Home / Bank / 30 Cara Mengatasi Kartu ATM Mandiri Tidak Diizinkan 2021

30 Cara Mengatasi Kartu ATM Mandiri Tidak Diizinkan 2021

/

Cara Mengatasi Kartu ATM Mandiri Tidak Diizinkan – Bagi kalian para nasabah bank Mandiri, pada saat melakukan pembukaan rekening tentunya akan difasilitasi dengan Kartu ATM. Dimana dengan adanya fasilitas kartu ATM tersebut, kalian akan lebih mudah untuk melakukan transaksi seperti transfer, tarik tunai, pembayaran tagihan dan lain sebagainya. Bank Mandiri juga menyediakan beragam jenis kartu ATM yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, karena setiap jenis ATM memiliki limit transfer dan tarik tunai berbeda-beda.

Ngomong-ngomong soal kartu ATM Mandiri, fasilitas satu ini memang terkadang mengalami beberapa masalah ketika akan digunakan. Salah satu problem cukup sering dialami adalah kartu ATM Mandiri tidak diizinkan. Hal ini tentunya menjadi keluhan bagi pengguna Kartu ATM Mandiri, terlebih lagi pada saat itu mereka harus melakukan transfer atau tarik tunai harus dilakukan pada hari itu juga. Selain masalah kartu ATM Mandiri tidak diizinkan juga masih ada beberapa masalah lain seperti KARTU ATM TERTELAN dan lain sebagainya.

Beberapa problem sering terjadi di kartu ATM ini tentunya menjadi PR khusus bagi pihak Bank Mandiri. Namun perlu diketahui juga bahwa problem tersebut dikarenakan error di setiap layanan mesin ATM pihak Bank Mandiri. Bisa juga karena ATM rusak atau Human Error lainnya sehingga kartu ATM Mandiri tidak diizinkan ketika digunakan untuk transaksi. Jika menemui masalah seperti ini, tidak perlu khawatir karena disini myjourney.id akan memberikan beberapa cara mengatasi kartu ATM Mandiri tidak diizinkan.

Ketahui juga setiap ada masalah, sudah pasti ada beberapa penyebab mengapa kartu ATM Mandiri tersebut tidak diizinkan untuk digunakan. Salah satu penyebab cukup pasti biasanya karena adanya kerusakan pada Chip atau Magnetik. Baiklah daripada penasaran seperti apa cara mengatasi kartu ATM Mandiri tidak diizinkan, di bawah ini telah kami siapkan beberapa informasi lengkap yang bisa disimak berikut ini.

Cara Mengatasi Kartu ATM Mandiri Tidak Diizinkan

Jenis Masalah Pada Kartu ATM Mandiri

Penting diketahui juga bahwa ada banyak sekali masalah yang kerap dialami oleh para pengguna Kartu ATM Mandiri. Beberapa masalah tersebut wajib diketahui agar nantinya cara mengatasi bisa dilakukan dengan mudah. Adapun jenis masalah tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kartu ATM Mandiri Tidak Diizinkan
  • Kartu ATM Mandiri Terblokir
  • Kartu ATM Mandiri Tidak Bisa Digunakan atau Tidak Dapat Diproses
  • Kartu ATM Mandiri Tertelan
  • Kartu ATM Mandiri Hilang
  • Kartu ATM Kadaluwarsa
  • Kartu ATM Mandiri lupa pin

Penyebab Kartu ATM Mandiri Tidak Diizinkan

Penyebab Kartu ATM Mandiri Tidak Diizinkan

Membahas mengenai cara mengatasi kartu ATM Mandiri tidak diizinkan, ketahui lebih dulu apa saja penyebab mengapa kartu tidak diizinkan pada saat digunakan. Ketika menemui problem kartu ATM tidak diizinkan untuk digunakan, hal ini tentunya membuat kita bingung. Maka dari itu kalian harus mencari informasi terkait akan hal ini, dan paling utama adalah mengetahui apa yang menjadi penyebab kartu ATM tidak diizinkan.

Biasanya masalah seperti ini muncul karena kondisi kartu belum diaktivasi, saldo ATM di bawah minimal atau yang paling parah adalah kartu ATM telah mengalami kerusakan pada bagian Chip atau pita magnetik.

  • Kartu ATM belum diaktivasi
  • Saldo ATM di bawah minimal
  • Kartu ATM rusak

Prosedur Cara Mengatasi Kartu ATM Mandiri Tidak Diizinkan

Prosedur Cara Mengatasi Kartu ATM Mandiri Tidak Diizinkan

Setelah mengetahui beberapa jenis masalah serta penyebab kartu ATM Mandiri tidak diizinkan diatas. Di bawah ini bisa langsung simak informasi lengkap mengenai tutorial cara mengatasi kartu ATM Mandiri tidak diizinkan berikut ini.

  1. Pertama datangi Kantor Cabang Bank Mandiri setempat.
  2. Jangan lupa untuk membawa Dokumen Kartu ATM, Buku Tabungan dan KTP
  3. Sesampainya di lokasi, minta Nomor Antrian ke Satpam
  4. Tunggu sampai Nomor Antrian dipanggil oleh Customer Service
  5. Setelah di CS, Informasikan mengenai masalah kartu ATM tidak diizinkan
  6. Berikan juga dokumen pendukung yang diminta oleh CS Mandiri
  7. Customer Service mandiri akan melakukan validasi data diri
  8. Setelah data valid, CS akan melakukan pengecekan terhadap kartu ATM tersebut
  9. Nantinya kalian akan mendapatkan kartu baru atau pembukaan blokir otomatis oleh CS Mandiri
  10. Jika penggantian kartu dilakukan, nantinya akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 sampai Rp 30.000.

Setelah kalian mendapatkan kartu ATM baru, kalian bisa tunggu setidaknya 1 jam hingga 2 jam. Karena data kalian akan diaktivasi terlebih dahulu oleh pihak bank. Jika digunakan sebelum batas waktu tersebut, kartu tetap tidak akan diizinkan. Ganti juga PIN ATM untuk keamanan kartu ATM tersebut.

Tips Merawat Kartu ATM Agar Tidak Rusak

Tips Merawat Kartu ATM Agar Tidak Rusak

Seperti diketahui bahwa masalah yang kami sampaikan diatas terkadang dikarenakan kondisi kartu ATM yang sudah rusak. Agar kondisi kartu ATM tetap awet, kalian bisa mengikuti beberapa tips perawatan kartu ATM agar tidak mudah rusak berikut ini.

1. Bersihkan Chip & Pita Magnetik

Pertama bersihkan Chip dan Pita Magnetik ATM secara berkala agar kondisinya terawat. Bersihkan menggunakan kain lembut atau Cotton Bud yang dicelupkan ke alkohol. Usap dengan lembut di permukaan Chip maupun Magnetik.

2. Simpan di Dompet Khusus ATM

Kalian bisa menggunakan dompet khusus kartu ATM. Hal ini agar kondisi kartu ATM tidak bergesekan dengan barang-barang lain yang terkadang ada di dalam dompet yang biasa digunakan.

3. Jangan Dimasukkan ke Dalam Kantong

Usahakan untuk tidak memasukkan Kartu ATM ke dalam kantong celana, karena bisa bisa kartu kalian hilang. Selain itu strip atau chip bisa terkena gesekan yang membuatnya mudah rusak.

4. Hindari Menyimpan Kartu dengan Uang Logam

Hindari juga menyimpan kartu ATM bersama dengan uang logam. Ini wajib sekali untuk dihindari. Pasalnya, kartu ATM mudah lecet karena selalu bergesekan dengan uang logam.

5. Manfaatkan Metode Cardless

Terakhir manfaatkan metode cardless pada saat bertransaksi di mesin ATM. Metode ini hampir diterapkan oleh seluruh bank yang ada di Indonesia.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan diatas mengenai cara mengatasi kartu ATM Mandiri tidak diizinkan. Kartu ATM memiliki peran penting bagi sebagian orang, maka dari itu usahakan untuk selalu meminimalisir kerusakan pada kartu ATM tersebut dengan cara perawatan. Namun jika sudah terlanjur, kalian bisa segera mendatangi kantor bank Mandiri setempat untuk membantu mengatasi masalah yang dihadapi.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai cara mengatasi kartu ATM tidak diizinkan yang dapat kalian simak diatas. Baiklah, mungkin hanya ini saja informasi yang bisa myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar