Home / Investasi / 14 Syarat dan Cara Membuka Depostio Syariah 2020

14 Syarat dan Cara Membuka Depostio Syariah 2020

/

Cara Membuka Depostio Syariah – Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan Deposito. Dimana Deposito sendiri adalah suatu transaksi uang ke pihak lain untuk diamankan. Akan tetapi Deposito juga dapat diartikan sebagai uang yang disimpan di dalam bank yang sudah disepakati antara nasabah dan bank selaku pemegang otoritas.

Deposito memiliki beberapa jenis, yakni deposito berjangka, sertifikat deposito dan deposito on call. Setiap bank biasanya menerima pembukaan deposito para nasabahnya, baik bank konvensional maupun bank syariah. Nah pada pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai cara membuka depostio syariah.

Deposito syariah ini merupakan produk simpanan berjangka yang dikelola dengan berdasarkan prinsip syariah yang ditujukan kepada nasabaha perorangan dan perusahaan dengan menggunakan prinsip mudharabah. Perbedaan antara depostion konvensional dan syariah adalah terletak pada cara pengelolaannya yang menggunakan akad syariah.

Atau dengan kata lain bagi hasil, dimana presentase yang akan kalian dapatkan adalah keuntungan. Nah untuk lebih jelasnya mengenai cara membuka deposito syariah, dibawah ini kami telah menyiapkan informasinya yang dapat langsung kalian simak berikut ini.

Syarat dan Cara Membuka Depostio Syariah

Cara Membuka Deposito Syariah

Syarat Umum

Sama halnya dengan mendaftar deposito berjangka konvensional, membuka deposito bank syariah juga merupakan suatu hal yang cukup mudah untuk kita lakukan. Dimana syarat pengajuan aplikasinya pun cenderung saja, mari kita simak dibawah ini:

  • Pertama isi formulir aplikasi pembukaan rekening deposito
  • Kemudian menunjukkan asli bukti identitas diri (KTP/SIM/Paspor) untuk pribadi
  • Menyerahkan fotokopi bukti identitas/legalitas badan usaha/hukum (bukti Legalitas) untuk perusahaan
  • Melakukan setoran awal untuk pembukaan rekening

Cara Membuka Deposito Syariah Online

Deposito syariah adalah cara aman bagi kalian yang ingin berinvestasi. Banyak produk yang ditawarkan oleh berbagai bank. Maka dari itu sebelum kalian mendaftar, kalian wajib mempertimbangkan terlebih dahulu berbagai produk yang ditawarkan dari beberapa bank untuk menemukan produk deposito syariah yang terbaik.

Dibawah ini kami sudah menyiapkan beberapa langkah-langkah yang dapat kalian lakuka ketika ingin membukan depostio syariah, lebih jelasnya mari kita simak dibawah ini:

1. Pertama kalian harus memiliki tabungan utama sebagai tempat untuk penarikan dana serta tempat bagi hasil yang akan kalian terima nantinya. Tata cara pembukaan rekening tabungan bank syariah juga sangatlah mudah.

2. Pastikan juga dana yang akan di depositokan sudah ada pada rekening tabungan utama kalian.

3. Siapkan juga dokumen persyaratan seperti KTP dan NPWP.

4. Siapkan juga biaya administrasi untuk pembayaran material yang akan digunakan.

5. Tentukan juga lama dana yang akan kalian depositokan sesuai dengan jangka waktu yang telah disediakan pihak bank. Disamping itu, tentukan juga jenis deposito yang akan kalian buka, seperti deposito kapitalisir atau non kapitalisir dan apakah ARO atau Non ARO.

6. Selanjutnya isi formulir dengan lengkap sesuai kondisi yang ada beserta ketentuan deposito dan akad deposito. Apabila kalian tidak begitu paham dalam hal ini, kalian dapat bertanya langsung kepada Customer Service bank tertuju.

7. Ikuti dan tunggu beberapa saat ketika CS sedang membuka account.

8. Deposito dinyatakan berhasil dan selesai ketika kalian telah menerima bilyet sebagai bukti kepemilikan deposito tersebut.

9. Simpan bukti tersebut sebagai bukti kepemilikan deposito. Bawa bukti tersebut ketika kalian akan melakukan pencairan dana deposito.

10. Selamat sekarang kalian telah resmi memiliki deposito.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai syarat dan cara membuka depostio syariah yang dapat kalian simak diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai perbedaan tabungan dan deposito yang telah myjourney.id sampaikan di postingan sebelumnya.

This div height required for enabling the sticky sidebar