Home / Asuransi / 7 Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet dan Trik Agar Untung

7 Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet dan Trik Agar Untung

/

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet – Ketika kalian memutuskan untuk menjadi salah satu nasabah dari perusahaan asuransi kenamaan yang ada di Indonesia, khususnya untuk mobil, baik itu asuransi mobil All Risk atau juga asuransi mobil Total Lost Only (TLO) yang mana semuanya disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Walaupun demikian, masih banyak dari beberapa pengalaman setiap orang yang mengatakan bahwa cara klaim asuransi mobil lecet cukup sulit. Sebagai nasabah salah satu penyedia jasa asuransi, anda pastinya sudah tahu betul mengenai prosedur agar proses klaim asuransi mobil lecet bisa didapat.

Selain itu kalian juga dapat mempelajari informasi lain mengenai cara cek saldo asuransi car dan juga cara pencairan asuransi AIA. Terlebih lagi jika ada suatu kejadian yang tidak diinginkan pada mobil anda seperti kecelakaan yang mana mengakibatkan kendaraan rusak dan lecet. Mobil yang telah anda asuransikan tentunya ingin mendapat jaminan dari pihak asuransi dengan cara klaim asuransi mobil lecet bukan? Nah, bagi anda yang masih belum tahu akan hal tersebut lebih baik langsung saja kita simak cara klaim asuransi mobil lecet dan trik agar untuk yang telah kami siapkan dibawah ini.

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet dan Trik Agar Untung

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet dan Trik Agar Untung
Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet dan Trik Agar Untung

1. Melapor ke Pihak Asuransi

Cara klaim asuransi mobil lecet yang pertama adalah dengan melapor ke pihak asuransi terkait. Langkah ini yang sangat menentukan, dimana pihak asuransi biasanya menetapkan batas maksimal pelaporan atas musibah kecelakaan yang terjadi yakni dengan batas maksimal 3×24 jam setelah kejadian. perlu diperhatikan, jangan sampai klaim anda ditolak hanya karena anda melapor jauh dari ketentuan yang telah ditetapkan.

2.  Memberikan atau Melampirkan Bukti Foto

Cara yang kedua adalah dengan melampirkan bukti foto bagian mobil yang rusak. Foto ini nantinya akan menjadi bukti saat klaim asuransi mobil lecet nantinya. Dan selain itu kalian juga wajib memberikan informasi yang jelas, jujur dan detail mengenai kronologi yang membuat mobil anda rusak hingga perlu untuk diperbaiki. Yang terpenting jangan bohong, karena jika bohong dan ketahuan maka klaim yang anda ajukan akan langsung ditolak.

Anda juga bukan hanya melapor kepada pihak asuransi saja, lapor juga kepada pihak berwajib, terlebihjika kondisi mobil tersebut rusak akibat kecelakaan lalu lintas. Campur tangan dari pihak berwajib juga akan membuat pihak asuransi yakin atas kejadian tersebut.

3. Mengisi Form untuk Pengajuan Klaim

Cara klaim asuransi mobil lecet yang ketiga adalah dengan cara mengisi form pengajuan klaim. Nantinya anda akan diberikan form aplikasi dari pihak asuransi untuk diisi dan sekaligus menjelaskan apa yang anda laporkan. Usahakan untuk mengisi form tersebut dengan lengkap, jangan sampai salah. Jika sudah lengkap, form tersebut nantinya akan dijadikan acuan untuk lampiran proses pembiayaan. Disamping itu ketika melakukan pertimbangan, pihak asuransi pasti akan mengikutsertakan form untuk dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan.

4. Memberikan Informasi dan Kronologi Kejadian dengan Jelas

Langkah selanjutnya adalah dengan memberikan keterangan yang jelas atas kronologi kejadian yang anda alami dengan sejelas-jelasnya. Lalu hindari memberikan penjelasan yang dianggap tidak masuk akal atau jawaban yang ragu-ragu, karena akan dibaca dengan jelas oleh lawan bicara. Maka dari itu jawablah setiap pertanyaan dengan rasa percaya diri dan mantap.

5. Berikan Dokumen yang Lengkap

Ketika mengajukan klaim asuransi mobil lecet, pihak asuransi juga akan meminta anda untuk menyiapkan dokumen penting sebagai syarat. Perhatikan dalam langkah yang satu ini karena jika ada kesalahan maka klaim yang kita ajukan akan sulit untuk di acc oleh pihak asuransi. Dimana dokumen yang harus kalian lengkapi adalah sebagai berikut.

  • Formulir klaim
  • Salinan Polis Asuransi
  • Fotocopy SIM
  • Fotocopy STNK
  • Surat Keterangan Polisi (jika mobil mengalami kecelakaan)

6. Menggunakan Jasa Bengkel Rekanan

Nah cara klaim asuransi mobil lecet agar tidak rugi yang terakhir adalah dengan menggunakan jasa bengkel rekanan. Setelah kalian melakukan pelaporan, biasanya anda ingin segera membawa mobil anda ke bengkel. Namun sebaiknya sabar, biasanya jika kalian telah selesai melapor, pihak asuransi akan mensurvai klaim yang anda ajukan.

Hal ini bertujuan untuk membuktikan kebenaran serta melihat kondisi mobil anda yang rusak. Kemudian pihak asuransi akan mengeluarkan surat perintah kerja (SPK) sebagai surat pengantar untuk melakukan perbaikan di bengkel. Proses ini hanya dapat dilakukan dengan cara membawa mobil anda ke bengkel yang telah bekerja sama dengan pihak asuransi.

Nah itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan ketika hendak mengklaim asuransi mobil yang rusak. Cara diatas cukup mudah namun harus benar-benar diperhatikan di setiap poin-poinnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel mengenai Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet dan Trik Agar Untung, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

This div height required for enabling the sticky sidebar