepannya. Namun jangan khawatir karena saat ini modal untuk melakukan investasi saham lebih sedikit di bandingkan dengan dahulu. Hal tersebut tentu saja tidak terlepas dari peraturan pemerintah tentang harga jual beli saham dengan minimal per-lot adalah 100 lembar.

2. Memilih Aplikasi Online Trading

Cara investasi saham yang berikutnya adalah dengan memilih aplikasi trading online yang terpat. Dengan meningkatanya era digital yang ada saat ini, memang tidak bisa dipungkiri bahwa pertumbuhan investasi saham pun semakin besar. Karena saat ini sudah banyak sekali broker yang menawarkan fasilitas online trading super lengkap. Jadi bagi anda yang sudah akrab dengan internet dan komputer, maka cara investasi saham bagi pemula secara online sangatlah tepat. Dan bagi anda yang pemula kami sarankan untuk menggunakan aplikasi trading oneline yang stabil serta koneksi yang lancar.

3. Memilih Broker Yang Tepat

Broker adalah salah satu unsur keberhasilan bagi calon investor saham. Yang mana dalam cara investasi saham untuk pemula ini Broker bisa dibilang menjadi mitra usaha bagi anda yang akan dapat menunjukan masa saja saham yang akan menguntungkan kedepannya. Jika memang anda memiliki modal besar, maka investasi saham tanah adalah yang paling menarik. Untuk saat ini, bisa dibilang bursa efek Indonesia sudah memiliki setidaknya 115 pialang saham atau broker yang mempunyai nama besar.

4. Memperdalam Pengetahuan Seputar Investasi dan Trading

Jika saat ini anda sudah membuat keputusan bulat untuk mulai berinvestasi saham, maka kami sarankan agar anda lebih bisa memperdalam pengetahuan seputara investasi dan juga trading. Karena untuk saat ini kedua hal tersebut menjadi salah satu hal yang wajib dan perlu di pertimbangkan. Dengan hal tersebut, maka setidaknya anda akan lebih bisa mengerti akan pergerakan pasar saham dan juga cerdas dalam melihat fluktuasi dana arah pasar.

5. Mendaftar Ke Broker Saham

Seperti diatas sudah kami sampaikan, di Indonesia setidaknya ada cukup banyak sekali broker yang bisa anda jadkan sebagai tempat untuk memulai investasi saham kalian. Akan tetapi akan lebih baik apabila anda sudah mengerti seluk-beluk mengenai broker tersebut. Dan jika sudah cocok, segeralah anda mendaftar ke broker saham sebagai cara investasi saham untuk pemula dengan cara via telepon atau email ke broker yang sudah anda percaya.

6. Meraup Keuntungan Dengan Analisa Teknikal

Apabila anda sudah yakin akan terjun ke industri investasi saham, sebaiknya anda lakukan hal yang cukup bermanfaat dalam investasi saham anda. Salah satunya adalah dengan meraup keuntungan dengan analisa teknikal. Metode ini lebih mengedepankan pemahaman tentang pergerakan saham berdasarkan trend, harga saham terdahulu untuk memprediksi pergerakan sebelumnya dan juga pola.

7. Pantau Pergerakan Ekonomi Dunia Dan Dalam Negeri

Cara investasi saham untuk pemula yang terakhir adalah melihat atau memantau pergerakan ekonomi dunia agar kita bisa memantau pergerakan nilai investasi saham kedepannya apakan akan berada pada kondis yang norma, depresi, atau boom. Nilai investasi saham sendiri memang akan selalu mengikuti pergerakan ekonomi dunia. Jadi sudah seharusnya anda yang ingin memulau bisnis baru yaitu investasi saham untuk memantau pergerakan pasar ekonomi dunia.

Setidaknya dengan menyimak informasi tentang cara investasi saham bagi pemula diatas anda akan bisa menemukan cara yang cocok dan tepat agar anda bisa menjadi investor saham yang cukup baik. Dari semua cara diatas tentu saja merupakan pelajaran basic atau dasar bagi semua orang yang ingin terjun dalam dunia investasi saham. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat.

This div height required for enabling the sticky sidebar