Home / Keuangan / 10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Benar

10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Benar

/

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga – Keuangan memang sangat penting untuk jenjang kehidupan, terlebih bagi mereka yang mungkin baru akan berkeluarga atau sudah berkeluarga. Untuk pasangan yang baru saja menikah rasanya harus lebih teliti lagi dalam mengatur keuangan, karena status saat ini bukan lagi sendiri, akan tetapi berdua. Maka dari itu untuk urusan keuangan alangkah baiknya dibicarakan baik itu soal pengeluaran maupun pemasukan, jangan sampai besar pasak daripada tiang.

Jika sudah seperti itu biasanya akan timbul masalah yang bisa berakibat fatal diantara keduanya. Keuangan keluarga memang kerap dikaitkan dengan besar kecilnya pendapatan atau total pendapatan di setiap bulannya. Terlebih jika pendapat kalian termasuk fixed income atau gaji bulanan tetap dengan kebutuhan hidup yang naik turun. Buat kalian yang memiliki gaji kecil setiap bulannya, otomatis mereka akan susah menyimpan uang untuk beberapa hal seperti, dana darurat, biaya makan, dan lain sebagainya.

Atau bahkan ada yang mengalami kehabisan uang ketika tanggal gajian masih lama. Hal ini pasti akan terjadi jika kita mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga dengan benar. Terlebih jika kita memiliki anak yang cukup banyak namun dengan penghasilan yang bisa dikatakan hanya cukup untuk makan, hal ini harus selalu dibicarakan dengan pasangan kita agar menemukan jalan terbaik untuk masalah keuangan ini.

Berbicara mengenai cara mengatur keuangan rumah tangga, disini kami akan memberikan beberapa tips jitu yang mungkin dapat menjadi referensi kalian untuk mengatur keuangan rumah tangga dengan benar dan tepat. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara mengatur keuangan rumah tangga dengan benar dan tepat yang dapat kalian simak dibawah ini.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Benar

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Benar
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Benar

1. Anggarkan Biaya Bulanan dengan Cermat

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang pertama adalah dengan cara menggarkan biaya bulanan dengan cermat. Hal ini bertujuan agar setiap gaji yang kita dapat akan selalu tepat sasaran sehingga nantinya kita tidak kebingungan jika ada suatu keperluan yang belum terselesaikan, contohnya cicilan, bayar listrik atau lainnya.

2. Sisihkan Dana untuk Keperluan Darurat

Hal ini sangatlah penting mengingat kita tidak pernah tahu kapan ada musibah atau hal lain yang membutuhkan dana kaget. Maka dari itu kita harus rajin untuk menyisihkan beberapa gaji untuk keperluan tersebut. Bisa juga dikatakan menabung bisa juga tidak, namun alangkah baiknya jika menabung dan keperluan darurat ini dipisah sehingga uang yang kita tabung dapat untuk keperluan lainnya yang mungkin lebih penting.

3. Menabung

Menabung sangatlah penting, bukan hanya bagi mereka yang berumah tangga, bagi mereka yang mungkin masih sendiri, kami sarankan untuk selalu menyisihkan pendapat untuk ditabung di bank atau tempat lainnya.

4. Batasi Jajan di Luar

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang selanjutnya adalah dengan cara berhemat, dalam artian jangan dibiasakan untuk jajan diluar atau membeli makan diluar. Kita dapat memangkas biaya pengeluaran tersebut dengan cara masak sendiri dirumah agar lebih hemat.

5. Pantau Pengeluaran

Hal ini sangatlah penting, setiap keluarga harus saling jujur satu sama lain, baik itu soal pemasukan dan juga pengeluaran. Karena pendapatan suami pastinya akan lebih tepat dikelola oleh seorang istri. Keduanya harus sering berdiskusi mengenai mana pengeluaran yang penting dan tidak penting agar kondisi keuangan rumah tangga tetap stabil.

6. Ubah Kebiasaan untuk Selalu Menggunakan Uang Tunai atau Kartu Kredit

Hindari untuk sering menggunakan kartu kredit dalam pembayaran sehari-hari, walaupun terkadang ada banyak promo yang dapat kita nikmati ketika melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Akan tetapi jika kita terus-terusan menggunakan kartu kredit nantinya akan memperbanyak pengeluaran dibulan berikutnya. Maka dari itu usahakan untuk beririt dan lebih utamakan menggunakan uang tunai dibandingkan kartu kredit.

7. Buat Daftar Pos Pengeluaran

Diskusi suami istri memang sangat penting, maka dari itu sering-seringlah untuk membuat daftar pos pengeluaran bersama-sama, biasanya pos yang penting adalah :

  • Kebutuhan rumah: tagihan listrik dan air, PBB tahunan, dana darurat untuk memperbaiki bagian rumah yang rusak
  • Kebutuhan rumah tangga: konsumsi,
  • Tabungan dan dana darurat
  • Asuransi
  • Transportasi¬†: biaya BBM atau biaya transportasi umum
  • Hiburan (jika memungkinkan)

Cek lagi apakah ada pos pengeluaran yang masih belum tercatat, dan usahakan wajib bayar secara teratur tepat dengan nominal dan tanggalnya.

8. Hindari Kebiasaan Berhutang

Terkadang hutang memang dapat menolong kita pada saat itu juga, namun nantinya malah akan menjadi boomerang bagi kita sendiri. Terlebih jika kita hutang pada rentenir yang memberikan bunga selangit, pastinya akan sangat menyulitkan kita bukan. Alangkah baiknya jika hindari berhutang atau jangan sampai berhutang.

9. Pertimbangkan untuk Investasi

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan untuk berinvestasi. Jika kalian memiliki penghasilan lebih dan memiliki simpanan lebih, kalian dapat melakukan investasi kecil-kecilan. Ini merupakan ide yang cukup cemerlang karena nantinya dapat membantu keuangan kalian di masa depan. Pilihlah investasi yang sesuai dengan budget kalian, dengan cara membeli emas atau investasi lainnya.

10. Terapkan Peraturan Hemat Listrik

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang terakhir adalah terapkan untuk selalu menghemat listrik. Cara ini sangatlah penting dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Hampir semua peralatan rumah membutuhkan listrik, seperti lampu, mesin cuci, kulkas, TV, rice cooker, Ac dan lain sebagainya. Jika kalian tidak dapat mengatur pemakaian listrik dengan baik maka akan berimbas pada tagihan listrik yang membengkak. Alhasil pengeluaran kita nantinya akan bengkak dan memakan anggaran bulanan lainnya yang sudah disiapkan.

Nah itulah beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga yang benar dan tepat. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Kalian juga dapat membaca artikel lain mengenai prinsip dasar keuangan syariah di postingan sebelumnya. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

This div height required for enabling the sticky sidebar