Home / Pajak / 5 Cara Cek Nomor NPWP Online 2020 Paling Mudah

5 Cara Cek Nomor NPWP Online 2020 Paling Mudah

/

Cek Nomor NPWP Online – Kewajiban membayar pajak adalah hal yang harus dilakukan bagi mereka yang sudah wajib pajak, baik pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan serta pajak kendaraan bermotor. Dan bentuk ketaatan dalam membayar pajak adalah dengan memiliki NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak.

NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan kewajib sebagai wajib pajak. Dan NPWP ini memiliki 15 digit, dimana 9 angka pertam adalah kode wajib pajak, dan 6 angka berikutnya adalah kode administrasi.

Membahas mengena NPWP, mungkin masih ada sebagai orang yang masih belum paham betul mengenai cara cek nomor NPWP online. Nah disini kami akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara cek nomor NPWP online paling muda.

Ada beberapa cara cek yang dapat kita lakukan, pertama adalah melalui aplikasi DJP, kemudian website resmi, Kring Pajak , Faksimile dan terakhir adalah melalui email. Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara cek nomor NPWP online paling mudah yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Cek Nomor NPWP Online Paling Mudah

Cek NPWP Online

Cek NPWP via Aplikasi DJP

Bagi kalian yang mungkin mendaftar NPWP via online, tentu kalian sudah pasti dapat melakukan cek nomor NPWP melalui aplikasi DJP. Nah bagi yang belum mengerti cara mengecek nomor NPWP via DJP, kalian dapat simak langkahnya berikut ini.

  • Pertama masuk ke aplikasi DJP.
  • Kemudian masuk dengan menggunakan akun yang sama ketika pendaftaran.
  • Buka Dashboard.
  • Nah disini kalian akan melihat identitas dan NPWP kalian.

Dan perlu kalian ketahui juga bahwa untuk mengecek NPWP via aplikasi DJP ini adalah syaratnya NPWP kalian harus sudah diaktifkan terlebih dahulu.

Cek NPWP via Website Resmi

Selain melalui aplikasi, kalian juga dapat mengecek melalui website resmi di ereg.pajak.go.id. Untuk caranya mari simak di bawah ini.

  • Masuk ke situs ereg.pajak.go.id.
  • Kemudian isi kolom NPWP secara lengkap dan benar.
  • Lalu pointer mouse otomatis berpindah ke kolom email, tunggu beberapa detik.
  • Jika nomor NPWP masih aktif, kolom nama akan mendeteksi akun pemiliknya. Akan tetapi jika sudah tidak aktif, maka tidak muncul. Disini kalian harus datang ke kantor pelayanan pajak untuk memastikan status nomor NPWP kalian.

Cek NPWP via Kring Pajak (1500200)

Lalu kalian juga dapat mengecek dengan telepon ke kring pajak di 1500200. Disini kalian bukan hanya dapat menanyakan atau mengecek nomor NPPWP saja, kalian dapat bertanya kepada CS mengenai apa saja yang bersangkutan dengan pajak.

Cek NPWP via Faksimile

Kemudian dengan melalui faksimile. Untuk menggunakan faksimile ini kalian harus menghubungi nomor 021-5251245. Disini kalian perlu bersabar karena pesan kalian tidak bisa langsung dibalas dalam waktu itu juga, melainkan akan dibalas berselang 2 sampai 5 hari setelah pengiriman. Jadi untuk cara ini mungkin tidak kami rekomendasikan, kalian lebih baik menggunakan cara lainnya.

Cek NPWP via Email

Nah yang terakhir yakni dengan melalui emai. Cara cek NPWP melalui email ini lain dengan faksimile, dimana kalian dapat langsung mendapat balasan jika mengecek melalui email. Kalian juga dapat menuliskan identitas dengan jelas dan lengkap sehingga pengecekan dalam berlangsung cepat dan mudah. Setelah itu kalian dapat mengirimkan data tersebut ke email pengaduan@pajak.go.id.

Itulah beberapa cara mengecek nomor NPWP melalui online paling mudah yang dapat kalian simak diatas. Jangan lupa juga untuk membaca artikel lain mengenai cara membayar pajak NPWP dipostingan sebelumnya. Mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi kalian semua.

This div height required for enabling the sticky sidebar