Home / Asuransi / 15 Cara Menutup Asuransi AIA Terbaru 2020 Paling Mudah

15 Cara Menutup Asuransi AIA Terbaru 2020 Paling Mudah

/

Cara Menutup Asuransi AIA – Terkadang akan ada kalanya kita merasa ingin berhenti dari asuransi karena sebab darurat tertentu. Maka dari itu penting sekali untuk memahami dan mencermati dulu apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan dan juga bagaimana cara menutup asuransi yang baik dan benar.

Nah berbicara mengenai cara menutup asuransi, kemaring kita juga sudah sempat membahas mengenai bagaimana cara menutup asuran Prudential yang dapat kalian simak dipostingan sebelumnya. Dan kali ini kami juga akan membahas pembahasan serupa, yakni cara menutup asuransi AIA terbaru paling mudah.

Menutup polis asuransi memang sah-sah saja, akan tetapi kita juga harus mempertimbangkan terlebih dahulu apa alasannya sebelum kita benar-benar menutup polis asuransi milik kita. Biasanya ada beberapa alasan yang dapat membuat kita mau tidak mau harus menutup polis asuransi yang kita miliki tersebut.

Diantaranya adalah karena mungkin asurannsi sudah tidak lagi kita butuhkan, kemudian karena kita memiliki beberapa polis lain, hemat biaya bulanan dan juga investasi unit link merugi. Hal-hal tersebut yang biasanya menjadikan kita harus menutup polis asuransi kita. Lalu bagaimana cara menutup polis asuransi yang baik dan benar?

Cara Menutup Asuransi AIA Terbaru Paling Mudah

Cara Menutup Asuransi AIA

Disini kami akan memberikan informasi mengenai cara berhenti asuran AIA serta prosedur-prosedur yang dapat kalian pahami. Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak pembahasan berikut ini.

Alasan Penutupan Polis Asuransi

Seperti sudah kita singgung diatas bahwasannya ada beberapa penyebab atau alasan yang mengharuskan kita mau tidak mau harus menutup polis asuransi yang kita miliki, diantaranya adalah sebagai berikut:

Asuransi Sudah Tidak Sesuai Kebutuhan

Ketika kita pertama kali mendaftarakan asuransi, kita tentu memiliki rencana kedepan yang sudah kita atur sedemikian rupa. Akan tetapi bukan tidak mungkin jika pada praktiknya rencana tersebut berubah.

Hal ini berdampak pada ketidaksesuaian antara manfaat asuransi dan juga kebutuhan yang dicari, daripada terus menerus memperpanjang asuransi maka kita lebih baik memilih memberhentikan asuransi tersebut.

Banyak Memiliki Polis Asuransi

Semisal kita memiliki polis asuransi jiwa sebanyak 10 dengan premi Rp 15 juta dalam jangka waktu setahun. Namun secara total uang pertanggungannya misal hanya sebesar Rp 100 juta, dan setelah dihitung-hitung angka tersebut hanya dapat menghidupi keluarga selama satu tahun saja.

Padahal kita sendiri sudah merencanakan keluarga kita dapat bertahan hidup selama kurang lebih 5 tahun dari uang pertanggungan asuransi sampai anak lulus sekolah. Bisa jadi portofolio yang kita miliki belum optimal karena terpecah-pecah.

Cara yang paling tepat adalah dengan menutup sebagian polis asuransi dengan uang pertanggungan kecil. Dengan demikian uang preminya dapat kita alokasikan untuk menaikkan asuransi lain agar memperoleh pertanggungan yang lebih besar.

Hemat Biaya Bulanan

Kondisi finansial sudah pasti dapat berubah sewaktu-waktu, yang mana bisa diakibatkan karena kita tertimpa musibah atau ada keperluan lain yang mendesak. Membayar premi juga akan memberatkan kita ketika dalam kondisi ekonomi yang sulit. Maka dari itu kita dapat menutup asuransi tersebut untuk mengurangi pengeluaran bulanan.

Investasi Unit Link Mengalami Kerugian

Beberapa agen asuransi menawarkan produk yang diiringi dengan produk investasi, seperti unit link. Dalam berinvestasi, selalu terdapat peluang untung maupun rugi. Nah jika kita mengalami kerugian pada produk unit link, bukan tidak mungkin kita akan menutup polis asuransi tersebut.

Cara Berhenti Asuransi AIA BCA

Jika sudah memiliki keputusan yang bulat untuk menutup asuransi kalian, disini kami akan memberikan informasi mengenai cara menutup polis asuransi AIA BCA berikut ini:

Menghubungi Pihak Bank BCA

Jika asuransi kita terhubung ke pihak bank BCA secara langsung, maka sebaiknya kita menghubungi pihak BCA terlebih dulu untuk berhenti dari asuransi. Biasanya pihak bank akan meneruskan kita pada pihak asuransi terkait.

Menghubungi Pihak AIA

Kemudian kita meminta permohonan pembatalan asuransi kepada pihak AIA. Dan AIA akan memberikan kita formulir untuk diisi yang akan dibahas pada poin berikutnya.

Kosongkan Saldo Rekening Autodebet

Jika kalian merasa pembatalan asuransi lewat AIA atau BCA terlalu berbelit-belit, kita tentu dapat mencoba cara lain. Salah satunya adalah mengosongkan saldo rekening autodebet untuk membayar premi bulanan asuransi.

Jika sudah demikian, pihak asuransi akan menghubungi kita dan menanyakan terkait kelanjutan pembayaran asuransi. Kita bisa sampaikan bahwa kita ingin berhenti.

Tutup Rekening

Setelah kita mengosongkan rekening, kita juga bisa menutup rekening tersebut. Jika ingin mendaftar rekening baru, tanyakan saja kepada pihak bank BCA apakah rekeningnya akan bekerja sama dengan asuransi AIA. Kita katakan bahwa kita sudah tidak lagi ingin bergabung.

Persiapan Penutupan Polis Asuransi AIA BCA

Apabila kalian memilih melakukan pembatalan asuransi melalui pihak AIA, maka kita akan diminta untuk mengisi formulir permohonan pembatalan polis. Ada beberapa data dan juga dokumen yang per dipersiapkan, diantaranya adalah:

  • Nomor polis.
  • Nama pemegang polis.
  • Kewarganegaraan.
  • Lampiran fotokopi identitas pemegang polis yang masih berlaku (KTP/SIM/Paspor) untuk Warga Negara Indonesia (WNA).
  • Lampiran fotokopi paspor dan KIMS/KITAS/KITAP dan mengisi formulir orang asing untuk Warga Negara Asing (WNA).
  • Alasan pembatalan polis.
  • Mengisi data rekening untuk pengembalian premi (nama bank, nomor rekening, nama pemilik rekening).

Syarat & Ketentuan

1. Transaksi Batal/Penebusan Polis hanya dapat diproses bila formulir yang asli dan/atau berkas lainnya yang dipersyaratkan telah diisi secara benar dan lengkap.

2. Khusus produk unit link, seluruh kelengkapan di atas yang diterima oleh Kantor Pusat Penanggung/Pengelola sampai dengan pukul 13.00 WIB. Kita akan mendapatkan nilai unit pada satu hari kerja berikutnya dari tanggal terima berkas.

3. Polis yang sudah dilakukan Pembatalan/Penebusan tidak diperkenankan melakukan Pemulihan polis.

4. Dokumen yang harus dilampirkan:

  • Polis asli.
  • Surat kehilangan dari kepolisian yang ditandatangani oleh Pemegang Polis (wajib jika Polis hilang), jika surat kehilangan dari kepolisian tidak ditandatangani oleh Pemegang Polis maka wajib melampirkan surat pernyataan hilang yang ditandatangani oleh Pemegang Polis di atas materai.
  • Fotokopi identitas Pemegang Polis yang masih berlaku (KTP/SIM/Passport).
  • Formulir beda tanda tangan bermaterai yang ditandatangani Pemegang Polis (jika ada perbedaan tandatangan).

Perlu kalian ketahui juga bahwa biaya administrasi bank dan transfer ditanggung oleh pemegang Polis. Biaya administrasi pembatalan SPAJ/Polis dan biaya pemeriksaan kesehatan juga ditanggung oleh pemegang polis sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Nah itulah beberapa pembahasan lengkap mengenai cara menutup asuransi AIA BCA yang dapat kami sampaikan diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa juga baca artikel lain mengenai cara menutup asuransi prudential di postingan sebelumnya yang telah myjourney.id sampaikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar