Home / Keuangan / 5 Cara Mengamankan Data Kontak Dari Pinjaman Online 2021

5 Cara Mengamankan Data Kontak Dari Pinjaman Online 2021

/

Cara Mengamankan Data Kontak Dari Pinjaman Online – Pinjaman online memang sangat membantu bagi sebagian orang di tengah pandemi seperti sekarang ini. Banyak sekali aplikasi pinjaman online yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan dana segar mendesak pada saat itu juga, sebut saja Akulaku, Adakami, Kredit Pintar dan masih banyak lagi yang lainnya. penting diketahui juga bahwa hampir setiap pinjaman online meminta ijin untuk mengakses data kontak di HP pengguna.

Hal ini terkadang menimbulkan beberapa pertanyaan bagi sebagian orang yang mungkin hendak mengajukan pinjaman online tersebut. Terlebih lagi kita tahu bahwa banyak juga pinjaman online ilegal yang melakukan penagihan ke nomor kontak di HP peminjam. Ini tentunya akan sangat berimbas buruk kepada si peminjam tersebut, karena hutang mereka diketahui oleh orang lain karena tidak sanggup membayar.

Penting diketahui juga bahwa perizinan akses standarisasi dari pihak OJK adalah Kamera dan lokasi. Apabila pinjaman online meminta ijin lebih dari 2 yang diwajibkan OJK tersebut, maka disini pengguna perlu berhati-hati, khususnya untuk perizinan data kontak telepon. Agar nomor kontak tersebut aman, di pertemuan kali ini myjourney.id akan memberikan beberapa cara mengamankan data kontak dari pinjaman online.

Setelah mengetahui bahwa OJK hanya menyarankan para pinjaman online untuk mengakses perizinan kamera dan lokasi saja. Maka ketika ada salah satu pinjaman online yang digunakan mewajibkan pengguna memberikan izin data kontak telepon, maka perlu mengikuti beberapa cara di bawah ini. Baiklah daripada penasaran mengenai bagaimana cara mengamankan data kontak dari pinjaman online, langsung saja simak berikut ini.

Cara Mengamankan Data Kontak Dari Pinjaman Online

Cara Mengamankan Data Kontak Dari Pinjaman Online

Terkadang banyak dari mereka yang lebih memilih untuk langsung menghapus pinjaman online dibandingkan melakukan pengamanan terlebih dahulu. Padahal masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengamankan data kontak pinjaman online. Mengamankan data kontak dari pinjaman online ini tentunya sangat berbeda dengan CARA MENGHILANGKAN BI CHECKING BANK. Di bawah ini ada beberapa tips dan cara mengamankan data kontak dari pinjaman online yang bisa dilakukan.

1. Hindari Perizinan dari Pinjol

Hindari Perizinan dari Aplikasi Pinjol

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengamankan data kontak dari pinjaman online adalah dengan menghindari perizinan di aplikasi pinjol tersebut. Seperti sudah disinggung diatas bahwa ketika seseorang menginstal aplikasi pinjaman online, bisa jadi aplikasi tersebut bisa mengambil data di dalam smartphone. Umumnya adalah data kontak, dimana seluruh kontak di dalam smartphone bisa diambil tanpa diketahui oleh peminjam.

Apabila kalian menginstal aplikasi pinjol, nantinya akan muncul pilihan “Permission” yang artinya pengguna akan mengizinkan aplikasi Pinjol dapat melacak dan melihat semua daftar kontak di smartphone. Maka dari itu cara mengamankan data kontak dari pinjaman online adalah dengan memperhatikan perizinan yang diminta oleh aplikasi.

Seperti diketahui juga bahwa seseorang yang tidak membayar cicilan pinjol, tentunya akan penagihan melalui telepon. Nah jika tetap tidak ada respon, pihak pinjol tersebut akan menghubungi beberapa kontak di HP peminjam mulai dari kontak kerabat dekat serta teman dan lainnya. Hal ini tentunya bisa berdampak buruk bagi citra si peminjam atau lebih tepatnya mereka akan mendapatkan sanksi sosial.

2. Atur Ulang Pengaturan Perizinan

Atur Ulang Pengaturan Perizinan

Ketika kalian sudah terlanjur memberikan perizinan dari aplikasi untuk melihat semua data kontak di HP kalian. Untuk mengatasinya, kalian bisa mengatur kembali perizinan tersebut melalui pengaturan di HP.

  • Masuk ke menu Pengaturan atau Setting
  • Pilih menu fitur dan cari aplikasi pinjaman online digunakan
  • Di perizinan aplikasinya akan terdapat beberapa menu perizinan seperti kalender, kontak, kamera, penyimpanan dan lainnya.
  • Langsung saja non aktifkan semua perizinan tersebut.

Dengan menonaktifkan perizinan tersebut maka data kalian akan aman karena aplikasi tidak bisa mengakses data tersebut, akan tetapi aplikasi pinjaman online masih tetap dapat digunakan.

3. Atur Kembali Daftar Kontak

Atur Kembali Daftar Kontak

Cara mengamankan data dari pinjaman online adalah dengan mengatur kembali daftar kontak di HP kalian. Kalian bisa mengisi data kontak palsu sebanyak mungkin, kurang lebih 100. Jika mungkin suatu waktu kalian tidak bisa membayar tagihan kurang lebih selama 3 bulan, maka penagih hutang akan mulai menghubungi beberapa nomor kontak palsu tersebut.

Usahakan juga untuk tidak langsung mengganti semua kontak di HP kalian. Ganti nomor tersebut secara bertahap dan samakan dengan jumlah sebelumnya agar pihak pinjaman online tidak mencurigainya.

4. Ubah SIM Card

Ubah SIM Card

Cara mengamankan data kontak dari pinjaman berikutnya adalah dengan mengubah atau mengganti kembali nomor SIM Card kalian. Jika kalian memiliki HP dengan 2 SIM Card, maka pindahkan nomor lama ke nomor baru media chatting seperti WhatsApp. Hal ini karena pinjaman online akan selalu melihat apakah nomor tersebut masih aktif atau tidak.

Kalian juga bisa memanfaatkan aplikasi lain untuk memiliki 2 aplikasi WhatsApp. Dengan demikian nomor terdaftar di pinjaman online akan terlihat online dan pinjaman tersebut tidak akan curiga. Amankan kontak ke dalam nomor baru dan kosongkan nomor tersimpan di kartu SIM terdaftar di pinjaman online tersebut.

5. Non aktifkan Tautan ke Aplikasi Sosial Media

Non aktifkan Tautan ke Aplikasi Sosial Media

Ada beberapa orang memilih untuk menghubungkan nomor smartphone merek ke beberapa media sosial. Media sosial tersebut diantaranya Facebook, Twitter, Instagram serta lainnya yang bisa dilihat oleh aplikasi pinjaman online. Maka dari itu ketika kalian telah menghubungkan nomor ke beberapa media sosial, langsung matikan perizinan.

Atau dapat juga menggantinya dengan nomor HP lain ketika kalian membeli nomor baru maka segera ganti tautan beberapa media sosial ke nomor tersebut. Hal ini juga berlaku untuk email digunakan, jika email memiliki pesan-pesan penting atau email utama, buat email baru dan tukar tautan nomor baru dengan nomor lama terhadap kedua email.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai tips mengamankan data kontak dari pinjaman online diatas. Pengguna aplikasi pinjol bisa mengikuti beberapa tips serta cara diatas agar data pinjaman online tidak bocor dan tersebar luas. Hanya saja perhatikan juga syarat ketentuan yang diberlakukan oleh pinjaman online.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai cara mengamankan data pinjaman online. Mungkin hanya ini saja informasi yang bisa myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar