Home / Usaha / 20 Syarat dan Cara Menjadi Agen Gas Terlengkap 2020

20 Syarat dan Cara Menjadi Agen Gas Terlengkap 2020

/

Cara Menjadi Agen Gas – Bisnis merupakan salah satu bentuk usaha yang banyak diminati oleh masyarakat. Dengan kita membuka usaha, kita sudah pasti dapat memberikan lapangan kerja kepada mereka yang belum memiliki pekerjaan serta pendapatan yang kita dapat juga menyesuaikan dari kerja keras yang kita lakukan.

Berbicara mengenai bisnis, saat ini menjadi agen merupakan salah satu opsi yang dapat kita pilih. Agen sendiri bisa berupa agen pulsa, agen kurir dan juga yang cukup menarik adalah agen gas. Seperti kita tahu bahwa kebutuhan gas untuk sektor dapur memang sangat dibutuhkan. Maka dari itu, hal ini dapat kita pikirkan matang-matang jika ingin menjadi agen gas.

Keagenan gas elpiji ini juga dapat kita lihat sebagai salah satu bentuk partisipasi pertamina dalam mensejahterakan masyarakat Indonesia. Disamping itu jika kita menjadi agen gas elpiji, maka kita juga turut membantu pemerintah dalam program konversi minyak tanah menjadi gas. Lalu bagaimana cara menjadi agen gas dan apa saja syaratnya?

Membahas mengenai agen gas elpiji, disini kami akan memberikan informasi lengkap mengenai syarat dan cara menjadi agen gas elpiji. Menjadi agen gas elpiji juga membutuhkan beberapa persyaratan dokumen yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak informasinya berikut ini.

Syarat dan Cara Menjadi Agen Gas Terlengkap

Cara Menjadi Agen Gas

Poin-poin Penting Mengenai Agen Gas

1. Untuk para pemohon keagenan gas elpiji ini kalian dapat tergolong menjadi 2 kelompok. Kelompok ini adalah eks agen minyak tanah dan ono agen minyak tanah. Seperti namanya bahwa eks agen minyak tanah adalah mereka yang sebelumnya telah memiliki hak istimewa untuk mendistribusikan minyak tanah bersubsidi dari Pertamina. Sedangkan non eks agen adalah mereka yang belum pernah memiliki hak mendistribusikan minyak tanah sebelumnya.

2. Ketika mengajukan permohonan menjadi agen gas, kalian akan diminta untuk mengisi beberapa poin dalam formulir. Pertamina meminta data yang diisikan harus asli dan data terbaru. Karena hal ini bisa jadi mempengaruhi hasil verifikasi kemudian oleh pihak Pertamina.

3. Ketika mengisi data formulir juga pastikan bahwa data yang diisi sudah benar dan tidak salah pengetikan. Karena data yang telah diisi tidak dapat digantikan, hal ini merupakan keputusan dari pihak Pertamina.

4. Jangan lupa juga sertakan email dan password yang akan digunakan (jika mendaftar secara online). Pastikan juga email tersebut merupakan email aktif, karena nantinya kalian akan dikirimkan nomor registrasi secara otomatis oleh pihak Pertamina setelah formulir diisi lengkap.

Mengenai formulir, ada beberapa poin data yang harus diisi pada formulir tersebut, diantaranya adalah data-data berikut ini:

1. Email dan juga password untuk login ke dalam akun. Pastikan email tersebut aktif karena nantinya email ini juga akan digunakan oleh pihak Pertamina untuk memberikan informasi seputar permohonan agen.

2. Nama Perusahaan yang kalian miliki serta domisili atau alamat kantor perusahaan tersebut.

3. Korespondensi perusahaan, maksudnya sertakan email kantor serta nomor telepon kantor kalian. Pastikan juga bahwa korespondensi ini benar karena salah isi khawatir menjadi masalah nantinya.

4. Alamat Gudang. Jangan sampai salah mengisi alamat gudang ini dengan alamat kantor kalian.

5. Dokumen-dokumen terkait pendirian peusahaan yang terdiri atas:

  • Akte Pendirian Perusahaan, khusus bagi kalian yang non eks agen Minyak Tanah.
  • KTP Direktur sesuai dengan yang tertera di dalam akte pendirian perusahaan yang kalian miliki.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak milik perusahaan kalian.
  • Nomor Induk Agen Pertamina, khusus bagi kalian yang sebelumnya sudah menjadi agen Minyak Tanah alias Eks Agen Minyak Tanah.

6. Rencana Wilayah Penjualan.

7. Khusus untuk eks agen minyak tanah, kalian dapat sertakan:

  • Nomor surat kontrak terakhir agen minyak tanah
  • Daftar Pangkalan Minyak Tanah

8. Khusus untuk non eks agen minyak tanag, sertakan surat pernyataan kesanggupan membeli tabung elpiji sebanyak 10.000 tabung.

9. Terakhir sertakan surat pernyataan mematuhi perundang-undangan serta peraturan pemerintah daerah setempat tempat kalian mendirikan usaha.

Fasilitas yang Harus Dimiliki Agen Gas Elpiji

Selain memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan, ada persyaratan lain yang berupa fasilitas dan harus dimiliki oleh perusahaan yang ingin menjadi agen gas elpiji. Fasilitas tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Showroom untuk memajang tabung-tabung gas
  • Gudang untuk menyimpan stok-stok tabung gas yang akan dipasarkan
  • Papan nama perusahaan
  • Alat pemadam api ringan
  • Timbangan 25 Kg, yang sudah ditera oleh dinas terkait setempat tentunya.
  • Detektor gas
  • Papan Larangan Merokok
  • Seragam Kerja
  • Plastic Wrap
  • Armada Angkutan, usahakan kalian memiliki armada yang dapat mengangkut dalam kapasitas besar.

Syarat dan Cara Menjadi Agen Gas Elpiji

1. Daftarkan diri kalian terlebih dahulu sebagai agen gas elpiji di daerah kalian dengan cara mengakses situs resmi Pertamina di sppbu.pertamina.com. Disini kalian dapat mendaftarkan diri sebagai agen utama di daerah kalian.

2. Kalian harus memiliki usaha berbadan hukum, contohnya koperasi atau PT. Mengapa demikian? Karena nantinya calon agen gas akan membuat surat perjanjian usaha yang salah satu poinnya menyatakan kesanggupan untuk menjual satu ton lebih gas elpiji per hari.

3. Melengkapi berbagai dokumen, berikut ini beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri sebagai agen gas elpiji Pertamina.

  • Surat Perjanjian Kerjasama. Dalam surat ini dijelaskan mengenai kesanggupan menjadi mitra usaha Pertamina sebagai agen gas elpiji dan siap memberikan jaminan modal.
  • SIUP. Kalian juga harus mempersiapkan SIUP, Surat Ijin Gangguan, Surat Tanda Daftar Perusahaan dan lain-lain. Untuk membuat surat dokumen tersebut kalian dapat mendatangi kantor dinas perjanjian setempat.
  • Surat Rekomendasi. Surat ini dibuat oleh Desa setempat yang menyatakan memberikan ijin dan rekomendasi untuk membuka usaha agen gas di wilayah kalian.
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk. Dokumen ini juga sangat penting, kemudian foto berwarna sebagai syarat pengajuan menjadi agen gas. Disamping itu kalian juga harus membuat surat pernyataan kepatuhan terhadap segala ketentuan dari Pertamina.

Setelah itu pihak Pertamina akan melakukan proses seleksi atau survey. Perlu kalian ketahui bahwa ada 2 hal yang di survey oleh Pertamina yang nantinya akan sangat menentukan pengajuan agen gas disetujui, antara lain adalah berikut ini:

1. Lokasi usaha

Untuk lokasi agen gas, Pertamina menganjurkan untuk memiliki lokasi seluas paling sedikit 75 x 68 meter. Lebih besar lokasi usaha kalian maka akan lebih baik dan menjadi nilai plus. Lokasi usaha harus berada ditempat yang jauh dari sutet dan jauh dari pemukiman warga.

2. Keuangan Perusahaan

Pihak Pertamina juga akan menilai kemampuan keuangan perusahaan, apakah cukup besar atau tidak. Semua akan dilihat dari segi modal dan lokasi yang strategis.

Perhitungan Usaha Agen Gas dengan Modal Kecil

Bagi kalian yang mungkin memiliki modal kecil dan sulit untuk menjadi agen gas, kalian tidak perlu khawatir karena kalian masih dapat menjadi sub agen gas. Dibawah ini kami akan memberikan rincian modal usaha minimal yang harus dikeluarkan jika ingin menjadi sub agen gas elpiji 3 Kg.

1. Pertama kalian harus wajib membeli tabung gas elpiji 3 kg sebanyak 300 unit dengan harga satuannya adalah Rp 150.000 (isi) atau Rp 120.000 (kosong). Kita hitung jika kalian membeli tabung isi yakni dengan harga Rp 150.000 x 300 buah = Rp 45.000.000

2. Selanjutnya lengkapi usaha dengan armada pengangkut. Karena kelas sub agen, kalian dapat mencari armada pengangkut yang lebih kecil seperti colt diesel dengan harga berkisar Rp 60.000.000

3. Jangan lupa juga hitung biaya sewa ruko untuk gudang dan kantor. Semisal Rp 3.000.000 per bulan dan kalian menyewa selama 1 tahun berarti Rp 36.000.000

4. Hitung pula biaya listrik dan air serta operasional bulanan, kita anggap sekitar Rp 3.000.000. Maka dalam satu tahun kalian harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 36.000.000.

Terakhir beli alat pemadam api ringan sebesar Rp 300.000 – Rp 500.000, anggap kalian mengeluarkan biaya sebesar Rp 1.000.000

Jadi total modal yang harus kalian keluarkan dalam satu tahun adalah Rp 145.000.000. Modal tersebut memang sangat besar, namun kalian dapat melihat omsetnya, jika dalam 1 hari sub agen menjual gas elpiji rata-rata 30 tabung dengan harga Rp 14.000, maka omset bulanan yang dapat kalian peroleh berkisar Rp 12.600.000.

Dalam satu tahun kalian dapat membalikan modal yang kalian keluarkan tadi. Dan setelahnya tentu kalian dapat menikmati hasil yang sudah kalian capai tersebut. Nah itulah beberapa pembahasan mengenai cara menjadi agen gas elpiji lengkap dengan syarat-syaratnya.

Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara menjadi agen JNE yang telah myjourney.id sampaikan di postingan sebelumnya.

This div height required for enabling the sticky sidebar