Home / Bank / 15 Cara Menghindari Skimming ATM Agar Aman Dari Kejahatan Digital

15 Cara Menghindari Skimming ATM Agar Aman Dari Kejahatan Digital

/

Cara Menghindari Skimming ATM – Kejahatan digital memang belakangan ini cukup meresahkan. Dimana para pelakunya akan mengambil uang dari rekening nasabah bank dengan cara membaca data magnetik yang ada di kartu debit maupun kartu kredit secara ilegal, kejahatan ini juga dikenal dengan istilah Skimming. Para pelaku Skimming juga biasanya akan mengincar ATM berlokasi di daerah sepi karena minim pengawasan.

Karena maraknya kejahatan Skimming ATM ini, pihak bank juga sekarang mewajibkan para nasabah yang memiliki fasilitas Kartu ATM untuk mengganti Kartu ATM pita Magnetik menjadi Chip. Hal tersebut dikarenakan pihak bank menilai jika kartu ATM Chip memiliki keamanan lebih baik dibandingkan dengan kartu ATM dengan menggunakan pita magnetik karena rawan sekali terkena Skimming. Jika kalian belum tahu perbedaan Chip dan Magnetik, kalian bisa simak informasi PERBEDAAN KARTU ATM CHIP DAN MAGNETIK di pembahasan sebelumnya.

Berbicara mengenai Skimming ATM, di pertemuan kali ini myjourney.id akan membahas lebih detail mengenai cara menghindari Skimming ATM. Bukan hanya itu saja, bagi kalian yang mungkin belum mengetahui apa itu Skimming ATM, kami juga akan memberikan penjelasan tersebut. Sebagai antisipasi karena kejahatan digital cukup meresahkan, ada beberapa cara bisa kalian lakukan agar terhindar dari Skimming ini.

Salah satu cara wajib dilakukan agar terhindar dari sasaran Skimming adalah pada saat memasukkan PIN ATM, usahakan untuk menutupinya. Karena para pelaku kejahatan digital ini kerap memasang kamera tersembunyi. Untuk cara-cara lainnya, di bawah bisa langsung kalian simak informasi lengkap mengenai cara menghindari Skimming ATM yang telah kami siapkan berikut ini.

READ  30 Cara Setor Tunai ATM BCA 2021 : Limit & Biaya
Cara Menghindari Skimming ATM

Apa Itu Skimming ATM?

Seperti janji kami diatas bahwa kami akan menjelaskan lebih detail mengenai apa itu Skimming. Skimming merupakan bentuk tindakan kriminal dimana pelaku akan mencuri informasi kartu kredit atau kartu debit dengan cara menyalin informasi pada strip magnetik kartu kredit maupun kartu debit secara ilegal. Strip magnetik merupakan tempat disimpannya informasi mengenai kedua fasilitas kartu perbankan tersebut.

Mengutip dari laman resmi Bank BCA, proses Skimming ini dilakukan menggunakan alat Skimming atau biasa juga disebut dengan Skimmer. Alat ini di tempelkan pada slot kartu di mesin ATM. Skimmer biasanya dibuat dengan menyerupai bentuk mulut slot kartu ATM sehingga sekilas terlihat sama. Jadi ketika kartu dimasukkan ke mesin ATM, Skimmer akan mereka, informasi dari kartu tersebut.

Berikutnya ada Spy Kamera yang diletakkan pelaku secara tersembunyi akan merekam ketika pemilik kartu memasukkan PIN ATM di keyboard mesin ATM. Disini pelaku bisa langsung menduplikat kartu ATM menggunakan data didapat dari alat Skimmer ke kartu lain yang masih kosong. Jika sudah demikian, pelaku akan menguras seluruh uang di dalam rekening pemilik kartu kredit/ATM tersebut.

Cara Menghindari Skimming ATM Agar Aman

Setelah mengetahui informasi mengenai apa itu Skimming, berikutnya kami akan menyampaikan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari Skimming ATM tersebut. Penting diketahui juga bahwa kejahatan digital sudah pasti sangat meresahkan dan merugikan, Maka dari itu kalian wajib untuk mengetahui beberapa cara menghindari Skimming ATM berikut.

1. Tutupi Tangan Ketika Memasukkan PIN

Tutupi Tangan Ketika Memasukkan PIN

Cara menghindari Skimming pertama adalah dengan membiasakan diri untuk selalu menutupi tangan pada saat memasukkan PIN. Hal ini tentunya bisa mencegah pelaku mengetahui PIN ATM atau kartu kredit kalian melalui kamera tersembunyi yang dipasang pelaku. Disamping itu, lakukan kebiasaan ini ketika memasukkan PIN di mesin EDC atau di tempat lain.

READ  10 Cara Mengambil Uang Di ATM Bersama Terbaru 2021

2. Periksa Mesin ATM Digunakan

Periksa Mesin ATM yang Digunakan

Biasakan untuk memeriksa mesin ATM sebelum memasukkan kartu. Jika melihat ada benda atau alat mencurigakan, sebaiknya jangan gunakan mesin ATM tersebut dan langsung hubungi Call Center terkait.

3. Perhatikan Lokasi Mesin ATM

Perhatikan Lokasi Mesin ATM

Kemudian perhatikan juga lokasi mesin ATM. Pelaku biasanya mengincar ATM yang berada di daerah sepi dan tidak terlalu diawasi dengan ketat. Maka sebaiknya kalian pastikan mesin ATM berada di keramaian dan diawasi oleh CCTV.

4. Ganti PIN Secara Berkala

Ganti PIN Secara Berkala

Cara menghindari tindak Skimming berikutnya adalah dengan mengganti PIN ATM secara berkala. Ini juga merupakan anjuran pihak bank kepada para nasabahnya.

5. Ganti Kartu ATM Strip Magnetik ke Kartu ATM Chip

Ganti Kartu ATM Strip Magnetik ke Kartu ATM Chip

Dan terakhir adalah dengan mengganti kartu berbasis strip magnetik ke kartu berbasis Chip. Penting diketahui bahwa kartu berbasis Chip ini memiliki sistem keamanan yang lebih baik dan tidak dapat dibaca oleh alat Skimmer.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan dari pembahasan cara menghindari Skimming ATM diatas, disini kalian harus memahami penjelasan terkait apa itu Skimming dan usahakan untuk selalu menjalankan setiap tips dan cara yang kami sampaikan. Hal ini tentunya membuat kalian bisa terhindar dari tindak kejahatan tersebut. Paling penting, usahakan untuk mengganti kartu ke Chip. Karena ini sudah merupakan kewajiban bagi setiap nasabah bank yang memiliki kartu kredit maupun debit.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang dapat kalian simak diatas mengenai cara menghindari Skimming ATM. Baiklah, mungkin hanya ini saja informasi yang bisa myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar