Home / Keuangan / 7 Cara Melunasi Hutang Online Agar Cepat Selesai 2019

7 Cara Melunasi Hutang Online Agar Cepat Selesai 2019

/

Cara Melunasi Hutang Online – Pinjaman online memang membawa angin segar bagi perseorangan atau pelaku bisnis yang membutuhkan sokongan dana cepat. Proses dalam pencairan dana yang cepat menjadi hal yang diinginkan oleh banyak orang. Namun kadang kala jika kita salah memilih pinjaman online maka justru bunga yang harus dibayar malah terus membengkak dan merugikan.

Oleh karena itu sebelum melakukan pinjaman anda haruslah melakukan kesepakatan ditandai dengan surat hutang piutang. Jadi apabila salah satu pihak menaikkan bunga maka anda dapat menuntut agar sesuai dengan kesepatakan awal. Namun dalam beberapa kasus pinjaman online justru tidak ada surat perjanjian sehingga konsumen merasa dirugikan karena harus membayar bunga tinggi.

Bahkan dalam beberapa kasus, jumlah bunga pinjaman online tidak masuk akal alias jauh lebih besar dibandingkan Bank sekalipun. Selain itu kerugian lain yang harus ditanggung adalah data pribadi yang wajib diserahkan pada saat pengajuan. Dengan data pribadi yang diberikan memang sangat beresiko karena kadang beberapa pihak pinjaman online justru malah memberikan ancaman secara langsung atau via telepon.

Tentunya hal ini berlawanan, dimana pada saat pengajuan konsumen diperlakukan dengan baik. Tak jarang ada yang malah sampai di tagih ke rumah dengan cara paksa yang kadang memalukan dilihat tetangga. Penting hal nya untuk lepas dari jeratan pinjaman online, karena bunga akan terus bertambah selama anda belum melunasinya.

Cara Melunasi Hutang Online

Cara Melunasi Hutang Online
Cara Melunasi Hutang Online

Ada beberapa cara melunasi hutang online yang bisa anda coba agar tidak berlarut larut terjerat. Sebenarnya cara melunasi hutang online ini harus dilakukan secara pribadi agar dapat lepas dari bunga utang. Jika anda sudah terlanjur terjerat maka kami akan memberikan beberapa kiat atau cara melunasi hutang online dibawah ini

1. Segera Kumpulkan Dana

Langkah pertama yang wajib anda lakukan adalah mengumpulkan dana untuk melunasi hutang anda. Utamakan melunasi utang terlebih dahulu dibandingkan dengan mengurusi kesenangan hidup anda. Ingat semakin lama maka bunga yang harus dibayar semakin besar, jadi segera kumpulkan uang untuk pelunasan.

2. Tunjukkan Itikad Baik

Jangan sekali kali berpikiran untuk kabur karena masalahnya akan semakin runyam. Silahkan tunjukkan itikad baik walau anda belum bisa melunasi hutang. Jangan kabur dan pertanggung jawabkan hutang kepada pihak pinjaman online. Anda dapat secara langsung meminta perpanjangan waktu agar bunga bisa dihentikan sampai tempo berikutnya.

3. Tidak Menambah Utang Baru

Langkah penting lain nya adalah jangan sembarangan menambah hutang baru. Karena dengan menambah hutang baru maka anda akan semakin terjerat kedalam lembah hutang yang tidak ada akhirnya. Istilahnya gali lubang tutup lubang dimana masih ada utang yang akan menyulitkan di kemudian hari.

4. Prioritaskan Pokok Kredit Terbesar

Anda dapat membuat daftar prioritas sendiri, mana poko krdit maupun bunga dengan jumlah terbesar. Usahakan lunasi terlebih dahulu beban pokok kredit terbesar agar kedepan nya anda lebih ringan. Dengan menyelesaikan bunga terbesar maka anda akan terbebas hari hutang yang terus menggunung.

Cara Melunasi Hutang Online Cepat Selesai
Cara Melunasi Hutang Online Cepat Selesai

5. Gunakan Pinjaman Dengan Bunga Lunak

Jika terpaksa anda harus berhutang maka lebih selektif memilih jasa pinjaman. Usahakan pilih lembaga resmi seperti Bank atau koperasi yang memiliki bunga rendah. Untuk waktu pelunasan nya juga jangan lebih dari 1 tahun.

6. Gunakan pinjaman Tanpa Bunga

Anda juga dapat mencari pinjaman yang tidak memiliki bunga sehingga tak ada beban. Memang mencari pinjaman tanpa bunga lebih sulit, namun siapa tau anda dapat meminta bantuan teman, saudara, keluarga maupun orang lain nya.

7. Jual Aset Atau Barang Berharga Anda

Jika semua cara sudah dicoba namun masih saja belum lunas maka silahkan jual aset berharga yang anda miliki. Dengan menjual barang berharga yang anda miliki secara otomatis anda dapat melunasi hutang online walau harus berkorban.

Abila hutang online anda sudah lunas maka segera tutup akun pinjaman online yang ada pada smartphone anda. Jangan sampai anda terjebak lagi kedalam pinjaman online dengan bungan yang tidak jelas dan merugikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar