Home / Bank / 15 Cara Mengaktifkan Rekening Dormant BRI : Syarat & Biaya

15 Cara Mengaktifkan Rekening Dormant BRI : Syarat & Biaya

/

Cara Mengaktifkan Rekening Dormant BRI – Dalam istilah perbankan, kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah rekening Dormant. Rekening Dormant juga dikenal dengan rekening pasif, dimana hal ini mungkin banyak beberapa nasabah bank BRI atau bank lain yang mengalami kasus rekening mereka menjadi Dormant atau tidak aktif. Penting diketahui bahwa rekening Dormant ini hanya berlaku bagi nasabah yang tidak memiliki saldo minimum dan tidak pernah melakukan transaksi kurang lebih 540 hari.

Jika terjadi kasus seperti, pihak Bank BRI tentu akan menonaktifkan nomor rekening tersebut. Lalu apakah rekening Dormant BRI ini diaktifkan kembali? Jawabannya, ya. Rekening Dormant BRI ini bisa diaktifkan kembali dengan cukup mudah, akan tetapi kalian harus menyiapkan beberapa persyaratan yang diperlukan agar pengajuan aktivasi rekening Dormant BRI bisa dilakukan. Disamping itu ketahui juga beberapa ciri-ciri serta penyebab mengapa rekening BRI Dormant. Informasi akan hal ini juga nanti kami sampaikan di pembahasan kali ini.

Membahas mengenai cara mengaktifkan rekening Dormant BRI, seperti diketahui bahwa Bank BRI ini memiliki 2 jenis produk rekening tabungan, yakni BritAma dan Simpedes. Penting diketahui bahwa kedua jenis tabungan tersebut memiliki masa aktif apabila tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Akan tetapi jika terus digunakan, maka tabungan tersebut akan aktif selamanya. Kemudian setiap rekening tersebut juga memiliki masa aktif berbeda-beda, informasi akan hal ini juga akan kami sampaikan nanti.

Kalian juga perlu sekali untuk mengetahui apa saja penyebab rekening BRI menjadi Dormant, dan kemudian apa saja ciri-ciri rekening Dormant. Apabila semua informasi tersebut sudah dipahami dengan seksama, langkah berikutnya kami baru akan menyampaikan apa saja syarat serta cara mengaktifkan rekening Dormant BRI. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi lengkap serta menarik seputar persyaratan dan cara mengaktifkan rekening Dormant BRI yang telah myjourney.id siapkan berikut ini.

READ  7 Cara Transfer Uang Lewat ATM BRI Mudah dan Cepat
Cara Mengaktifkan Rekening Dormant BRI

Apa Itu Rekening Dormant?

Sebelum kita ke pembahasan utama mengenai cara mengaktifkan rekening Dormant BRI, alangkah baiknya jika kalian mengetahui lebih dulu apa itu Rekening Dormant. Rekening Dormant atau Pasif adalah tabungan atau simpanan Nasabah dalam bentuk Giro atau Tabungan yang tidak memiliki aktivitas transaksi, selain biaya administrasi dan bunga simpanan, selama 6 (enam) bulan berturut-turut atau dalam periode tertentu yang telah ditetapkan oleh Bank terkait.

Ciri-Ciri Rekening Dormant BRI

Setelah mengetahui apa itu rekening Dormant, kalian juga bisa memahami apa saja ciri-ciri rekening Dormant. Adapun ciri-ciri tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Ketika melakukan transaksi di mesin ATM, layar akan menampilkan transaksi Gagal “Rekening Dormant” atau “Rekening Pasif”.
  • Ketika melakukan setor tunai, dana tidak berhasil masuk ke rekening.
  • Rekening tidak bisa menerima transfer dari rekening lain.

Penyebab Rekening BRI Dormant

Penyebab Rekening BRI Dormant

Untuk soal penyebab rekening BRI menjadi Dormant atau pasif adalah karena saldo nasabah berada di bawah minimum dan tidak adanya aktivitas transaksi yang dilakukan. Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa masing-masing jenis rekening BRI memiliki batas atau masa aktif yang berbeda-beda, lebih jelasnya simak berikut ini.

1. Batas Waktu Dormant Tabungan BritAma

Untuk batas waktu Dormant tabungan BritAma ini apabila nasabah memiliki saldo minimum dibawah Rp 50.000 dan tidak melakukan transaksi melalui ATM, M Banking dan internet banking selama 541 hari.

2. Batas Waktu Dormant Tabungan Simpedes

Untuk batas waktu Dormant tabungan Simpedes ini apabila nasabah memiliki saldo minimum dibawah Rp 50.000 dan tidak melakukan transaksi melalui ATM, M Banking dan internet banking selama 365 hari.

Syarat Mengaktifkan Rekening Dormant BRI

Kemudian berlanjut ke pembahasan lengkap mengenai apa saja persyaratan diperlukan untuk mengaktifkan rekening Dormant BRI. Syarat Adapun syarat diperlukan adalah sebagai berikut:

READ  50 Cara Membayar Tilang Online 2021 Terbaru Paling Mudah
  • KTP/ SIM/ Paspor
  • Buku rekening tabungan
  • Kartu ATM
  • Biaya Lain-Lain

Cara Mengaktifkan Rekening Dormant BRI

Cara Mengaktifkan Rekening Dormant BRI 1

Apabila semua persyaratan diatas sudah kalian persiapkan, maka berikutnya kalian bisa langsung ke kantor bank BRI setempat untuk mengaktifkan kembali rekening Dormant BRI. Untuk langkah-langkah, langsung saja simak di bawah ini.

  1. Kunjungi kantor cabang bank BRI setempat dengan membawa syarat diperlukan.
  2. Setelah tiba di lokasi kantor bank, ambil nomor antrean customer service dan tunggu sampai nomor antrean dipanggil.
  3. Setelah dipanggil, datangi petugas customer service dan beritahu bahwa kalian ingin mengaktivasi kembali rekening pasif atau rekening BRI yang Dormant.
  4. Customer Service akan meminta beberapa dokumen persyaratan.
  5. Petugas akan melakukan verifikasi data diri nasabah terlebih dahulu.
  6. Silahkan isi formulir yang telah diberikan. Isilah formulir tersebut dengan data sesuai dan bubuhkan tanda tangan di formulir tersebut
  7. Ketika proses pengaktifan rekening Dormant BRI berhasil, petugas akan menginformasikan bahwa rekening BRI telah aktif kembali.
  8. Untuk menghindari terjadinya permasalahan rekening Dormant, lakukan penyetoran dengan jumlah minimal Rp 100.000.

Biaya Aktivasi Rekening Dormant BRI

Pembahasan berikutnya adalah mengenai biaya. Lain halnya ketika kalian MEMBUAT REKENING BRI yang tidak memerlukan biaya, disini harus menyiapkan beberapa uang untuk proses aktivasi. Biaya pasti untuk mengaktifkan rekening Dormant BRI adalah sebesar Rp 250.000 untuk tabungan BritAma dan Rp 100.000 untuk tabungan Simpedes.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan kali ini mengenai cara mengaktifkan rekening Dormant BRI, disini kalian perlu mengetahui beberapa ciri-ciri dan juga apa yang menyebabkan rekening BRI menjadi pasif atau Dormant. Untuk proses pengaktifan kembali juga tidaklah terlalu rumit layaknya kalian membuat rekening BRI pertama kali.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai cara mengaktifkan rekening Dormant BRI. Baiklah, mungkin hanya ini saja informasi yang bisa myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar