Home / Bank / 7 Cara Mengembalikan Uang yang Sudah di Transfer 2021

7 Cara Mengembalikan Uang yang Sudah di Transfer 2021

/

Cara Mengembalikan Uang yang Sudah di Transfer – Apakah kalian pernah melakukan kesalahan TRANSFER UANG? Jika pernah, hal ini tentu akan sangat mengesalkan bukan? Mungkin jika salah transfer ke teman atau saudara, uang tersebut sangat besar kemungkinan kembali ke tangan.

Akan tetapi bagaimana jika salah transfer ke rekening penipu? Ini yang harus kalian hindari, jangan sampai mengalami kesalahan seperti ini. Lalu bagaimana cara mengembalikan uang yang sudah di transfer tersebut? Kalian tidak perlu khawatir akan hal ini, karena myjourney.id akan membagikan tutorialnya.

Berbicara mengenai hal ini, saat ini banyak sekali toko online yang mewajibkan pengguna melakukan transaksi pembayaran via transfer bank. Namun tidak sedikit toko online yang menipu konsumen dengan embel-embel harga murah. Tak heran jika banyak yang tergiur dengan iming-iming tersebut, terlebih jika produk tersebut memang sedang populer.

Jika nominal sedikit mungkin banyak yang merelakan uang tersebut, namun bagaimana jika nominal tersebut besar, bahkan mencapai jutaan? Kalian dapat mengembalikan uang tersebut dengan melalui beberapa prosedur yang dapat kalian simak di bawah ini.

Cara Mengembalikan Uang yang Sudah di Transfer

Prosedur Mengembalikan Uang yang Salah Transfer

Penipuan merupakan kasus hukum yang harus ditindak tegas karena sangat merugikan salah satu pihak. Maka dari itu untuk prosedurnya, kalian dapat menghubungi pihak kepolisian dan kemudian menghubungi bank terkait. Adapun untuk langkah-langkah, langsung saja simak berikut ini:

1. Mengurus Laporan ke Kantor Polisi Setempat

Mengurus Laporan ke Kantor Polisi Setempat

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan mengurus laporan ke pihak kepolisian. Kalian dapat menceritakan dengan detail mengenai kejadian yang kalian alami, dan sebutkan juga besaran jumlah uang yang sudah di transfer.

READ  14 Cara Top Up DANA via ATM BNI dan BNI Mobile yang Mudah

2. Bawa Surat Keterangan ke Bank Cabang Setempat

Datang ke Kantor Bank Cabang Terkait

Nah setelah kalian selesai mengurus surat keterangan di kantor Polisi, kalian dapat menuju ke kantor cabang bank setempat. Jelaskan kembali kronologi yang kalian alami, dan minta bantuan pihak bank untuk mendapatkan kembali uang kalian.

3. Pihak Bank Menindaklanjuti Permohonan Kalian

Pihak Bank Menindaklanjuti Laporan Kalian

Pihak akan menghubungi pemilik akun salah transfer tersebut. Pihak bank juga harus mendapatkan persetujuan dari pemilik akun tersebut untuk mengembalikan sejumlah uang yang salah transfer.

Sampai disini ada 2 kemungkinan yang akan terjadi. Pertama, penerima tidak mau mengembalikan uang tersebut. Dan kedua penerima bersedia mengembalikan uang salah transfer tersebut kepada kalian.

Jika kalian salah transfer dengan orang yang baik, kemungkinan besar uang kalian dapat kembali ke tangan kalian. Akan terjadi lain cerita ketika kalian melakukan transaksi pembelian online dengan penipu, bisa jadi uang kalian tidak akan kembali.

Namun jika terjadi demikian, kalian dapat meminta pihak bank dan pihak Kepolisian untuk melakukan tindak tegas kepada si penipu tersebut. Jadi kalian tidak perlu khawatir uang kalian raib, karena jika tertangkap, uang kalian kembali dan si penipu akan di hukum.

Tips Menghindari Kesalahan Transfer

Tips Menghindari Kesalahan Transfer

Untuk menghindari kesalahan transfer, ada beberapa tips yang dapat kalian terapkan sebelum melakukan transfer uang ke orang lain. Lebih jelasnya simak tipsnya berikut ini.

  • Cek nama lengkap penerima transfer dana apakah sesuai.
  • Selalu cek ulang kesamaan nama penerima transfer dana yang dituju dengan yang tertera di aplikasi BRI Mobile, BCA mobile atau KlikBCA Individu dan Internet Banking BRI.
  • Cek pula nomor rekening penerima yang tertera apakah sudah sesuai.
  • Hapus nomor rekening yang sudah tidak diperlukan.
READ  18 Syarat dan Cara Menjadi Agen BRI Link Terbaru 2021

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat myjourney.id sampaikan mengenai cara mengembalikan uang yang sudah di transfer. Transfer uang memiliki cara yang mudah, namun jangan sampai kalian lengah sehingga berakibat kesalahan transfer. Selalu cek nama penerima, nomor rekening penerima terlebih dahulu. Semoga pembahasan diatas bermanfaat.

This div height required for enabling the sticky sidebar