Home / Contoh Surat / 12 Syarat dan Cara Melamar Pekerjaan via Email 2020

12 Syarat dan Cara Melamar Pekerjaan via Email 2020

/

Cara Melamar Pekerjaan via Email – Era digital saat ini memang sangat membantu kita dalam segala hal dengan melalui bantuan internet. Perkembangan ini tentu sangat memudahkan kita untuk mencari pekerjaan di Internet dengan cepat dan mudah.

Memiliki pekerjaan tentu dambaan bagi setiap orang, terlebih jika orang tersebut sudah lama tidak mendapatkan pekerjaan. Nah dengan adanya internet ini sekarang kita dapat dengan mudah mencari lowongan pekerjaan melalui smartphone atau PC.

Setelah kalian menemukan lowongan pekerjaan yang dirasa cocok dengan basic kalian, hal selanjutnya yang dapat kalian lakukan adalah dengan mempersiapkan surat lamaran serta syarat-syarat dokumen yang diperlukan. Nah disini kami akan memberikan tutorial cara melamar pekerjaan via email.

Cara yang satu ini sebenarnya cukup mudah dan yang pasti kalian harus memiliki sebuah email terlebih dahulu. Untuk persyaratan biasanya tidak berbeda. Nah untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan cara melamar pekerjaan via email yang telah kami siapkan berikut ini.

Syarat dan Cara Melamar Pekerjaan via Email Terbaru

Cara Melamar Pekerjaan Via Email

Syarat Melamar Pekerjaan via Email

Syarat berkas atau dokumen memang harus selalu kita siapkan terlebih dahulu karena hal ini adalah yang paling penting. Untuk melamar pekerjaan via email juga membutuhkan syarat-syarat, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • KTP
  • Pas foto 4×6
  • Ijasah
  • Surat SKCK
  • CV atau biasa disebut Data riwayat hidup
  • Paklaring (Pengalaman kerja jika ada)
  • Nomor HP

Nah untuk syarat diatas dapat kalian scan terlebih dahulu menjadi lembar yang terpisah. Kemudian untuk KTP dan foto dapat kalain rapihkan atau di crop sesuai dengan ukuran agar terlihat rapih. Jika sudah, kompres file tersebut agar ukuran dan kapasitasnya tidak terlalu besar.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan via Email

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan via Email 1

 

Cara Mengirim Lamaran via Email

Setelah kalian menyiapkan beberapa persyaratan diatas, langkah selanjutnya adalah dengan mengirimkan lamaran tersebut melalui email. Untuk tutorialnya langsung saja kita simak dibawah ini.

1. Langkah pertama adalah dengan membukan aplikasi email melalui smartphone atau komputer/PC dirumah kalian.

Kirim Lamaran Kerja via Email

2. Selanjutnya kalian dapat mengisi form email dan menulis format email surat lamaran kerja diatas. Isikan sesuai dengan biodata kalian dengan lengkap.

Kirim Lamaran Kerja via Email 2

3. Setelah semua selesai dan dirasa sudah lengkap, kalian dapat klik kirim email. Pastikan juga bahwa email sudah terkirim dengan benar. Cek juga pada kota Pesan Tekirim, jika sudah muncul Pesan Terkirim maka email kalian sudah benar-benar terkirim dengan baik.

4. Tunggu balasan email dari perusahaan tersebut dan jangan lupa berdoa agar lamaran diterima oleh perusahaan tersebut.

Nah itulah beberapa langkah mengirim lamaran via email serta persyaratan apa saja yang harus dipersiapkan ketika melamar pekerjaan via email. Selain itu kami juga memberikan contoh surat lamaran pekerjaan yang dapat kalian simak diatas. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara mengurus surat keterangan belum menikah di postingan sebelumnya. Hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaa dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar