Home / Keuangan / 10 Cara Membuat Bisnis Plan Sederhana Agar Sukses

10 Cara Membuat Bisnis Plan Sederhana Agar Sukses

/

Cara Membuat Bisnis Plan Sederhana – Menjadi seorang pebisnis memerlukan banyak hal yang harus kita pahami. Maka dari itu ketika kita ingin terjun menjadi seorang pebisnis kita juga perlu setidaknya rencana bisnis yang akan kita kerjakan. Dan tentunya rencana yang harus kita siapkan juga harus benar-benar matang dengan mempertimbangkan beberapa hal.

Rencana bisnis atau juga bisa disebut business plan merupakan langkah awal yang biasanya akan memberikan dampak yang positif terhadap apa yang akan kita kerjakan nanti dalam suatu bisnis. Lalu apa sih sebenarnya business plan dan bagaimana cara membuat bisnis plan yang baik dan benar?

Nah sebelum kita masuk dalam inti pembahasan mengenai bagaimana cara membuat bisnis plan yang baik dan benar, maka kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu business plan. Business plan atau bisnis plan adalah sebuah dokumen tertulis ang di siapkan oleh wirausaha yang akan menggambarkan semua unsur yang relvan baik internal ataupun eksternal terkait perusahaan yang akan kita bangun.

Tujuan utama di bangunnya bisnis plan adalah sebagai jembatan untuk menentukan ide yang akan kita jadikan kenyataan, seta setidaknya akan memberikan sebuah gambaran yang jelas dari apa yang akan kita lakukan sebagai seorang wirausaha. Selain itu business plan ini juga bisa menjadi sarana untuk menarik calon investor yang bisa kita ajak untuk memberikan dana. Dan berikut adalan bagaimana cara membuat bisnis plan yang baik dan benar.

Cara Membuat Bisnis Plan Sederhana Agar Sukses dan Untung

Cara Membuat Bisnis Plan
Cara Membuat Bisnis Plan

Sebelum kita membuat bisnis plan, kita sebagai calon wirausaha juga harus menyiapkan beberapa persyarakat, yang dimana salah satu persyarakat cara membuat bisnis plan yang paling sederhana adalah 5W 1H yaitu:

  • Produk Apa Yang Ingin Kita Buat
  • Mengapa Produk Itu Harus Kita Buat
  • Siapa Pasar Atau Pembelinya
  • Kapan Produk Itu Harus Di Buat
  • Dimana Produk Itu Harus Kita Buat
  • Dan Bagaimana Membuat Produk Tersebut

Setelah 5W 1H diatas sudah kita miliki tentu saja kita sebagai pelaku bisnis juga akan lebih mudah dalam pelaksanannya, lalu bagaimana sih cara membuat business plan sederhana yang baik dan benar, silahkan anda simak informasinya berikut ini.

1. Ringkasan Eksekutif

Salah satu cara membuat bisnis plan yang baik adalah dengan memperhatikan ringasan eksekutif (executive summary). Yang dimana pada poin pertama ini kita akan bisa menceritakan jenis bisnis apa yang ingin kita jalankan. Isi dari ringasan eksekutif antara lain deskripsi ringkas dari bisnis kita, inovasi dari bisnis kita dan yang terakhir adalah kapan bisnis kita akan diluncurkan. Usahakan untuk membuat semenarik mungkin karena bagian ini merupakan bagian dimana setiap orang akan membacanya.

2. Bab Pendahuluan

Langkah selanjutnya yang harus kita kerjakan adalah membuat bab pendahuluan. Yang dimana pada langkah ini biasanya seorang calon wirausaha harus memberikan sebuah gambara tentang bisnis yang akan di garap. Bab pendahuluan juga merupakan sebuah proposal rancangan usaha yang harus ada. Untuk itu perlu di perhatikan bahwa pada bagian ini, kita perlu menjelaskan secara detail mengenai latar belakang, visi, misi, serta sasaran dari bisnis yang akan kita jalankan.

3. Latar Belakang

Kemudian cara membuat bisnis plan yang selanjutnya adalah kita merancang latar belakang dari bisnis yang akan kita buat. Dimana pada langkah ini nantinya akan terlihat poin-poin penting mengenai bisnis yang akan kita buat seperti halnya,

  • Sejarah berdirinya perusahaan
  • Pihak yang akan terlibat dan bertanggung jawab dalam bisnis kita
  • Kondisi keuangan (sekarang atau proyeksi kedepan)
  • Rencana pengembangan
  • Produk atau jasa yang dihasilkan
  • Penjelasan tentang usaha yang akan di jalankan
  • Penjelasan produk meliputi
    1. Produk yang akan dijual
    2. Manfaat produk
    3. Gambaran saingan bisnis
    4. Keunggulan produk
  • Lokasi bisnis yang akan kita jalankan
    1. Jenis lokasi, sewa atau bangunan milik sendiri
    2. Penjelasan tentang luas tanah
    3. Keunggulan lokasi tanah
Tips Membuat Bisnis Plan Sederhana
Tips Membuat Bisnis Plan Sederhana

4. Analisa Pemasaran Dan Distribusi

Dalam bab selanjutnya untuk cara membuat bisnis plan adalah, anda hars menjelaskan secara terperinci tentang siapa yang akan menjadi konsumen dari produ, barang, atau jasa yang kita buat dengan selengkap-lengkapnya. Dan dalam bab ini beberapa hal yang perlu di tulis atau di perhatikan antara lain,

  • Analisa Pemasaran
  • Profil konsumen
  • Tingkat persaingan bisnis
  • Karakteristik konsumen atau calon pembeli
  • Market share yang ada saat ini
  • Analisa kuantitatif dan kualitatif (bisa berbentuk bagan)
  • Potensi pasar serta prospek pertumbuhannya
  • Strategi produk, harga serta pelayanan
    1. Membuat kesan dan image produk
    2. Penampilan produk
    3. Strategi harga produk
    4. Strategi penjualan
    5. Promosi dan periklanan
  • Penentuan target pasar meliputi
    1. Kebutuhan pasar
    2. Pesaing
    3. Bagaimana mengatur strategi pemasaran

5. Analisis Tenaga Kerja

Kemudian jangan lupa juga anda harus memasukan analisis tenaga kerja dalam cara membuat bisnis plan untuk perusahaan anda. Dimana beberpa hal penting yang harus di masukan dalam analsisi tenaga kerja antara lain adalah kompetensi dan keahlian, jumlah yang dibutuhkan. Karena dalam hal ini kita sebagai calon wrausaha tidak boleh meremehkan untuk mendetailkan kebutuhan tenaga kerja pada bisnis kita. Perlu di ingat juga bahwa pengalokasian sumber daya manusia yang tepat merupakan salah satu penentu berhasil tidaknya bisnya yang akan kita kerjakan.

6. Analisa Produk

Lalu cara membuat bisnis plan yang selanjutnya adalah anda harus menganalisa produk atau product analysis. Yang dimana lewat analisa produk ini anda akan menjabarkan secara terperinci dari produk yang akan anda publikasikan. Dan apabila anda memiliki produk lebih dari satu, maka kalian tidak perlu ragu untuk menjabarkannya satu persatu. Dan hal-hal berikut adalah yang paling penting untuk anda jabarkan,

  • Definisi produk
  • Perbandingan (keunggulan pesaing dan kelemahan pesaing)
  • Beberapa pertimbangan (bahan baku, serta tahap produksi)

7. Analisa Manajemen

Struktur manajemen juga harus menjadi isi dari bisnis plan yang harus kita buat. Pasalnya dalam hal ini kita sebagai calon wirausaha harus benar-benar memiliki struktur organisasi yang matang agar tidak salah kaprah. Adapun didalam cara membuat bisnis plan bab ini juga harus detail sedetailnya meliputi

  • Detail jumlah karyawan dan keahlihannya
  • Sistem penggajian dan tunjangan
  • Penjelasan kekuatan dan kelemahan manajemen
Langkah Membuat Bisnis Plan untuk Mahasiswa
Langkah Membuat Bisnis Plan untuk Mahasiswa

8. Analisa Keuangan Dan Pengembalian Modal

Bab lain yang juga tidak kalah pentingnya adalah pembuatan analisa keuangan (finacial analysis) yang dimana pada bagian ini anda harus menuliskan bagaimana kondisi keuangan perusahaan anda yang ada saat ini ataupun proyeksi masa depan keuangan dimasa depan mulai dari,

  • Perkiraan pendapatan
  • Modal yang dimiliki
  • Berapa besar dana yang dibutuhkan
  • Berapa biaya operasional harian, bulanan sampai tahunan

9. Analisis Risiko Bisnis

Kemudian yang namanya bisnis pasti ada saja resiko yang akan kita tanggung, termasuk juga bisnis yang akan kita tanggung, dalam hal ini tentu saja akan ada beberapa resiko bisnis yang mungkin muncul baik secara kita duga ataupun tidak sama sekali. Beberpa resiko tersebut antara lain, resiko operasional, resiko keuangan, resiko saat produksi, serta yang lainnya.

10. Eksekusi Bisnis

Dan langkah terakhir dalam cara membuat bisnis plan adalah Eksekusi Bisnis. Pada bab terakhir ini, semua aktivitas akan kita gambarkan mulai dari bagaimana stategi pemasaran yang akan kita gunakan serta cara menjual produk dan bagaimana kita harus mengelola bisnis itu sendiri. Sederhananya adalah apa cara yang akan kita tawarkan agar ide kami bisa diuangkan secara cepat dan tepat.

Dan itulah kiranya cara membuat bisnis plan yang harus kita kerjakan dan kita rancang agar semua yang kita targetkan bisa sesuai dengan apa yang kita harapkan. Jangan lupa simak juga informasi mengenai cara membuat faktur pajak keluaran yang sebelumnya sudah kita bahas bersama. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

This div height required for enabling the sticky sidebar