Home / Bank / 12 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM Mandiri : Syarat & Biaya

12 Cara Mengatasi Lupa PIN ATM Mandiri : Syarat & Biaya

/
/
/

Cara Mengatasi Lupa PIN ATM Mandiri – PIN atau singkatan dari Personal Identification Code merupakan nomor penting berisi 6 digit angka unik yang wajib dimiliki oleh para pengguna kartu ATM, kartu kredit ataupun layanan digital banking lainnya. PIN juga bisa dikatakan sebagai kunci untuk masuk ketika menggunakan kartu ATM atau kartu kredit di mesin ATM. Hampir setiap nasabah bank Mandiri atau bank lainnya yang memiliki fasilitas kartu ATM, mereka wajib untuk membuat PIN tersebut.

PIN sendiri bersifat rahasia, jadi jangan sampai orang lain tak terkecuali petugas bank mengetahuinya. Pihak bank juga menyarankan untuk selalu mengganti PIN ATM atau kartu kredit secara berkala setiap 1 bulan, 2 bulan atau 3 bulan sekali. Membahas mengenai PIN, buat kalian khususnya nasabah bank Mandiri, terkadang ada beberapa nasabah yang lupa PIN ATM Mandiri mereka. Jadi ketika memasukkan PIN dan kemudian PIN tersebut salah secara berturut-turut sebanyak 3 kali, nantinya kartu ATM akan terblokir.

Hal ini tentu sangat mengesalkan bukan? Nah maka dari itu ketika memasukkan PIN, usahakan jangan sampai salah 3 kali berturut-turut. Ketika pertama memasukkan PIN dan gagal sebaiknya hentikan melakukannya kembali. Pastikan apakah PIN tersebut sudah benar atau belum. Jika masih lupa PIN Mandiri, alangkah baiknya untuk langsung mendatangi kantor cabang Mandiri setempat di daerah kalian dan kemudian minta bantuan kepada CS Mandiri untuk mengatasi permasalahan lupa PIN Mandiri kalian.

Di tengah pendemi seperti sekarang ini, JAM OPERASIONAL BANK mengalami perubahan, maka dari itu kalian bisa datang ke kantor bank antara pukul 08.00 sampai 14.00 waktu setempat. Sesampainya di lokasi, kalian bisa temui CS untuk mengatasi permasalahan lupa PIN ATM Mandiri. Bagi yang masih bingung mengenai cara mengatasi lupa PIN ATM Mandiri, dapat simak pembahasan kali ini sampai akhir. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja simak informasi lengkap mengenai cara mengatasi lupa PIN ATM Mandiri berikut ini.

READ  √ Laporan Mutasi Mandiri Online Tidak Muncul ? 6 Penyebab & Solusi
Cara Mengatasi Lupa PIN ATM Mandiri

Apa Itu PIN ATM Mandiri & Fungsinya?

Sebelum kita ke pembahasan inti mengenai cara mengatasi lupa PIN ATM Mandiri, sebagai pengetahuan simak penjelasan apa itu PIN ATM. PIN atau Personal Identification Number adalah enam digit angka yang menjadi pengaman ketika melakukan transaksi dengan kartu ATM atau kartu Kredit. Dan untuk soal fungsinya, PIN ATM ini berfungsi penting sebagai kata kunci data keamanan dana dan informasi keuangan Anda di bank. Pihak perbankan juga aktif menghimbau agar PIN akses ke ATM, rekening, kartu kredit, kartu debit nasabah untuk rutin diganti secara berkala agar keamanan tetap terjaga.

Syarat Mengatasi Lupa PIN Mandiri

Kemudian untuk soal persyaratan ganti PIN ATM Mandiri yang lupa, kalian bisa mengetahui apa saja syarat diperlukan dalam hal ini. Syarat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Kartu Identitas
  • Kartu ATM Mandiri lupa PIN
  • Buku rekening
  • Uang untuk biaya reissue ganti PIN

Cara Mengatasi Lupa PIN ATM Mandiri

Cara Mengatasi Lupa PIN ATM Mandiri di Kantor Bank

Untuk cara mengatasi lupa PIN ATM Mandiri, disini kalian bisa langsung mendatangi kantor cabang Bank Mandiri setempat. Untuk prosedur pengajuan mengatasi lupa PIN Mandiri, bisa simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Datangi kantor cabang Mandiri setempat dan bawa semua persyaratan diperlukan.
  2. Setelah sampai di lokasi, ambil nomor antrean CS dan tunggu sampai nomor kalian dipanggil.
  3. Jika nomor sudah dipanggil, temui CS dan sampaikan bahwa kalian mengalami lupa PIN ATM Mandiri.
  4. Nantinya CS akan memberikan form permintaan/keluhan nasabah untuk diisi oleh kalian.
  5. Isi form tersebut secara lengkap lalu berikan kepada CS beserta syarat diperlukan.
  6. Nantinya CS akan memproses pergantian PIN ATM Mandiri dan kalian bisa membuat PIN baru.
  7. Setelah berhasil, kalian akan dikenai reissue yang dipotong langsung dari saldo rekening.
READ  25 Syarat & Cara Membuat Tabungan Mandiri Pelajar 2021

Biaya Ganti PIN

Lalu mengenai soal biaya, proses penggantian PIN ATM yang lupa ini akan memerlukan biaya reissue PIN sebesar Rp 5.000 saja. Nah biaya tersebut juga nantinya akan langsung mengambil dari saldo rekening kalian. Besaran biaya tersebut tentunya sangat ringan, namun biaya tersebut juga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu dari pihak bank. Untuk memastikan nya, kalian bisa menghubungi Call Center atau kantor cabang Mandiri setempat.

Kesimpulan

Perlu diketahui bahwa PIN ATM wajib diingat dan usahakan untuk tidak diketahui oleh pihak lain agar terhindar dari kejahatan digital. Kami sarankan juga untuk mengganti PIN secara berkala, buatlah PIN yang mudah diingat serta simpan data tersebut agar ketika lupa, kalian bisa dengan mudah mengingatnya kembali.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai cara mengatasi lupa PIN ATM Mandiri. Baiklah, mungkin hanya ini saja informasi yang bisa myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar