Home / Bank / 20 Cara Membuat ATM BJB Terbaru 2020: Syarat & Biaya

20 Cara Membuat ATM BJB Terbaru 2020: Syarat & Biaya

/

Cara Membuat ATM BJB – Pembukaan setiap rekening tabungan bank BJB, nasabah tentunya akan mendapatkan fasilitas kartu ATM/Debit. Kartu ATM tersebut nantinya dapat kalian gunakan untuk kemudahan transaksi perbankan melalui mesin ATM.

Dengan kartu ATM aktivitas transfer, tarik tunai, pembayaran tagihan dan pembelian tentunya akan lebih mudah. Berbicara mengenai rekening tabungan BJB, perlu kalian ketahui juga bahwa tidak setiap rekening tabungan diberikan fasilitas kartu ATM.

Dari 7 jenis tabungan BJB, hanya ada 6 tabungan saja yang memberikan fasilitas kartu ATM. Untuk memperoleh kartu ATM tersebut, kalian hanya perlu membuka rekening tabungan BJB dengan mempersiapkan beberapa dokumen sebagai persyaratan yang bisa dikatakan cukup ringan, yakni KTP dan NPWP serta uang setoran awal.

Uang setoran awal juga tak berbeda ketika kalian MEMBUAT ATM MANDIRI atau ATM BRI, BNI dan lainnya, yakni minimal Rp 50.000. Buat kalian yang belum mengetahui cara membuat ATM BJB, kalian dapat simak informasi lengkap mengenai syarat dan biaya pembuatan ATM BJB berikut ini.

Cara Membuat ATM BJB Terbaru: Syarat & Biaya

Cara Membuat ATM BJB

Jenis ATM BJB

Seperti sudah kita singgung diatas bahwa untuk memiliki kartu ATM, kalian harus membuka rekening tabungan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kartu ATM merupakan fasilitas yang diberikan kepada nasabah pemilik buku tabungan BJB. Ada beberapa rekening tabungan BJB yang memberikan fasilitas kartu ATM, diantaranya adalah sebagai berikut:

Jenis ATM BJB

1. Tandamata

Tabungan BJB Tandamata ini adalah salah satu tabungan BJB yang dapat dimiliki oleh kalangan umum. Setoran awal pembukaan rekening Tandamata ini hanya Rp 50.000 dengan biaya administrasi Rp 6.000 per bulan.

2. Tandamata Berjangka

Kemudian ada Tandamata Berjangka. Tabungan ini bisa dikatakan sebagai tabungan investasi. Bagi kalian yang mungkin memiliki rencana masa depan, kalian dapat membuka rekening tabungan yang satu ini. Selain mendapatkan fasilitas kartu ATM, kalian juga nantinya dapat memperoleh beragam fitur menarik lainnya.

3. Tandamata Gold

Selanjutnya ada tabungan Tandamata Gold. Tabungan ini merupakan tabungan istimewa yang diperuntukkan bagi nasabah perorangan untuk kemudahan transaksi dengan tingkat suku bunga menarik dan dilengkapi juga dengan perlindungan asuransi gratis dengan nominal saldo tertentu.

4. Tandamata My First

Tandamata My First adalah tabungan perorangan dalam mata uang rupiah sebagai tabungan edukasi untuk anak dan bertujuan melatih anak belajar dan membudayakan menabung.

5. Tandamata Purnabakti

Tandamata Purnabakati merupakan tabungan yang diperuntukkan bagi nasabah pensiunan. Tabungan ini juga dipergunakan sebagai media penerimaan untuk pembayaran pensiunan dan mendapatkan fasilitas berupa kartu ATM. BJB Tandamata Purnabakti diperuntukkan bagi pensiunan kelolaan PT TASPEN dan PT ASABRI.

6. Tandamata Bisnis

Dan jenis rekening tabungan BJB yang mendapatkan fasilitas kartu ATM adalah Tandamata Bisnis. Tabungan ini merupakan tabungan perorangan dengan beragam fitur serta fasilitas yang ditujukan untuk kemudahan setiap transaksi bisnis dan juga optimalisasi dana kalian.

Syarat Membuat ATM BJB

Syarat Buat ATM BJB

Adapun untuk persyaratan pembukaan rekening atau pembuatan ATM ini berbeda di setiap jenis tabungannya. Lebih jelasnya simak persyaratan pembukaan rekening BJB berikut ini.

Syarat Buat ATM/Rekening Tandamata

  • Mengisi Formulir Pembukaan Rekening
  • Nasabah Perorangan dan Non Perorangan
  • Warga Negara Indonesia melampirkan Kartu Tanda Penduduk/KTP
  • Warga Negara Asing melampirkan kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS)/Kartu Ijin Tetap (KITAP)/ Kartu Ijin Sesuai dengan Ketentuan Imigrasi
  • Khusus perusahaan, wajib melampirkan Kartu Tanda Penduduk/KTP Pejabat yang berwenang dan SIUP, NPWP, Akte Pendirian Perusahaan dan Perubahannya yang terakhir

Syarat Buat ATM/Rekening Tandamata Berjangka

  • Nasabah perorangan
  • Kartu identitas : Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Memiliki rekening utama sebagai sumber dana (Tabungan / Giro bank bjb)
  • Jenis Tabungan yang dapat digunakan : Tandamata, Tandamata Gold, Bisnis, Simpeda, bjb TandaMata my First, Tabunganku, dan Giro

Syarat Buat ATM/Rekening Tandamata Gold

  • Mengisi Formulir Pembukaan Rekening
  • Warga Negara Indonesia melampirkan Kartu Tanda Penduduk/ KTP.
  • Warga Negara Asing melampirkan Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS)/ Kartu Ijin Tetap (KITAP) / Kartu Ijin Sesuai dengan Ketentuan Imigrasi.

Syarat Buat ATM/Rekening Tandamata My First

  • Mengisi Formulir Pembukaan Rekening
  • Usia Maksimal Saat Pembukaan Rekening 17 tahun
  • Melampirkan Kartu Identitas berupa fotocopy akta kelahiran calon Nasabah anak atau KK calon Nasabah yang masih berlaku ( dengan memperlihatkan yang asli)
  • Melampirkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) Orang Tua/Wali, yang masih berlaku dan memperlihatkan yang aslinya, khusus WNA menyerahkan fotocopy identitas, Paspor yang disertai Kartu Ijin Tinggal

Syarat Buat ATM/Rekening Tandamata Purnabakti

  • Mengisi Formulir Pembukaan Rekening
  • Nasabah Perorangan
  • Warga Negara Indonesia melampirkan Kartu Tanda Penduduk / KTP.
  • Warga Negara Asing melampirkan Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS)/ Kartu Ijin Tetap (KITAP) / Kartu Ijin Sesuai dengan Ketentuan Imigrasi.
  • NPWP (optional)
  • SK Pensiunan/ Kartu Keanggotaan Pensiun/ Surat Permohonan Pembayaran Pensiun Melalui Rekening (SP3R)/Formulir Permohonan Pembayaran Pensiun.

Syarat Buat ATM/Rekening Tandamata Bisnis

  • Mengisi Formulir Pembukaan Rekening
  • Diperuntukan bagi Nasabah perorangan dan non perseorangan
  • Warga Negara Indonesia melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Warga Negara Asing melampirkan Paspor, Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS) / Kartu Ijin Tinggal Tetap (KITAP) / Sesuai dengan Ketentuan Imigrasi
  • Melampirkan Fotocopy NPWP (optional)

Cara Membuat ATM BJB Terlengkap

Setelah mengetahui persyaratan pembukaan rekening diatas, selanjutnya kalian dapat mengetahui beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat ATM BJB. Ada 2 cara, yakni via online di situs resmi eform.bankbjb.co.id dan juga melalui kantor cabang BJB terdekat.

Cara Buat ATM Online

Cara Buat ATM BJB Online

1. Pertama buka situs eform.bankbjb.co.id terlebih dahulu. Kemudian pilih menu Simpanan.

2. Nantinya akan muncul 3 pilihan, seperti Giro Perorangan, Giro Non Perorangan dan BJB Tandamata. Nah disini kalian dapat pilih BJB Tandamata dan klik DAFTAR REKENING.

3. Lalu akan muncul informasi persyaratan dan ketentuan, disini kalian dapat klik Proses dan setujui persyaratan nasabah. Ceklist dan klik Setujui.

4. Lalu selanjutnya isi formulir pengajuan pembukaan rekening dengan benar dan lengkap. Setelah itu klik Preview.

5. Akan muncul preview data pemohon yang kalian isi, jika sudah benar kalian dapat memasukkan kode Captcha dan klik Submit.

6. Kalian akan mendapatkan nomor registrasi yang nantinya harus di bawa ke kantor cabang BJB dengan membawa dokumen seperti KTP, NPWP paling lambat 5 hari kerja setelah bukti tersebut diterbitkan.

Cara Buat ATM Offline

Cara Buat ATM BJB Offline

1. Pertama kalian dapat menyiapkan persyaratan terlebih dahulu dan kemudian datang ke kantor cabang BJB setempat.

2. Temui petugas atau CS BJB dan sampaikan bahwa kalian ingin membuat ATM/rekening BJB.

3. Petugas biasanya akan memberikan informasi detail mengenai rekening BJB, mulai dari persyaratan, limit dan juga informasi detail lainnya.

4. Jika kalian sudah paham, kalian nantinya akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan pembukaan rekening. Isi formulir dengan lengkap dan benar.

5. Setelah itu serahkan kepada petugas beserta dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Petugas akan melakukan cek, jika sudah sesuai petugas juga akan meminta uang sebesar Rp 50.000 untuk setoran awal pembukaan rekening.

6. Sampai disini kalian dapat menunggu proses pembukaan rekening kurang lebih 10-20 menit.

7. Petugas akan memberikan buku tabungan dan juga fasilitas kartu ATM kepada kalian.

FAQ

Berapa biaya pembuatan ATM BJB?

Tidak dipungut biaya, kalian hanya perlu memberika uang sebesar Rp 50.000 sebagai setoran awal pembukaan rekening.

Berapakah saldo minimal ATM BJB?

Saldo minimal ATM BJB Rp 25.000-Rp 500.000 tergantung jenis tabungan yang dipilih.

Apakah pembuatan ATM BJB membutuhkan NPWP?

NPWP hanya bersifat optional atau tidak terlalu wajib dibutuhkan ketika melakukan pembukaan rekening BJB.

Berapa biaya administrasi per bulan ATM BJB?

Biaya administrasi per bulan berbeda-beda di setiap jenis tabungannya, kalian dapat melihat di website resmi bank BJB.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai cara membuat ATM BJB yang dapat kalian simak diatas. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar