Home / Keuangan / 12 Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA 2021: Biaya & Suku Bunga

12 Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA 2021: Biaya & Suku Bunga

/

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA – Jika syarat dan cara pengajuan kartu kredit mudah, kemungkinan setiap orang lebih memilih memilih untuk menggunakannya sebagai alat transaksi. Akan tetapi untuk membuat kartu kredit, persyaratan yang diperlukan bisa dikatakan cukuplah sulit.

Maka dari itu pengguna kartu kredit biasanya berasal dari masyarakat menengah keatas. Berbicara mengenai kartu kredit, seperti kita ketahui bahwa hampir setiap bank di Indonesia telah menghadirkan produk kartu kredit dengan beragam jenis, seperti halnya bank BCA.

Ada beberapa alasan mengapa kartu kredit banyak diminati oleh masyarakat, yang pertama adalah mereka dapat melakukan pembelian atau transaksi di merchant rekenan bank dengan cara cicilan. Banyak promo dan diskon menarik yang dapat dinikmati oleh penggunanya.

Selain itu, pengguna kartu kredit juga dapat melakukan tarik tunai seperti halnya memiliki kartu debit. Namun perlu kalian ketahui juga bahwa untuk tarik tunai kartu kredit BCA, ada biaya dan bunga yang harus kalian ketahui dan pahami terlebih dahulu.

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA: Biaya & Suku Bunga

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Mengenai cara tarik tunai kartu kredit BCA, di bawah ini myjourney.id telah menyiapkan informasi mengenai tutorial tarik tunai kartu kredit BCA, besaran biaya dan juga suku bunga yang dibebankan. Seperti apa caranya, simak langsung berikut ini.

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Untuk proses penarikan tunai dengan menggunakan kartu kredit BCA sebenarnya sama saja ketika kalian MENGAMBIL UANG DI ATM BCA dengan menggunakan kartu debit/ATM. Hanya saja kalian nanti dapat memilih opsi Kartu Kredit untuk pilihan sumber dananya. Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Pertama kalian dapat mengunjungi mesin ATM BCA terdekat di daerah kalian.

2. Selanjutnya masukkan kartu kredit BCA kalian, pilih menu Transaksi dan masukkan PIN.

4. Pilih menu Cash Advance dan pilih menu Tunai lalu tentukan nominal dana yang ingin kalian tarik.

3. Di layar akan menampilkan beberapa nominal penarikan, Rp 100.000 sampai Rp 500.000. Jika kalian ingin menarik tunai nominal lain, kalian dapat pilih menu Jumlah Lain.

4. Setelah itu pilih Kartu Kredit untuk sumber dana penarikannya.

5. Apakah kalian ingin mencetak struk? Disini kalian dapat pilih Ya atau Tidak.

6. Mesin akan memproses penarikan tunai kalian, ambil uang, struk dan kartu kredit kalian. Selesai.

Limit Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Limit Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Setiap kartu kredit tentu memiliki limit yang berbeda-beda. Namun untuk tarik tunai kartu kredit, kalian hanya dapat mengambil uang tunai di ATM sebesar 40% dari sisa limit kredit.

Biaya dan Suku Bunga

Biaya Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Setiap melakukan tarik tunai kartu kredit, kalian tentu akan dikenakan biaya. Nah biaya yang dikenakan untuk penarikan tunai kartu kredit BCA ini adalah sebesar 4% atau minimal Rp 40.000. Biaya penarikan tersebut berlaku untuk kartu kredit BCA Visa dan Mastercard. Namun untuk kartu kredit BCA Card, ada pengecualian, dimana kalian hanya akan dikenakan biaya sebesar 3% saja.

Sedangkan untuk suku bunga, setiap kalian melakukan penarikan tunai kartu kredit, kalian juga wajibkan unutk membayar bunga. Besaran bunga yang dipatok adalah sebesar 2,25%. Sebagai perkiraan, simak simulasinya berikut ini:

Apabila kalian menarik uang Rp 2 juta, maka uang yang harus dikembalikan:Rp2 juta + biaya penarikan 4% + bunga 2,25% = Rp2 juta + Rp80 ribu + Rp45 ribu = Rp2,125 juta.

Kelebihan dan Kekurangan Tarik Tunai Kartu Kredit

Kelebihan dan Kekurangan Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Setelah mengetahui tata cara, biaya, limit dan bunga penarikan tunai kartu kredit BCA, kalian juga wajib mengetahui kelebihan dan kekurangan tarik tunai kartu kredit BCA berikut ini.

Kelebihan

  • Cukup membantu ketika dalam keadaan mendesak, jadi kalian tidak perlu meminjam uang ke orang lain ataupun mengajukan pinjaman online.
  • Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja karena penarikan dapat diambil di ATM BCA selama 24 jam.

Kekurangan

  • Suku bunga penarikan tunai kartu kredit BCA besar, sehingga butuh effort lebih untuk bisa mengembalikannya.
  • Apabila terlalu konsumtif, hutang akan menumpuk mengingat biaya penarikan dan bunga yang dibebankan cukup besar.Ketika skor kredit buruk, maka kalian akan kesulitan mengajukan KPR atau pinjaman lainnya.

Itulah beberapa informasi lengkap mengenai tata cara tarik tunai kartu kredit BCA yang dapat kalian simak diatas. Untuk tarik tunai kartu kredit BCA ini sebenarnya kurang rekomendasi untuk dilakukan, hal ini mengingat biaya dan bunga yang dibebankan cukup besar.

Bijaklah dalam menggunakan kartu kredit BCA agar manajemen keuangan pribadi kalian dapat tertata. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat myjourney.id sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar