Home / Bank / 12 Syarat & Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang 2021

12 Syarat & Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang 2021

/

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang – Kartu ATM. Hampir setiap nasabah bank BRI atau nasabah bank lain yang memiliki rekening bank, sudah pasti mereka akan mendapatkan salah satu fasilitas yang satu ini. Fasilitas kartu ATM ini tentunya akan sangat memudahkan nasabah untuk melakukan berbagai macam transaksi perbankan mulai dari penarikan tunai, setor tunai, cek saldo, pembayaran tagihan dan lain sebagainya. Maka dari itu para pemilik kartu ATM harus bisa menjaga kerahasiaan PIN dan kartu tersebut agar tidak hilang karena bisa menimbulkan resiko yang parah.

Akan tetapi terkadang masih ada beberapa pemilik kartu yang mengalami kasus kehilangan Kartu ATM BRI. Hal ini bisa dikarenakan keteledoran sendiri atau kecopetan dan lain sebagainya. Ini tentunya menjadi masalah yang cukup penting, maka dari itu jika merasa bahwa kartu ATM BRI hilang, kalian bisa langsung menghubungi kantor cabang BRI setempat dan kemudian pihak BRI biasanya akan membantu mengatasi masalah seperti ini. Jadi, nanti nomor rekening BRI akan diblokir sementara waktu untuk menghindari tidak kejahatan dari pihak tidak bertanggung jawab.

Perlu diketahui juga bawah ada beberapa syarat yang wajib dipersiapkan ketika kartu ATM BRI hilang. Selain itu myjourney.id juga akan memberikan beberapa cara mengganti ATM BRI yang hilang. Dimana pembahasan ini akan menjadi topik utama di pertemuan kali ini. Maka dari itu kalian bisa terus simak artikel ini hingga akhir nanti agar bisa memahami seperti apa cara yang benar mengurus ATM BRI yang hilang. Ketahui juga bahwa ada biaya yang harus dibayarkan ketika kalian MENGGANTI KARTU ATM HILANG. Jangan lupa juga untuk mengurus surat kehilangan ke Kantor Polisi, karena ini merupakan syarat wajib yang diperlukan oleh pihak Bank.

Selain itu ada juga beberapa syarat lainnya yang akan kami sampaikan di pembahasan nanti. Sebagai informasi juga bahwa cara mengurus ATM BRI yang hilang bisa dilakukan di kantor cabang BRI manapun. Baiklah daripada penasaran seperti apa caranya, langsung saja simak informasi terlengkap mengenai syarat dan cara mengurus ATM BRI yang hilang yang telah myjourney.id siapkan berikut ini.

Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang

Hal yang Harus Dilakukan Jika ATM BRI Hilang

Ada beberapa hal yang wajib dilakukan ketika kalian kehilangan ATM BRI. Hal ini tentunya sebagai kewaspadaan agar nantinya ATM tersebut ditemukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Adapun hal-hal tersebut adalah:

1. Blokir Kartu ATM BRI

Hal pertama yang harus kalian lakukan ketika ATM BRI hilang adalah dengan cara mendatangi pihak bank atau menghubungi Call Center BRI untuk meminta agar nomor rekening kalian di blokir sementara waktu. Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa hal ini untuk menghindari adanya tindak kejahatan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Pemblokiran ini juga memerlukan beberapa persyaratan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • KTP
  • Buku Rekening
  • KK (nama ibu kandung)
  • Perkiraan saldo terakhir

2. Lapor Kepada Pihak Bank BRI

Ketika kalian meminta pihak BRI untuk memblokir nomor rekening sementara waktu, kalian juga bisa langsung melaporkan terkait ATM kalian yang hilang. Nantinya pihak bank juga meminta kalian menyiapkan berkas persyaratan untuk mengganti kartu ATM BRI yang hilang tersebut.

3. Buat Surat Kehilangan di Kantor Polisi

Salah satu berkas penting sebagai syarat utama mengganti kartu ATM BRI adalah dengan membuat surat kehilangan di kantor polisi. Siapkan juga biaya karena nantinya ada biaya yang harus dibayarkan ketika kalian membuat surat kehilangan.

Syarat & Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang

Syarat Cara Mengurus ATM BRI yang Hilang

Pertama yang wajib dipersiapkan untuk mengganti ATM BRI yang hilang tentunya adalah persyaratan. Beberapa persyaratan tersebut diantaranya adalah:

  • Identitas KTP/SIM/paspor
  • Buku Tabungan
  • Surat Keterangan Hilang Dari Polisi

Setelah semua persyaratan tersebut lengkap, langkah berikutnya kalian bisa langsung mendatangi kantor cabang BRI setempat kembali. Prosedur cara mengurus ATM BRI yang hilang bisa kalian lihat di bawah ini.

  1. Kalian bisa datang ke kantor BRI setempat kemudian temui CS dan sampaikan bahwa kalian ingin mengurus ATM BRI yang hilang.
  2. CS akan meminta berkas persyaratan diperlukan untuk keperluan penggantian kartu ATM BRI yang baru.
  3. CS akan segera memproses penggantian kartu ATM yang hilang tersebut.
  4. Kalian bisa tunggu sebentar, biasanya hanya membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama, kurang dari 15 menit.
  5. Setelah selesai, kalian akan diberikan kartu ATM baru.

Biaya Mengurus ATM BRI yang Hilang

Biaya Mengurus ATM BRI yang Hilang

Untuk soal biaya, pihak BRI menentukan besaran biaya untuk penggantian kartu ATM yang hilang sebesar Rp 15.000. Biaya penggantian kartu ATM BRI hilang juga berlaku untuk semua jenis kartu ATM BRI. Selain biaya tersebut, ada juga biaya pembuatan surat kehilangan di kantor Polis. Selain itu sudah tidak ada biaya lain-lain yang dikeluarkan untuk mengurus kartu ATM BRI yang hilang.

Kesimpulan

Cara mengurus kartu ATM BRI yang hilang ini sebenarnya sangatlah mudah, namun masih ada sebagian pengguna yang tidak mengetahui seperti apa caranya. Penting diketahui bahwa surat kehilangan dari kantor Polisi juga menjadi persyaratan wajib yang harus dipenuhi. Besaran biaya yang diperlukan juga tidaklah besar, yakni hanya Rp 15.000 saja untuk penggantian kartu ATM BRI hilang.

Nah itulah beberapa informasi lengkap yang bisa kalian simak diatas mengenai cara mengurus ATM BRI yang hilang. Mungkin hanya ini saja yang bisa myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar