Home / Bank / 7 Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri yang Aman dan Mudah

7 Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri yang Aman dan Mudah

/

Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri – Banyak orang yang belum paham betul mengenai tata cara transfer uang ke luar negeri. Padahal mungkin di waktu-waktu tertentu hal ini sangatlah penting. Seperti ketika kerabat, sanak atau saudara yang berada di luar negeri (sekolah) tiba-tiba membutuhkan uang tambahan, kita harus segera mengirimkan uang tersebut. Selain itu juga ketika bisnis kita telah menjangkau luar negeri, maka kita wajib mengetahui bagaimana cara transfer ke luar negeri.

Seiring dengan berkembangnya zaman, cara transfer uang saat ini dapat dikatakan sangatlah mudah. Apalagi sistem online saat ini telah tersedia, seperti ATM, internet banking, sms banking dan lainnya. Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan ketika hendak mengirimkan uang ke luar negeri. Setidaknya ada 6 cara, yakni melalui kantor pos, bank, paypal, moneygram, sms banking dan juga mesin atm. Setiap cara tersebut juga memiliki langkah yang berbeda-beda.

Ketika kalian hendak mengirimkan uang, alangkah baiknya untuk lebih teliti dalam menuliskan jumlah nominal dan data diri pihak penerima. Hal ini sangatlah penting mengingat nominal yang dikirimkan cukuplah besar. Maka akan sangat fatal jika kita sampai salah dalam poin tersebut. Dan perlu kalian ketahui juga bahwa ketika kalian mengirim ke luar negeri, kalian membutuhkan swift code bank yang terdiri dari 8 sampai 11 digit.

Cara transfer uang ke luar negeri ini bisa dikatakan hampir sama dengan cara transfer antar bank. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara transfer uang ke luar negeri yang aman dan mudah berikut ini.

Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri yang Aman dan Mudah

Cara Transfer Uang Ke Luar Negeri

1. Western Union

  • Langkah pertama yakni dengan mengisi form aplikasi untuk mengirimkan uang yang diberikan oleh pihak WU itu sendiri.
  • Setelah itu, kalian dapat memperlihatkan dan menyerahkan tanda bukti data diri kalian yang masih berlaku, bisa menggunakan KTP/ SIM / Pasport. Hal ini untuk keamanan transaksi pengiriman yang kalian lakukan. Selain itu, agar pihak WU bisa menghubungi kalian jika nantinya ada masalah.
  • Langkah selanjutnya adalah membayar biaya pengiriman uang agar uang bisa langsung dikirim atau ditransfer dengan cepat ke pihak penerima.
  • Setelah kalian melakukan transaksi, maka kalian dapat langsung mengkonfirmasikan data pengiriman kalian kepada pihak penerima, seperti data berupa nama pengirim, nominal uang yang dikirimkan, nama negara asal, beserta kode referensi untuk transfer atau pengiriman uang.

2. Paypal

Yang kedua adalah dengan menggunakan Paypal. Cara yang satu ini dapat kalian lakukan dengan mudah seperti dibawah ini.

  • Log in ke rekening PayPal kalian.
  • Klik Kirim Uang di bagian atas halaman.
  • Masukkan nama penerima pembayaran beserta jumlahnya, lalu klik Lanjut.
  • Periksa rincian, lalu klik Kirim Uang.

3. MoneyGram

  • Langkah pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan mendatangi lokasi agen MoneyGram terdekat di daerah kalian.
  • Persiapkan kartu identitas diri mulai dari nama lengkap penerima yang sesuai dengan kartu identitas serta lokasi mereka.
  • Kemudian persiapkan uang yang akan kalian kirimkan beserta biaya pengirimannnya.
  • Jika mengirim ke rekening bank, kalian juga memerlukan nama bank dan nomor rekening pihak penerima. Dan jika mengirim ke dompet seluler, kalian juga memerlukan nomor ponsel penerima disertai dengan kode telepon internasional.
  • Selanjutnya isi formulir pengiriman. Isi dengan detail dan teliti agar tidak terjadi kesalahan.
  • Dan terakhir kalian dapat menginformasikan kepada pihak penerima nomor referensi 8 digit untuk persyaratan pengambilan uang.

4. Sms Banking

Kemudian dengan melalui SMS Banking. Kalian dapat melakukan pengiriman uang ke luar negeri dengan menggunakan SMS Banking. Hal pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan registrasi terlebih dahulu. Selanjutnya transfer dengan menggunakan format yang telah ditentukan. Untuk melakukan pengiriman uang pastikan terlebih dahulu nomor rekening tujuan sudah benar. Jangan lupa juga untuk mengecek ulang di akhir transaksi.

5. ATM

Cara lain yang dapat kalian lakukan adalah dengan menggunakan fasilitas ATM. Lakukan transfer dengan aman dan sesuai cara yang telah ditentukan. Tetapi, kalian perlu tahu berapa biaya debet yang dikenakan oleh bank. Karena masing-masing bank menerapkan biaya transfer ke luar negeri yang berbeda-beda. Simpan bukti transfer dan hubungi orang yang menerima transfer tersebut. Teliti kembali jumlah dan nomor rekening tujuan, serta bank tujuan si penerima.

6. Bank

Dalam proses pengiriman menggunakan cara ini, sejumlah uang yang kalian transfer akan masuk dan diterima di rekening tujuan pengiriman kalian. Kalian membutuhkan nomor rekening yang benar dan tepat agar transaksi pengiriman uang dapat berjalan lancar tanpa kendala. Seperti transfer pada umumnya, kalian perlu mengisi formulir pengiriman uang ke luar negeri yang telah disediakan oleh bank. Selanjutnya berikan formulir ke teller untuk di proses. Ingat, isi formulir tersebut dengan teliti agar tidak terjadi kesalahan.

7. Skrill/Moneybookers

Cara yang satu ini bisa dikatakan hampir sama dengan PayPal. Untuk melakukan transfer ke luar negeri dengan menggunakan Skrill, pengirim dan penerima harus sama-sama memiliki Skrill. Dengan begitu kalian dapat mengirimkan sejumlah dengan sangat aman dan juga mudah.

Nah itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan ketika ingin mengirimkan uang ke luar negeri. Beberapa cara diatas juga memiliki perbedaan, namun untuk segi kemudahan semuanya cukup mudah. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dan terima kasih.

This div height required for enabling the sticky sidebar