Home / Usaha / 7 Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil 2020

7 Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil 2020

/

Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil – Usaha mungkin dambaan bagi sebagian orang yang memang gemar di dunia bisnis. Entah itu berdagang, bertani, atau berternak. Dimana dengan menekuni dunia usaha, kita akan lebih mudah dalam mengontrol keuangan, baik pemasukan maupun pengeluaran.

Hal ini aga kita lebih waspada dan siap dalam menghadapi jatuh bangun dunia usaha. Berbicara mengenai keuangan dalam bidang usaha, kita mungkin harus wajib memahami mengenai cara membuat pembukuan keuangan usaha kecil atau usaha sederhana lainnya. Diman pembukuan ini adalah salah satu yang paling penting dalam dunia bisnis.

Jika kita memiliki buku keuangan, kita harus wajib disiplin waktu, disiplin manajemen keuangan dan lainnya yang nantinya dapat berimbas positif dengan usaha yang sedang kita lakoni. Disamping itu juga, buku keuangan ini merupakan catatan dimana semua pemasukan dan pengeluaran serta laba/rugi terlihat dengan jelas.

Ada beberapa langkah yang akan kami sampaikan mengenai bagaimana cara membuat pembukuang keuangan usaha kecil paling mudah. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara membuat pembukuan keuangan usaha kecil paling mudah yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil Paling Mudah

Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil

Buat Buku Catatan Pengeluaran

Langkah pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan membuat buku catatan pengeluaran secara terpisah. Setiap pengeluaran mulai dari biaya operasional, pembelian, hingga gaji karyawan dapat dikelompokan dalam satu tabel dan dicatat dengan jelas.

Dengan ini kalian akan mengetahui berapa jumlah modal usaha yang sudah kalian keluarkan. Kemudian kalian juga dapat mengetahui berapa jumlah modal yang dikeluarkan, yang juga akan memudahkan kalian menetapkan target dan strategi untuk mengembalikan modal yang telah kalian keluarkan.

Buat Buku Catatan Pemasukan

Langkah kedua adalah dengan membuat buku catatan pemasukan. Buku ini juga harus terpisah, jangan digabung dengan catatan pengeluaran atau lainnya. Buku ini khusus digunakan untuk mencatat semua pemasukan bisnis kalian, mulai dari penjualan per hari atau juga piutang yang sudah kalian bayar.

Catatan pemasukan ini menjadi langkah penting dalam cara pembukuan keuangan usaha kecil sederhana yang kalian  geluti. Pastikan juga untuk membuat catatan pemasukan secara continue setiap hari agar kalian dapat mengetahui berapa jumlah keuntungan yang kalian dapat di setiap harinya.

Buat Buku Kas Utama

Dalam pembukuan keuangan perusahaan, membuat buku kas utama menjadi salah satu yang sangat penting. Buku ini nantinya dapat digunakan untuk menggabungkan transaksi antara buku pemasukan dan buku pengeluaran. Maka kalian akan mengetahui secara detail mengenai keuntungan dan kerugian perusahaan yang kalian dapat.

Buku kas utama juga berperan penting dalam pembuat perencanaan dan strategi jika ada biaya tidak terduga yang harus dikeluarkan di kemudian hari.

Siapkan Buku Stok Barang Khusus

Kemudian kalian juga dapat menyiapkan buku stok barang khusus secara terpisah. Transaksi yang harus kalian catat bukan hanya berhubungan dengan pengeluaran, pemasukan atau lainnya. Kalian juga perlu mencatat secara rutin mengenai jumlah barang yang masuk dan keluar setiap harinya. Jadi semakin tinggi tingkat penjualan maka intensitas jumlah barang yang keluar dan masuk juga tentu semakin tinggi pula.

Dengan adanya buku ini kalian dapat memonitor dan mengawasi persediaan barang yang ada di perusahaan. Terlebih jika dalam beberapa waktu kedepan kalian ingin menambah cabang usaha dan memiliki target berapa produk yang harus laku. Dengan kalian memiliki buku stok barang, kalian juga dapat menyusun menajemen gudang dengan lebih optimal serta dapat meminimalisir keuangan yang dilakukan oleh pihak supplier.

Buat Buku Inventaris Barang

Lalu buatlah buku inventaris barang. Buku ini khusus sebagai catatan mengenai inventaris barang perusahaan yang telah dibeli dan diurus. Segala jenis batang yang dimiliki oleh perusahaan baik dibeli melalui anggaran belanja, hibah ataupun sumbangan harus masuk pada buku catatan ini.

Buku ini akan menjaga aset bisnis kalian agar tetap terkendali. Mencatat inventaris yang kalian punya juga memiliki keuntungan lain seperti mencegah barang tidak mudah hilang, kemudian mempermudah pengecekan barang dan juga mempermudah kegiatan mutasi.

Siapkan Buku Laba Rugi

Selanjutnya kalian juga harus mempersiapkan buku laba dan rugi. Buku ini digunakan untuk mencatat pendapatan dan beban perusahaan dalam satu periode tertentu. Dengan ini kalian juga dapat mengetahui apakah perusahaan mengalami kemajuan atau kemunduran.

Disamping itu buku ini juga dapat berfungsi sebagai informasi berapa jumlah pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan dan mengevaluasi strategi perusahaan apakah sudah cukup mendatangkan keuntungan yang signifikan.

Siapkan Buku Tabungan Pribadi

Dan yang terakhir adalah menyiapkan buku catatan tabungan pribadi. Sebenarnya ini hanya opsional, jika kalian ingin menyisihkan uang hasil keuntungan bisnis kalian untuk dialokasikan ke hal yang lain. Atau kalian juga dapat menjadikan uang tersebut sebagai tambahan modal untuk membukan cabang bisnis kalian di kemudian hari.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara membuat pembukuan keuangan usaha kecil paling mudah yang dapat kalian simak diatas. Ingat bahwa pembukuan dalam bisnis atau usaha, baik usaha kecil atau besar sangatlah penting. Jangan lupa baca juga artikel lain mengenai pajak progesif mobil di postingan sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar