Home / Keuangan / 4 Cara Menghitung Bunga Pinjaman Per Bulan Yang Benar

4 Cara Menghitung Bunga Pinjaman Per Bulan Yang Benar

/

Cara Menghitung Bunga Pinjaman Per Bulan – Membuka wirausaha sendiri memang lebih menjanjikan dibandingkan dengan bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Disamping mampu memenuhi kebutuhan keluarga, wirausaha/berbisnis juga pastinya dapat membantu pemerintah dalam membangun perekonomian yang lebih dan membuka lapangan kerja bagi para pengangguran di Indonesia ini. Apalagi jika anda mampu mengelola usaha anda dengan baik dan tertata, bukan tidak mungkin anda menjadi sukses.

Akan tetapi memulai bisnis atau wirausaha dibutuhkan modal yang cukup besar sesuai dengan bisnis apa yang akan kita jalani nantinya. Maka dari itu bank milik pemerintah ataupun bank swasta berusaha membantu dengan membuka layanan pinjaman. Namun pinjaman yang diajukan juga pastinya membutuhkan beberapa syarat-syarat dan juga ketentuan dari masing-masing pihak bank tersebut. Akan tetapi setiap bank pastinya memiliki bunga dari pinjaman yang akan kita pinjam, maka dari itu kita juga harus belajar mengenai cara menghitung bunga pinjaman per bulan dan memepelajari hal-hal lainnya.

Cara Menghitung Bunga Pinjaman Per Bulan Yang Benar

Cara Menghitung Bunga Pinjaman Per Bulan Yang Benar
Cara Menghitung Bunga Pinjaman Per Bulan Yang Benar

Ada beberapa langkah dan juga cara menghitung bungan pinjaman per bulan yang benar. Hal ini dimaksudkan untuk anda agar dapat menimbang pengelolaan dana pinjaman yang telah anda pinjam tersebut. Nah daripada penasaran mengenai cara menghitung bunga pinjaman per bulan yang benar, lebih baik langsung saja kita simak informasi terkait cara menghitung bunga pinjaman per bulan yang benar yang telah kami siapkan berikut ini.

1. Pengertian Suku Bunga Pinjaman

Pada pembahasan pertama kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dari suku bunga pinjaman bank. Suku bunga pinjaman adalah persentase dari pinjaman yang harus dibayarkan kepada pemberi jaminan dengan cara berkala. Atau bisa dibilang jika suku bunga adalah hak istimewa pihak pemberi pinjamin karena telah meminjamkan sejumlah uang dengan nominal tersebut. Pada umumnya, jumlah persentase suku bunga dikutip per tahun, namun dalam berbagai kasus, bunga ini dihitung untuk periode yang lebih panjang atau bahkan lebih pendek dari satu tahun.

2. Sistem Kerja Bunga Pinjaman

Kemudian selanjutnya yang perlu kita ketahui adalah mengenai sistem kerja bunga pinjaman. Seperti yang sudah kami bahas diatas bahwa setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda-beda dalam menetapkan besarnya suku bunga pinjaman. Dalam hal ini, suku bunga bersifat sangat bersaing. Setiap bank akan memberikan beban suku bunga yang relatif lebih tinggi apabila ada probablitas pengembalian dana pinjaman yang cukup rendah. Maka dari itu dengan melihat hal tersebut, mayoritas pihak bank akan menetapkan suku bunga yang tinggi untuk jenis pinjaman bergulir, seperti kartu kredit. Bank juga memiliki hak untuk memberikan suku bunga yang lebih tinggi kepada mereka yang dianggap beresiko.

Sebelum kita membahas pembahasan inti dari cara menghitung bunga pinjaman per bulan yang aman, kita akan membahas mengenai memperbaiki jumlah kredit. Berbicara mengenai hal ini, semakin tinggi skor anda maka akan semakin rendah juga suku bunga yang harus anda lunasi. Bank memberi beban suku bunga tetap atau suku bunga variabel yang mana hal ini tergantung dengan apakah pinjaman tersebut hipotek, kartu kredit atau tagihan yang belum dibayarkan.

 

Untuk suku bunga aktual akan ditentukan oleh nota treasury 10 tahun atau suku bunga fed fund. Suku bunga akan tetap sama sepanjang masa pinjaman. Pembayaran pertama anda sebagian besar terdiri dari pembayaran bunga. Seiring dengan berjalannya waktu, anda membayar persentase yang lebih tinggi dan lebih tinggi dari pokok pinjaman yang anda terima. Jika kalian nantinya melakukan pembayaran ekstra, itu semua menuju ke pokok. Nah disini anda dapat membayar pinjaman lebih cepat dengan cara tersebut.

3. Cara Menghitung Bunga Pinjaman Per Bulan/Menghitung Peresentase Bunga Pinjaman

Nah pembahasan yang satu ini harus kalian pahami dan baca dengan cukup teliti. Pada dasarnya ada 3 jenis pinjaman dengan ketentuan suku bunga yang memiliki perbedaan. Apabila anda belum mengetahui cara menghitung bunga pinjaman per bulan, alanmgkah baiknya jika kalian mempelajari rumus yang telah kami siapkan di bawah ini.

  • Bunga Flat

Pengertian dari bunga flat adalah sejumlah angsuran yang harus dibayarkan ketika anda mengajukan dan pinjaman/hutang. Suku bunga flat memiliki sifat konstan, jadi nilai yang harus dibayarkan per periodenya adalah sama. Cara menghitung bunga flat juga tidak terlalu sulit, kalian dapat lihat dibawah ini:

Rumus : (Jumlah pinjaman x jumlah suku bunga) = Tenor Pinjaman

  • Bunga Efektif

Kemudia ada jenis bunga efektif. Jenis bunga yang satu ini berbeda dengan jenis bunga flat. Bunga efektif ini lebih sering diaplikasikan pada kredit dengan tenor yang cukup panjang seperti halnya dengan kredit pemilk rumah (KPR) atau kredit kepemilikan apartemen (KPA). Nah untuk rumusnya, kalian dapat simak dibawah ini.

Bulan Pertama = Jumlah Pinjaman – ((1-1) x (jumlah pinjaman : tenor pinjaman)) x bunga per tahun)

Bulan Kedua = Jumlah Pinjaman – ((2-1) x (jumlah pinjaman : tenor pinjaman)) x bunga per tahun), dan seterusnya.

  • Bunga Anuitas

Bunga anuitas menggunakan cara hitung yang memodifikasi cara hitung dari bunga efektif. Dimana pihak kreditur akan mengatur jumlah perhitungan untuk bunga anuitas dengan berdasar pada perhitungan bunga efektif setiap bulannya, namun tetapi memiliki angsuran pokok yang berbeda.

4. Cara Menghitung Persentase Diskon

Nilai Diskon = Nilai Persen x Nilai Pecahan

Setelah kita menghitung diskon tersebut, langkah yang harus kita lakukan berikutnya adalah dengan menghitung harga nproduk yang mendapatkan potongan harga, yakni dengan cara mengurangi harga produk dengan nilai diskon.

Nah itulah beberapa tips dan cara menghitung bunga pinjaman per bulan yang benar. Ada beberapa langkah-langkah yang harus benar-benar anda pelajari dengan seksama sebelum mendatangi bank untuk meminjam uang. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai cara menghitung bunga pinjaman per bulan yang benar. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda semua, sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

This div height required for enabling the sticky sidebar