Home / Keuangan / 5 Cara Menabung Saham yang Tepat untuk Pemula

5 Cara Menabung Saham yang Tepat untuk Pemula

/

Cara Menabung Saham – Banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk menyimpan atau menabung uang penghasilan kita, dimana dengan menabung tentunya keuangan kita akan lebih tertata di kemudian hari. Lalu jenis tabungan apa yang akan kita lakukan untuk menyimpan uang kita? Tabungan konvensional tentu menjadi salah satu pilihan utama yang paling mudah dan simpel dalam hal menabung. Namun ada solusi kedua, yakni dengan cara tabungan investasi. Tabungan investasi pun memiliki banyak sekali variasi, yaitu mulai dari deposito, tabungan perencanaan, tabungan dollar atau mata uang asing, tabungan emas, tabungan giro dan yang terakhir adalah tabungan saham/investasi saham.

Nah yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai cara menabung saham yang tepat untuk pemula. Apakah kalian pernah berfikir untuk menabung saham? Tabungan saham ini merupakan tabungan khusus yang dapat digunakan untuk membeli saham dengan rutin dan pastinya menyimpan laba hasil transaksi saham. Lain halnya dengan tabungan konvensional yang dapat terkena inflasi, tabungan saham ini tergantung pada produktivitas perusahaan pemilik saham tersebut bekerja. Jika perusahaan tersebut memiliki kinerja yang baik maka hasilnya akan semakin baik. Disamping itu suatu saat kita juga akan mendapatkan keuntungan berupa capital gain.

Capital gain sendiri adalah selisih harga beli dan harga jual saham tersebut.Lalu masih ada lagi Deviden yang juga akan kita terima jika perusahaan tersebut mengalami keuntungan. Konsep seperti ini sama seperti kita membeli sebidang tanah yang kemudian kita sewakan, disamping kita mendapatkan uang sewa, kita juga nantinya akan mendapat kenaikan harga ketika menjual tanah tersebut. Cara menabung saham tidak sesulit yang kita bayangkan, terlebih saat ini banyak sekali perusahaan yang senantiasa mengajak masyarakat untuk berinvestasi serta mengedukasi, mengembangkan industri ke arah yang lebih baik.

Bukan hanya fokus menambah jumlah investor saja, akan tetapi juga berupaya untuk menanamkan kebutuhan berinvestasi di pasar modal sehingga nantinya akan meningkatkan investor aktif di pasar modal Indonesia. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara menabung saham yang tepat untuk pemula berikut ini.

Cara Menabung Saham yang Tepat untuk Pemula

Cara Menabung Saham yang Tepat untuk Pemula
Cara Menabung Saham yang Tepat untuk Pemula

1. Buka Rekening Saham

Cara menabung saham yang pertama adalah dengan cara membukan rekening saham di perusahaan sekuritas atau pialang. Cara pembukaannya juga tidak berbeda dengan membuka tabungan konvensional, identitas diri, saldo minimal dan lain sebagainya. Perusahaan sekuritas ini terdiri dari BUMN yang antara lain yaitu, BNI sekuritas, Mandiri sekuritas. Lalu untuk perusahaan sekuritas swasta antara lain adalah Sinarmas, Panin, sedangkan untuk perusahaan sekuritas asing antara lain JP Morgan, Kim Eng dan lain-lain.

2. Tentukan Nominal Dana yang disisihkan

Jika kalian juga memiliki rekening saham, kalian dapat menentukan nominal dana yang akan kita sisihkan untuk menabung saham. Dana tersebut juga terlepas dari saldo awal ketika pembukaan rekening. Penentuan dana tersebut juga bertujuan agar kita dapat rutin menabung tampa mempengaruhi pengeluaran rutin.

3. Menentukan Saham

Lalu cara menabung saham yang ketiga adalah dengan cara menentukan saham. Pemilihan saham yang tepat pastinya akan sangat berdampak positif bagi kita. Sangat penting disini untuk menganalisa perusahaan yang sahamnya akan kita beli. Apakah perusahaan tersebut sehat dan bisa berkembang, lalu perhatikan pula grafik harga saham untuk menentukan pembelian pada saat yang tepat. Kalian dapat menganalisa melalui BEI, disana terdapat 45 daftar perusahaan dengan nilai transaksi dan likuiditas yang tinggi.

4. Setor Dana Secara Rutin

Dan selanjutnya adalah dengan cara menyetorkan dana secara rutin pada rekening saham di setiap periode. Nantinya akan tanpa kita sadari tabungan kita akan terus meningkat dan cukup untuk membeli saham yang kita inginkan.

5. Beli Saham dengan Rutin

Dan cara menabung saham yang terakhir adalah dengan cara beli saham dengan rutin. Ada 2 cara membeli saham, yang pertama adalah melalui broker. Dengan melalui broker, kita dapat meminta broker untuk melakukan pembelian saham untuk kita. Dan yang kedua adalah melalui order online, kita dapat membeli sendiri melalui trading saham online system yang sudah disediakan broker pada nasabah yang dapat diinstal di perangkat PC atau smartphone. Belilah saham dengan rutin di setiap periodenya.

Nah itulah beberapa cara menabung saham yang tepat untuk pemula. Cara-cara diatas dapat kalian ikuti jika kalian berencana untuk menabung saham. Kalian juga dapat menabung dengan cara lain seperti membuka tabungan emas di pegadaian dan juga investasi dollar atau lainnya yang lebih menguntungkan. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

This div height required for enabling the sticky sidebar