Home / Usaha / √ 20 Cara Mengirim Barang Lewat JNE Bagi Pemula 2020

√ 20 Cara Mengirim Barang Lewat JNE Bagi Pemula 2020

/

Cara Mengirim Barang Lewat JNE – Pengiriman barang memang sering dilakukan banyak orang setiap harinya. Apalagi bagi pedagang online, tentunya dengan jasa ekspedisi barang bisa sampai ke konsumen. Ditengah jaman yang serba online, peran jasa ekspedisi memang penting karena semua situs e-commerce menggunakannya. Salah satu ekspedisi pengiriman terbaik adalah JNE dimana sudah berpengalaman menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Hingga kini sudah ada lebih dari 1500 titik layanan eksklusif mulai penjemputan sampai dengan pengantaran di seluruh Indonesia. Tentunya proses belanja online tidak akan berjalan lancar apabila tidak ada jasa kiriman paket. Bagi yang memiliki tempat tinggal jauh akan lebih fleksibel menggunakan JNE karena ada beberapa jenis pilihan pengiriman seperti JNE OKE, JNE YES dan JNE Reguler.

Mengirim barang lewat JNE lebih cepat dengan YES karena paket akan dikirim dalam waktu 1 hari kerja saja. Disamping itu cara mengirim barang lewat JNE juga mudah karena banyak agen serta kantor terdekat.  Apalagi mengirim barang lewat JNE di lindungi asuransi paket sehingga ada biaya ganti rugi apabila barang didalamnya mengalami kerusakan. Tentunya kita ingin barang sampai ditujuan dengan kondisi baik, namun kendala dalam perjalanan tidak ada yang tahu.

Oleh karena itu JNE memberikan jaminan keamanan sampai barang sudah sampai tujuan. Dengan kurir berpengalaman akan berusaha maksimal agar barang bisa sampai dalam keadaan sempurna. JNE juga memberikan layanan kemasan barang seperti packing kayu, bubble wrap, kardus maupun plastik. Namun bagi pemula tentunya bingung apabila pertama kali mengirim paket menggunakan JNE.

Cara Mengirim Barang Lewat JNE

Cara Mengirim Barang Lewat JNE

Sebenarnya cara mengirim barang lewat JNE cukup mudah dilakukan. Namun usahakan lakukan cara mengirim barang secara urut agar proses bisa berjalan dengan lancar. Jangan lupa juga berikan alamat yang jelas agar barang bisa sampai.

1. Cek Ongkos Kirim JNE

Cek Ongkos Kirim JNE

Pertama kali anda wajib cek ongkos kirim JNE untuk mengetahui biaya kiriman sampai lokasi tujuan. Dapat dikatakan ongkir JNE memang terjangkau, semuanya bisa diperiksa secara online melalui situs resminya.

  • Masuk laman www.jne.co.id/id/tracking/tarif
  • Isi kolom origin dengan kota pengirim
  • Kolom destination diisi kota penerima
  • Masukkan berat barang pada kolom weight
  • Klik tombol Check
  • Isi chaptcha
  • Klik tombol Check
  • Pilih layanan bisa JNE OKE, Reguler, YES atau lainnya
  • Ongkir muncul

2. Kemas Paket Dengan Baik

Kemas Paket Dengan Baik

Berikutnya pada saat mengirim barang lewat JNE anda harus mengemasnya terlebih dahulu. Packing rapi dapat dengan lapisan pertama plastik kemudian dilanjutkan kertas koran kemudian luarnya bubble wrap. Jika anda tidak ingin ribet melakukan packing maka bisa menggunakan jasa pengemasan JNE namun harus membayar biaya tambahan. Jika barang rawan pecah atau rusak maka gunakan packing kayu dari JNE.

3. Tuliskan Alamat Pengirim & Penerima

Tuliskan Alamat Pengirim Penerima

Langsung tulis alamat pengirim lalu penerima pada luar permukaan paket. Jika paket kardus maka tulisannya bisa pada bagian atasnya, namun jika paket dibungkus plastik maka gunakan kertas putih kemudian ditempelkan. Hal yang wajib diperhatikan adalah

  • Tulisan terlihat jelas
  • Alamat pengirim & penerima ditulis secara lengkap serta jelas
  • Tulisan nama & nomor handphone harus terlihat
  • Apabila menggunakan kertas pastikan masih dalam keadaan baik atau gunakan kertas baru

4. Kunjungi Kantor Atau AGEN JNE Terdekat

Kunjungi Kantor JNE Terdekat

Silahkan datang ke kantor JNE dengan membawa barang serta uang biaya pengiriman. Kini kantor JNE sudah hadir di berbagai wilayah Indonesia sehingga memudahkan dalam proses kirim barang. Jika masih bingung mengetahui alamat maka bisa secara di Google, perhatikan pula jam operasionalnya.

5. Proses Penyerahan Paket & Pembayaran JNE

Proses Penyerahan Paket Pembayaran JNE

Datangi customer service kemudian minta dilayani untuk mengirim barang. Barang anda akan ditimbang untuk mengetahui tarif, kemudian anda wajib memilih jenis pengiriman yang akan digunakan bisa JNE YES, OKE, Reguler maupun lainnya. Apabila barang anda belum dipacking maka customer service akan menawarkan beberapa pilihan pengemasan. Setelah semuanya selesai anda wajib membayar biaya jasa kirim barang. Apabila pembayaran selesai dilakukan maka akan mendapatkan nomor resi untuk pelacakan paket sehingga jangan dibuang.

6. Lacak Paket JNE

Lacak Paket JNE

Sesudah cara mengirim barang lewat JNE dilakukan maka tinggal melakukan pelacakan. Dari nomor resi tadi anda bisa melacak pengiriman melalui situs resmi JNE untuk mengetahui status barang. Beberapa status yang sering muncul seperti

  • On Process : barang sedang diproses untuk pengiriman.
  • Received at Warehouse : barang sampai ke gudang JNE terdekat dari kota tujuan
  • Received at Origin Gateway : barang sampai ke gudang JNE kota tujuan
  • On Transit : barang sedang transit di kota lain.
  • Received on Destination : barang sudah sampai kota tujuan pengiriman tapi belum dikirim ke alamat
  • Delivered : barang sampai di alamat pengiriman

7. Paket Sampai Tujuan

Paket Sampai Tujuan

Barang akan diantarkan kurir kemudian diterima alamat tujuan. Setelah itu status cek resi akan berubah menjadi Delivered. Memang cara mengirim barang lewat JNE cukup mudah dilakukan, namun usahakan berikan alamat jelas.

Dari semua cara mengirim barang lewat JNE diatas paling penting adalah meneliti alamat pengirim serta penerima dengan baik. Jika ternyata cara mengirim barang lewat JNE mengalami kendala maka bisa langsung menghubungi call center di nomor (021) 2927 8888.

This div height required for enabling the sticky sidebar